10 Trik Rahasia Mempercepat Closing #1

10 Trik Rahasia Mempercepat Closing #1

Bagi seorang “Tukang Jualan Online”, closing merupakan hal wajib agar bisnis tetap berjalan. Closing atau penutupan merupakan ujung tombak agar kita mendapatkan keuntungan dari hasil jualan. Nah dalam kenyataanya, kita dapat mencapai closing jika kita melakukan serangkaian langkah maupun trik agar si calon pembeli melakukan Transfer dengan segera. Dengan closing yang cepat maka konversi penjualan akan meningkat.

Nah kali ini mimin akan bagikan Trik Rahasia agar Cepat Closing. Berikut artikel lengkapnya..

10 Trik Rahasia Agar Produk Cepat Closing

  1. LIMITASI


Salah satu karakter dasar manusia adalah suka menunda. Seringnya nanti-nanti, seringnya entar-entar. Benar kan ? Nah trik ini menjadi salah satu solusi untuk mempercepat closing. Triknya sederhana, anda cukup menginfokan ke pembali bahwa periode promonya terbatas. Misal, ketika anda akan membuat program promosi dan atau pre-order, infokan secara jelas, kapan promo dimulai dan kapan promo berakhir.

2. PRICING


Entah kenapa, semua costumer itu apapun latar belakangnya dan gaya hidupnya pasti sangat tertarik dengan yang namanya diskon. Nah cara ini dapat digunakan untuk mempercepat closing.
Konsep pricing ada beberapa macam. Seperti berikut:

• Cashback :potongan diakhir
• Diskon :potongan harga dengan presentase
• Voucher :mirip cashback tetapi diberikan diawal

Beberapa hal diatas merupakan teknik yang dapat anda terapkan untuk mempercepat closing.

3. MOMENTUM


Tips ini sederhana banget. Anda tinggal memanfaatkan waktu yang tepat untuk menawarkan produk anda kepada pembeli. Seperti misalnya, anda menawarkan barang kepada pembeli pada saat tanggal tua dan tanggal muda pasti akan berbeda hasilnya. Anda perlu menetapkan periode tanggal promo, terutama manfaatkan tanggal muda untuk mempermudah terjadinya closing.

4. FEARNESS MOTIVATION

Pernah dengar istilah ini ? “besok harga naik lho.”
Mungkin hal ini sering kita anggap sebagai sebuah lelucon ataupun hoax, karena hanya dianggap sebagai tips untuk menarik peminat saja. Tapi cara ini ternyata masih terbukti ampuh untuk mempercepat terjadinya penjualan. Tips ini bisa anda lakukan dengan cara menginfokan bahwa harga yang berlaku saat ini tidak berlangsung lama, dan akan ada kenaikan harga menjadi harga normal.

5.VALUE ADDED

Apa itu value added? Value added adalah suatu hal yang kita berikan ke konsumen sebagai tambahan dari suatu pembelian produk. Biasanya penerapan umumnya adalah dalam bentuk bonus. Bonus ini seringkali mempercepat closing calon pembeli. Apalagi kalau tipsnya menarik. Karena tidak sedikit dari pembeli yang mengejar value addednya dibanding dengan produknya. Anda bisa memberikan info bonus dengan berbagai cara. Misalnya bonus berupa hadiah atau bonus berupa layanan tambahan.

6. Giving Praise

Siapa yang tidak suka pujian? semua orang pasti menyukainya. Jadi manfaatkan ini agar proses closing anda lebih cepat. Anda dapat memberi pujian ke calon konsumen anda seperti :

Dilihat dari foto profil mba yang cantik, pasti kerudung ini sangat cocok untuk mba…

7. Berikan Empati 

Membangun kedekatan dengan calon konsumen juga merupakan hal yang tidak boleh dilupakan. Jika konsumen sudah merasa dekat, maka mereka tidak akan sungkan untuk bertransaksi dengan kita. Kita dapat memperi empati kepada calon konsumen seperti contoh berikut :

Pembeli : Mba, saya pengen beli kerudungnya, tapi saya belum berani berhijab.

Kita : Oh silahkan mba, saya mengerti kok mba, saya juga dulu begitu, namun setelah berhijab saya merasakan perasaan tenang di hati. Tentu dengan berhijab kita akan disayang allah. Jangan sungkan mba, kami akan ajarkan cara pakainya 🙂

Nah, anda bisa melakukan hal seperti diatas, langkahnya cukup mudah. Kita kenali masalah konsumen dan kita beri solusi agar konsumen merasa senang. Kita juga boleh menceritakan pengalaman kita agar konsumen merasa termotivasi.

8. Tertawa

Semua pasti senang jika dibuat terhibur, jadi ketika kita chat dengan calon pelanggan, sesekali kita dapat membuat mereka ketawa agar merasa dekat dengan kita.

Contoh seperti berikut :

Pembeli : Wah saya mau beli tapi belum gajian gan…

Kita : Wah tenang aja gan, pinjem aja dulu kali aja dikasih hehe

Pembeli : haha bisa aja

Kita : Tapi tenang aja gan, transfer bisa sampai tanggal (batas transfer). Jadi nanti kabari aja, saya akan pisahkan barang khusus untuk agan.

9. Iyain Aja

Ingat bahwa pembeli adalah raja mungkin benar. Jadi jika pembeli ngotot dengan argument nya, kita iya in aja, tapi setelah itu beri sanggahan dengan kalimat yang halus.

Hal ini bertujuan agar pembeli tidak BT dan merasa kecewa, coba bayangkan, jika pembeli baru chat dengan kita tapi kita langsung bilang tidak tentu kita akan merasa BT dan sedih.

Maka jadi itu, sebisa mungkin iya in dulu aja biar konsumen merasa senang. Contohnya seperti berikut :

Kasus 1

Pembeli : Mba, kok harganya mahal sekali…

Kita : Iya mba memang mahal karena kami hanya menjual barang yang berkualitas dan awet 🙂

Kasus 2

Pembeli : Mba apa engga bisa transfer via Indomaret?

Kita : Iya mba, maaf sekali kami belum menyediakan pembayaran tersebut, mba bisa transfer via rekening berikut….

10. Kasih Testimoni

Setiap orang yang belanja online pasti melihat testimoni. Nah kita dapat memanfaatkan testimoni yang telah kita dapatkan untuk mempercepat closing.

Contoh kasus

Pembeli : Mba, saya masih bingung dengan produk A, boleh dijelaskan lebih rinci..

Kita : Oke mba, saya akan jelaskan lebih rinci 🙂 Produk A merupakan bla bla bla, banyak orang yang sudah membuktikanya mba :), (langsung kasih foto testimoni)

Nah sekian materi kali ini, semoga bermanfaat. Silahkan like and share 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai, ada yang bisa kami bantu?