7 Hal Penting dalam Membuat Landing Page

0
213

Landingpage merupakan hal yang sangat penting bagi anda yang menggunakan iklan PPC. Landingpage ibarat jendela utama yang relevan dengan konten iklan Anda. Jadi, hal ini sangat penting sehingga Anda harus benar-benar mendesain halaman arahan website (landingpage) Agar calon konsumen anda memiliki ketertarikan dan kesan yang baik terhadap produk Anda.

Untuk memberikan pengalaman yang baik, tentu Anda harus membuat landingpage anda dimuat dengan cepat (fast loading), navigasi yang mudah, desain sederhana namun menarik, mampu menyampaikan pesan dan yang terpenting memiliki kepercayaan.

Nah, kali ini mimin akan share sedikit tips agar landing page anda memiliki nilai konversi yang tinggi. Berikut Artikel lengkapnya…

Hal Penting dalam Membuat Landing Page

  1. Sampaikan Pesan dengan Jelas dan Konsisten

Faktor yang terpenting dalam membuat landing page adalah isi pesan yang ingin disampaikan dapat dengan mudah dimengerti oleh calon buyer Anda. Usahakan anda menyampaikan pesan dengan singkat, padat, jelas dan menarik.

Perhatikan juga headline karena ini merupakan hal yang pertama kali dilihat oleh calon konsumen. Buat mereka terpesona dan tertarik saat first impression.

2. Konten Relevan

Usahakan isi landingpage anda sesuai atau relevan dengan iklan yang anda buat. Hal ini bertujuan agar konsumen tidak kabur karena mereka tidak mendapatkan hal yang mereka inginkan. Hal ini juga dapat membuat konsumen percaya akan tawaran yang anda buat pada Iklan.

3. Call to Action yang Menggoda

Pada dasarnya, manusia itu memiliki sifat tidak mau ribet, mudah lupa, dan terkadang malas. Jadi usahakan Anda menyisipkan tombol CTA di setiap bagian landingpage. Gunakan juga CTA yang kontras, menarik dan mudah untuk di klik.

Berikut tips membuat CTA dalam landing page :

  • Letakan CTA pada bagian Setelah Headline atau ATF (Above the Fold) agar konsumen dapat melihatnya setelah pertama kali masuk ke Landingpage.
  • Gunakan desain yang unik, menarik, kontras dan menggoda.
  • Gunakan kata-kata ajakan yang membuat konsumen gatal untuk mengklik.
  • Letakan disetiap bagian landingpage seperti di Atas (header) , tengah, dan bawah (footer).

Jika semua itu diterapkan, maka peluang CTR tinggi akan meningkat. Dengan nilai CTR yang tinggi maka nilai konversi juga akan meningkat.

4. Gunakan Konten dan Copywriting yang maksimal

Jika konten tidak menarik, orang pasti tidak akan tertarik dengan penawaran kita karena pada dasarnya manusia tidak menyukai iklan. Jadi buatlah copywriting yang terbaik agar konsumen merasakan hal yang berbeda.

Dalam membuat konten, gunakan desain gambar yang soft namun kontras. Gunakan trik psikologi agar konsumen tertarik.

Berikut tips membuat konten landingpage :

  • Gunakan bahasa yang mudah dimengerti semua kalangan
  • Gunakan Ajakan yang agak unik dan berbeda dari yang lain
  • Gunakan nada bahasa yang ramah dalam teks
  • Posisikan konten agar tidak menumpuk dan mudah dibaca.

5. Jelaskan Kelebihan dan Keuntungan membeli Produk Anda

Dengan memberikan kelebihan dan benefit, konsumen akan lebih tertarik untuk segera membeli. Anda harus bisa menyampaikan ke konsumen bahwa produk yang kita miliki sangat menguntungkan dan bermanfaat.

Bila perlu, coba kasih sedikit kelebihan produk kita dengan produk kompetitor yang serupa. Anda bisa membandingkanya dari harga, fitur, support, bonus dan sebagainya.

Hal ini merupakan ujung tombak agar anda mendapatkan ROI yang tinggi karena hal ini merupakan salah satu ujung tombak mendongkrak penjualan.

6. Buat Calon Konsumen Anda Percaya

Kepercayaan merupakan hal yang sangat penting dalam berjualan. Jika Konsumen dan Penjual saling percaya, maka penjualan transaksi akan berjalan dengan baik. Maka dari itu bangunlah kepercayaan dengan konsumen.

Bagaimana caranya? 

Caranya sangat mudah, anda hanya tinggal mencantumkan beberapa foto atau testimoni pelanggan Anda. Tentunya testimoni ini harus real dan asli milik Anda.

Anda dapat mencantumkanya di bawah (sebelum tombol pembelian).

Selain itu, anda dapat mencantumkan informasi kontak seperti nomor kantor, akun sosial media, alamat kantor, dan fitur bantuan di bagian paling bawah landing page (footer).

7. Optimasi Landingpage

Jika tidak di optimasi, semua hal diatas tentu akan serasa sia-sia, coba bayangkan jika konten dan hal lainya sudah dibuat semaksimal mungkin namun ternyata pas konsumen membuka website, landingpage tidak dapat dimuat dengan sempurna karena loading lambat, halaman tidak responsive atau yang lebih parah konten tidak tampil.

Jadi optimasi landingpage itu sangat penting, nah berikut mimin kasih beberapa hal yang harus di optimasi dalam landingpage :

  • Gambar : Sebelum di upload, usahakan di kompress dulu sehingga ukuranya kecil.
  • Tema / Template : Gunakan theme yang fast loading dan responsive.
  • Konten : Usahakan hindari konten yang banyak menggunakan javascript / konten flash.
  • Hosting : Gunakan hosting yang cepat dan stabil. Jika mampu bisa menggunakan VPS.
  • Alur : Gunakan struktur landingpage yang jelas dan mengalir.
  • Pembelian : Permudah cara pembelian, jika bisa kurang dari 3 langkah.

Nah sekian materi kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan atau ditambahkan, anda bisa meninggalkan komentar dibawah.

Jangan lupa share ya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.