Digital Marketing Strategy

Digital Marketing Strategy

Apa yang di maksud digital marketing strategi

Digital marketing adalah media elektonik (digital) guna menyampaikan sebuah informasi atau promosi baik itu untuk sebuah brand tertentu maupun produk tertentu menggunakan media elektronik (digital)

Berbeda dengan jaman dulu media marketing digital sangat terbatas seperti media radio yang hanya dapat menyampaikan informasi secara satu arah, kini dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat serta penerimaan yang cukup luas dan hampir mencakup semua lapisan masyarakat, hal ini yang menjadi dasar stategi pemasaran lebih efektif dan efesien.

Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing:

  • SEO – Search Engine Optimization
  • Periklanan online – FB ads, Google Ads, dll.
  • Promosi media cetak
  • Iklan televisi & radio
  • Billboard elektronik (video tron)
  • Email marketing
  • Mobile marketing
  • dan lain-lain

Keunggulan Digital Marketing vs Konvensional

Tidak seperti iklan di koran, selebaran brosur dan semacamnya, strategi pemasaran menggunakan media digital khususunya online dapat diukur secara tepat bahkan real-time.

Dengan menggunakan media digital, Anda dapat mengetahui berapa lama iklan video produk Anda ditonton, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan, dan tentunya Anda bisa mengevaluasi mana iklan yang baik dan tidak.

Abilitas pemasaran digital akan tracking ini tentu sangat membantu para pebisnis dalam menghitung ROI (return of investment) dari budget marketing perusahaan.

Selain faktor kemudahan evaluasi, luas jangkauan geografis juga jadi salah satu keunggulan digital marketing. Dengan memanfaatkan media digital, Anda dapat menyebarkan konten/brand produk Anda ke seluruh dunia hanya dengan beberapa kali klik.

Cara Memulai Digital Marketing

Jika kita berbicara digital marketing, sebagaimana sudah diulas pada tulisan di atas, spektrum ini sangatlah luas. Oleh karenanya, penting bagi seorang digital marketer untuk tahu teknik dan resource yang dibutuhkan sebuah perusahaan agar pemasaran digital dapat berjalan dengan baik.

Salah satu elemen penting dalam digital marketing adalah aset, kenali apa aset digital yang Anda miliki, dan mulailah untuk fokus dalam beberapa aset saja sebagaimana telah disinggung pada tulisan cara memulai bisnis di media sosial.

Beberapa aset dalam digital marketing:

  • Website
  • Postingan blog
  • Akun media sosial
  • Identitas brand (logo, company profile)
  • Jejak online (review/feedback dari pelanggan dll.)

Jika Anda sudah memiliki beberapa aset di atas, yang perlu Anda lakukan adalah mengoptimalkan aset-aset tersebut untuk membangun brand yang Anda miliki.

Semisal untuk website dan blog bisnis, tulislah secara berkala artikel yang akan menarik calon pelanggan Anda. Atau melalui sosial media seperti instagram, maka buatlah foto dan video pendek yang menarik dan share-able.

Hal lain yang cukup penting, jika kamu aktif dalam forum atau marketplace publik, maka usahakanlah profil usaha kamu punya rating dan review yang baik dari para pelanggan.

Karena hal tersebut juga jadi salah satu tanda bahwa citra brand yang kamu miliki bagus atau tidak di dunia maya. Jika kamu sudah mulai mengerti tentang digital marketing, ada baiknya kamu tahu juga komponen pengeluaran serta harga digital marketing sebagai acuan dasar.

bagaimana cara untuk membuat strategi digital marketing dan menjalankannya dengan efektif?

Tentukan Strategi Anda:

  1. Tahap pertama Anda harus menentukan strategi yang akan digunakan
  2. Anda harus memahami apa Unique Selling Proposition (USP) dari produk ataupun bisnis yang ingin Anda jual
  3. Apakah pelayanan Anda?
  4. Ataukah kualitas dari produk yang ingin Anda kedepankan?

Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *