Belajar Facebook Ads Manager

Belajar Facebook Ads Manager

Dalam Artiket ini Saya akan membahas tentang Belajar Facebook Ads Manager. Ads Manager adalah sebuah tools untuk mengelola Iklan pada Facebook. Tools ini memungkinkan Anda mengatur target, Anggaran, dan mengoperasikan iklan sesuai data seperti volume dan jumlah klik. Ads Manager juga disediakan facebook secara gratis untuk melakukan pengelolaan iklan sebagai berikut :

  • Membuat dan memposting iklan
  • Melakukan pengaturan target iklan
  • Menetapkan anggaran
  • Mengonfirmasi efek iklan secara realtime
  • Mengonfirmasi ringkasan tagihan, riwayat pembayaran serta metode pembayaran

Hubungan antara pengelola iklan dengan Business Manager

Business Manager adalah akun bisnis yang dapat mengatur Kampanye (Promosi), Iklan/Aplikasi dan otoritas administrative dari halaman facebook milik perusaaan dan anda harus mendaftar business manager ketika hendak mulai beriklan.

Alur pembuatan dan pengiriman iklan oleh facebook ads manager yaitu :

  • Langkah 1 dengan memilih tujuan iklan dari daftar

Kita bisa melakukan penyesuaian dengan tujuan iklan yang akan dibuat.

  • Langkah 2 dengan masukkan informasi tentang akun (yaitu : Negara, Mata uang, Zona waktu)
  • Langkah 3 yaitu dengan mempersiapkan iklan menentukan nama set iklan, Audience. Pengaturan target detail, penempatan dan memilih dan menentukan anggaran
  • Mempersiapkan kreatif iklan (mengatur format iklan, Teks dan bahan yang akan digunakan baik itu gambar, video atau tampilan slide)

Setelah itu berikut ini adalah cara mengelola iklan menggunakan Facebook Ads Manager. Tampilan layer pengelola iklan kurang lebih dibagi menjadi beberapa elemen yaitu sebagai berikut :

  • Kampanye

Kita dapat memeriksa status pengiriman iklan dalam daftar. Selama pengoperasian ini, kita wajib memeriksa apakah kampanye aktif atau tidak. Iklan bisa saja tidak bisa aktif jiika gagal dalam proses pengulasan. Selama pengiriman periksalah setiap saaat apakah iklan aktif atau tidak untuk mencegah hilangnya peluan karena tidak berhasil mengirim iklan.

  • Set Iklan

Dengan memeriksa Set Iklan yang merupakan komponen Kampanye, kita dapat mengetahui biaya yang dibutuhkan untuk iklan. Jika terdapat beberapa set iklan, yang aktif akan ditampilkan sebagai kampanye.

  • Iklan

Dengan memeriksa iklan dalam kumpulan iklan, kita dapat memeriksa efektivitas biaya dengan materi iklan. Dengan menghentikan efek buruk pada materi iklan atau melakukan tes AB pada materi iklan baru, set iklan serta kampanye bisa lebih efisien.

  • Halaman Pencarian

Kita dapat mencari kampanye tertentu dan memeriksa ketersediannya

  • Filter

Penyaring iklan berdasarkan kriteria yang ditentukan. Misalnya, kita dapat menetapkan filter seperti “Aktif, BPA kurang dari 5000 yen”.

  • Membuat Iklan

Setelah memasang ads manager, kita dapat mengatur pengiriman untuk iklan baru di laya admin kapan saja. Penting untuk meningkatkan efektifitas biaya iklan FB dengan menetapkan dan menayangkan iklan baru satu demi satu berdasarkan hasil iklan yang sudah didistribusikan.

Berikut adalah artikel yang membahas tentang belajar facebook ads manager, semoga bermanfaat untuk semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *