Hypnotic Copywriting #2

0
367

Seperti apakah struktur copywriting yang menjual? Pioner industri iklan di Amerika pada awal tahun 1900-an St. Elmo Lewis menjawabnya dengan kalimat sebagai berikut:

“Misi dari sebuah iklan adalah menarik (attract) pembacanya, sehingga ia mau melihat iklan tersebut dan mulai membacanya; kemudian membangkitkan ketertarikan (interest); membuatnya yakin (convince), sehingga ketika ia membacanya ia menjadi yakin. Jika sebuah iklan mengandung tiga kualitas ini, maka ia menjadi sebuah iklan yang sukses”

Jadi, menurut St. Elmo Lewis, sebuah copywriting iklan yang sukses harus mengandung tiga unsur:

  1. Attract Attention (menarik perhatian)
  2. Create Interest (menciptakan ketertarikan)
  3. Create Convince (memunculkan keyakinan)

Sementara itu, Fred Macey seorang ahli periklanan di masa yang sama dengan Elmo Lewis juga pernah menyampaikan:

“Pertama, sebuah iklan harus mendapat perhatian (attention). Kedua, menciptakan minat/ketertarikan (interest). Ketiga, menciptakan keinginan untuk membeli (desire to buy). Keempat, setelah keinginan untuk membeli kita perlu membantu mereka untuk mengambil keputusan (decision).”

Versi Fred Macey sebuah copywriting perlu mengandung empat hal:

  1. Attention (menarik perhatian)
  2. Interest (memunculkan ketertarikan)
  3. Desire to buy (memunculkan keinginan untuk membeli)
  4. Decision (mendorong keputusan untuk bertindak)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.