Belajar Instagram Bisnis untuk Pemula

Belajar Instagram Bisnis untuk Pemula

Pada tahun 2016 lalu, Instagram merilis sebuah layanan bagi para pembisnis yaitu Instagram For Business. Dengan adanya fitur, sebuah bisnis bisa membuat sebuah profil atau toko online secara gratis. Dengan adanya profil bisnis yang diisikan informasi secara lengkap, calon konsumen dapat menghubungi melalui telepon, sms, ataupun email. Profil bisnis juga membantu anda untuk melihat insight dan kemampuan untuk mempromosikan produk atau layanan anda.

Insights pada Instagram membantu memberi tahu anda informasi penting dalam mengetahui postingan mana yang memiliki jangkauan dan engagement atau keterlibatan pelanggan paling tinggi. Dengan informasi tersebut anda bisa mengenal lebih dalam tentang prilaku dan demografi audiens anda. Dengan begitu anda dapat membuat sebuah konten yang menarik dan tertarget.

Fitur Promote pada Instagram membantu untuk menjadikan postingan anda sebagai ads. Ads membantu anda untuk berhubungan dengan pelanggan bisnis anda. Anda tinggal memilih salah satu postingan yang akan dijadikan ads, bisa memilih target audiens terlebih dahulu juga memperbolehkan Instagram menyarankan target audiens untuk anda.

Username dan bio, agar akun Instagram anda mudah untuk ditemukan, sebaiknya username anda sama dengan username di profil sosial media lainnya. Selain username, informasi yang akan muncul di akun public anda adalah website (kolom url, yang bisa anda gunakan untuk  mempromosikan campaign atau konten baru di website). Gunakan juga bio yang akan menjelaskan terkait gambaran dari bisnis anda. Anda juga dapat memasukkan beberapa branded hastags. Branded hastags adalah sebuah hastag yang bisa digunakan untuk aktivitas promosi, product launching, kontes atau kuis, dan events.

Profile photo Instagram, profil bisnis ini biasanya yang dicantumkan berupa logo dari bisnis anda. Sama halnya dengan username, menggunakan profil photo yang sama dengan photo profil akun media sosial lainnya agar memudahkan audiens mengenali dari brand anda.

Follow akun Instagram, sebelum menfollow akun Instagram lainnya, pastikan anda sudah banyak postingannya. Agar audiens yang sudah anda follow ketika melihat akun Instagram anda merasa tertarik. Anda bisa memfollow orang-orang yang memfollow bisnis yang sejenis dengan bisnis yang anda jalani atau bisa memfollow bisnis lainnya yang berkaitan dengan bisnis anda. Anda bisa memanfaatkan hastags untuk memperkuat postingan anda. Anda juga bisa meninggalkan komentar di postingan akun lainnya dan juga memfollow orang-orang yang berpartisipasi dalam percakapan di berbagai akun. Ini juga salah satu untuk meningkatkan following Instagram anda dengan cepat.

Manage Instagram, untuk meningkatkan akun Instagram anda, sebaiknya setiap harinya akun Instagram anda harus melakukan interaksi minimal setiap harinya ada satu postingan baik berupa foto atau video atau bisa juga merepost postingan yang berkaitan dengan bisnis anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai, ada yang bisa kami bantu?