5 Langkah Jualan di Instagram agar Laris Manis

0
160
Social Media Smartphone Notebook Internet Instagram

Bagi para yang berjualan online, Instagram merupakan salah satu lahan empuk untuk dijadikan mesin uang. Instagram merupakan sosial media yang sangat populer karena disana kita bisa berbagi moment dengan membuat postingan seperti foto atau video. Karena populer, penggunanya pun sangat banyak dan beragam. Hal inilah yang bisa kita manfaatkan untuk berjualan laris di Instagram.

Banyak sekali pengusaha yang telah membuktikan kesuksesanya berjualan di Instagram. Bagi seorang pemula yang baru memulai bisnisnya, mungkin akan kebingungan harus mulai dari mana? Nah di Artikel kali ini mimin akan share beberapa tips agar jualan di instagram bisa laris manis. Langsung saja simak artikel berikut ini…

5 Langkah Cara Jualan di Instagram agar Laris Manis

1# Perbanyak Followers

Bicara tentang instagram tentu anda tidak lepas dengan namanya followers. Tanpa followers anda tidak akan bisa berjualan dan menjangkau target market anda. Dalam ilmu Instagram Marketing, followers merupakan hal yang paling utama dan penting. Jadi yang pertama anda lalukan yaitu memperbanyak followers, lebih bagusnya lagi anda menambah followers dengan followers yang real (bukan robot) dan tertarget (sesuai niche bisnis anda).

2# Buat Profil Anda Menarik dan Profesional

Hal kedua yang paling penting selain followers yaitu profil. Hal ini bisa menyangkut Foto Profil dan Bio. Dalam jual beli, dikenal istilah tak kenal maka tak sayang, jadi anda harus mengenalkan bisnis anda sebaik mungkin ke calon pelanggan Anda. Cantumkan informasi yang lengkap dan penting seperti kontak, cara order, alamat fisik, website, dan lainya yang menyangkut usaha anda dan jangan lupa pula gunakan foto profil yang profesional yang menyangkut bisnis Anda. Contohnya seperti Logo Perusahaan atau Foto Produk yang berkualitas.

3# Upload Produk dengan BENAR

Apakah anda tahu kenapa kebanyakan orang yang berjualan di instagram tidak laku? Salah satunya yaitu mereka mengupload produk dengan asal-asalan sehingga tidak menarik minat calon pembeli. Jadi, uploadlah produk dengan profesional. Gunakan foto produk yang berkualitas, jelas, elegan dan menarik banyak orang.

Selain itu, gunakan #HASTAG setiap anda mengupload produk. Jangan asal-asalan mencantumkan hastag, anda harus menggunakan hastag yang relevan dengan produk anda. Misalnya anda menjual gamis muslimah, anda bisa menggunakan hastag #gamis #muslimah #gamiskeren dan sebagainya.

Jangan lupa cantumkan detail, spesifikasi dan cara ordernya.

Dan hal yang jangan dilupakan yaitu TIME TO POST. Upload produk di waktu yang tepat, jangan sembarangan. Anda harus upload pada saat orang-orang membuka instagram, biasanya pada waktu 7 Pagi, 12 siang (waktu istirahat) dan Malam (jam 8-10).

4# Fokus pada Niche

Fakta membuktikan bahwa kebanyakan orang akan stalking terlebih dahulu akun instagram kita sebelum memutuskan untuk membeli. Nah, jika ketika calon membeli mengunjungi akun anda dan ternyata akun anda gado-gado alias segala rupa ada tentu akan menurunkan tingkat branding dan profesinalitas bisnis kita. Hal ini bisa memicu pelanggan untuk membatalkan pembelian.

Alangkah baiknya anda fokus pada kategori tertentu. Jika anda menjual produk muslimah, fokuslah menjual produk-produk yang terkait seperti kerudung, gamis, jilbab dan sebagainya, jangan menjual produk lain seperti Obat, Makanan dan sebagainya.

5# Promosi yang BENAR dan SERIUS (INI PALING PENTING!!!)

Sebaik apapun optimasi yang telah dilakukan, jika promosinya buruk maka produk anda tidak akan laku-laku. Jadi anda harus serius dalam berpromosi. Anda jangan cengeng dan mudah putus asa karena sering mengalami kegagalan atau boncos.

Anda harus bekerja dengan konsep kerja cerdas. Jika anda masih gagal anda jangan mengeluh, tapi cobalah evaluasi apa yang menyebabkan kegagalan tersebut dan cobalah untuk perbaiki dan mencoba kembali.

Nah, berikut adalah promosi-promosi yang wajib dilakukan dan dicoba dalam berjualan di Instagram :

a. SFS

Apa itu SFS? Ini merupakan singkatan dari Shoutout For Shoutout yang bermakna saling berpromosi antar Online Shop dengan kesepakatan bersama.

Misal Akun A bekerja sama dengan akun B. Akun A mempromosikan produknya di akun B dan begitupun sebaliknya. Tentu ini merupakan kerjasama yang saling menguntungkan dan bisa saja menjadi metode yang GRATISAN!

Namun perlu kalian tahu, biasanya metode ini dilakukan oleh dua akun dengan kategori bisnis yang berbeda, misal Produk Muslimah dan Produk Kesehatan.

Metode ini sangat efektif dan menguntungkan karena selain lebih menjangkau banyak orang, metode ini bisa menambah followers Anda.

Jadi mulai bangunlah hubungan dengan olshop lain, namun tentunya cari yang sepadan. Jika akun anda masih baru dan minta promosi ke yang sudah terkenal, tentu akan ditolak mentah-mentah.

b. Endorse Produk

Bagi pembisnis online yang berjualan di instagram, tentu ini tidak asing lagi. Banyak sekali akun jualan yang meminta endorse ke tokoh terkenal untuk mempromosikan bisnis mereka dan ternyata ini merupakan cara yang sangat efektif dan instan!

Apa itu Endorse?

Endorse yaitu memberikan produk/jasa kita kepada selebgram secara gratis kemudian sebagai balasan mereka mempromosikan bisnis kita dengan membuat postingan promosi berupa foto, video atau snapgram.

Untuk melakukanya, anda cukup mencari selebgram yang menerima endorse. Biasanya para selebgram mencantumkan keterangan open endorse di bio mereka.

c. Paid Promote

Apa itu paid promote? ini merupakan kegiatan berpromosi dengan membayar tokoh terkenal atau selebgram untuk mempromosikan produk kita. Hal ini sangat instan dan berdampak sangat nyata, apalagi jika yang mempromosikan adalah artis terkenal.

Namun paid promote membutuhkan dana yang lumayan karena artis biasanya memasang tarif jutaan.

d. Instagram Ads

Facebook selaku pemiliki Instagram sudah dari jauh mengenali potensi Instagram untuk dijadikan lahan berjualan. Maka dari itu facebook menyediakan fitur beriklan untuk memudahkan para pemilik online shop dalam berpromosi.

Anda bisa mencoba fitur ini, pertama coba anda beralih menggunakan akun bisnis. Dengan akun bisnis anda dapat beriklan, melihat wawasan, menambah tombol kontak dan fitur pendukung lainya.

Baca Juga : Tips Jitu Instagram Marketing

Sekian artikel kali ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar dibawah.

Jangan lupa share ya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here