7 Panduan Cara Memulai Bisnis Dropship bagi Pemula

0
47

Dropship merupakan bisnis yang menggiurkan dan banyak disukai oleh para pelaku online. Hal ini dikarenakan dropship tidak memerlukan sumber daya yang banyak, tak perlu menyediakan stok barang serta tidak perlu mengurus pengiriman. Barang yang kita jual dari supplier dapat langsung dikirimkan ke alamat pembeli, kita hanya perlu fokus untuk mempromosikan produk yang ingin kita jual.

Namun, adakalanya para pelaku awan yang masih bingung bagaimana cara memulai bisnis dropship dan langkah awal apa yang perlu dilakukan, tidak perlu basa basi… simak artikel berikut ini

1#. Kenali diri Anda dan tentukan produk yang sesuai dengan passion

Sebelum melangkah, kenali diri anda terlebih dahulu. Kenali apa kesenangan dan passion yang ada pada diri anda. Misalnya anda suka akan dunia gadget, mungkin anda bisa untuk memulai jualan aksesoris gadget seperti casing atau sebagainya. Atau anda suka dengan agama islam, anda bisa berjualan kerudung atau produk-produk muslimah.

Dengan begitu, anda tidak akan pernah malas dan bosan dalam menjalaninya.

2#. Melakukan survei pasar

Setelah anda mengenali diri anda dan produk yang mungkin anda senangi, selanjutnya lakukanlah survei pasar. Cek harga pasar dan kompetitor yang mungkin anda hadapi. Kenali kelebihan dan kekurangan dari mereka dan buatlah suatu trobosan dengan menjual produk yang lebih baik dan harga lebih kompetitif.

Setelah itu, tentukan target pasar dan harga jual. Anda dapat menyiapkan beberapa planning agar mempunyai rencana cadangan jika seandainya rencana pertama kurang disambut oleh pasar.

3#. Mencari dan memilih supplier terpercaya

Langkah selanjutnya yaitu mencari supplier. Mulailah untuk melakukan kerjasama dengan mereka. Carilah supplier dengan track record bagus dan sudah berpengalaman. Anda juga bisa mendaftar di flatform dropship terpercaya. Dengan begitu anda bisa mendapatkan channel ke beberapa supplier dari berbagai merek dan niche produk. Misalnya Bandung Dropship.

4#. Mulai Berjualan

Setelah anda menemukan supplier, langkah selanjutnya yaitu belajar berjualan. Anda harus pintar dalam menawarkan produk ke orang lain. Disini anda dapat mempelajari berbagai ilmu marketing, entah itu offline maupun online. Namun, khusus dropship tentu marketing yang dilakukan harus online. Anda perlu mempelajari hal-hal dasar seperti facebook marketing organik, facebook ads, google ads atau instagram marketing.

Temukanlah pola terbaik anda, seiring berjalanya waktu maka anda akan menemukan jalan yang menuntun anda ke jalan kesuksesan.

5#. Belajar menangani konsumen

Setelah langkah ke 4 dijalani, tentu anda akan berhadapan dengan yang namanya konsumen. Disini anda perlu belajar bagaimana melayani manusia dengan baik, memberi mereka service terbaik dan bagaimana agar mereka membeli produk yang anda tawarkan. Anda dapat belajar ilmu-ilmu teknik closing yang banyak tersebar di internet. Bila perlu, anda dapat belajar secara berkala dengan mengikuti seminar-seminar atau workshop untuk mengupgrade ilmu closing anda.

6#. Mulai Membangun Tim

Jika anda sudah mahir dalam ke 5 point diatas, mungkin anda akan sedikit kewalahan untuk menangani semua pekerjaan seiring dengan bertambahnya orderan. Maka dari itu, rekrutlah tim untuk membantu anda menyelesaikan pekerjaan dan visi-misi awal yang ingin anda tuju. Misalnya anda merekrut CS, Tim Marketing (advertiser) atau bahkan manager. Jika sudah memiliki tim yang solid, anda tinggal duduk manis dan menikmati hasilnya.

7#. Evaluasi

Setelah semua berjalan, rencana mungkin tidak akan mulus sesuai perkiraan kita. Pasti ada yang namanya kesalahan, naik turun dan kendala lainya. Disinilah kita bisa belajar dan mengevaluasi segalanya. Dengan belajar dari kesalahan, maka kita akan dapat melalukan pekerjaan dengan lebih baik.

Nah, itulah 7 Panduan cara memulai bisnis dropship dari dasar hingga besar. Mungkin semua itu tidak akan dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Perlu yang namanya proses yang giat dan gigih. Tekun dan doa merupakan kunci utama.

Semoga Artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa share ke teman kalian ya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here