Keuntungan dan Kerugian Bisnis Dropship

0
9

Dropship merupakan bisnis yang sangat digandrungi oleh para milenials yang mencoba memulai bisnis namun tidak memiliki produk dan modal yang banyak. Bagaimana tidak, dropship merupakan bisnis yang menggiurkan karena kita dapat meraup jutaan hingga puluhan juta nyaris tanpa modal. Namun, dibalik itu semua, apapun pasti ada kelebihan dan kekuranganya, berikut kami ulas selengkapnya…

Keuntungan Bisnis Dropship

1. Tak Perlu Memikirkan Modal, Bahkan Tanpa Modal!

Ini merupakan kelebihan yang paling utama dari bisnis dropship. Dengan modal minim bahkan tanpa modal, anda bisa menjual produk dengan berbagai teknik marketing gratisan.

Kenapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan sistem dropship itu tidak membutuhkan stok barang, gaji karyawan (jika dikelola sendiri), biaya gudang, biaya pengiriman dan sebagainya karena biasanya semua ini telah diurus oleh pihak supplier.

2. Tidak Pusing Memikirkan Stok Barang

Berbeda dengan bisnis reseller yang terkadang harus menyetok barang, dropship sama sekali tak memerlukan stok. Ini sudah menjadi urusan dari sang supplier jadi anda tinggal fokus memikirkan bagaimana cara menjual produk.

Namun, agar tidak terjadi komplain, carilah supplier yang terpercaya dan bertanggung jawab dalam hal managemen stok. Hindari supplier yang tidak memiliki sistem stok yang baik atau supplier dengan sistem Pre Order.

3. Mudah dan Cepat

Bisnis dropship merupakan bisnis yang praktis, dengan modal copy paste saja kita dapat menghasilkan uang. Kita hanya perlu pintar-pintar saja dalam berpromosi dan menawarkan produk ke pelanggan.

4. Nyaris Tanpa Resiko

Anda tak perlu khawatir masalah produksi, stok yang tidak habis atau gaji karyawan yang menunggak karena kita tidak bermain dilini tersebut.

5. Tidak Terikat Tempat dan Waktu

Anda tidak perlu diam ditoko dan mengelola orderan setiap ada pesanan. Anda bisa berpromosi dan menjual produk dimana saja dan kapan saja, mau di kereta, di kafe, di hotel atau dimanapun tempat yang kalian sukai. Waktunya pun fleksibel dan tidak terikat jam kerja.

Kerugian Bisnis Dropship

Dalam segala hal, kekurangan itu pasti ada. Begitupun dengan bisnis dropship, ada beberapa hal yang harus diketahui mengenai kerugian bisnis dropship, kira-kira apa ya? Simak poin-poin berikut

1. Kadang Stok tidak Sinkron

Kadang kala terjadi miss komunikasi antara kita dengan supplier sehingga ketika telah menjual produk, barang yang harusnya dikirim tidak tersedia karena stok kosong. Tentu hal ini akan menghambat dan menurunkan reputasi kita sebagai seller.

2. Keuntungan Pas-Pasan

Kita harus berbagi margin dengan supplier sehingga biasanya keuntungan yang kita dapatkan tidak terlalu besar. Berbeda jika kita produksi produk sendiri.

Jadi, jika ingin keuntungan yang anda dapatkan maksimal, anda harus pintar-pintar dalam memasarkannya. Anda bisa mematok harga tang tinggi atau mencari market yang baik sehingga keuntungan kita tetap maksimal.

3. Kesulitan Menjual Produk

Jika kita memakai sistem dropship, kita tidak mengetahui kualitas dan pelayanan supplier yang sebenarnya. Kita hanya tahu dari gambar dan spesifikasi yang diberikan supplier sehingga kita kurang mengenali produk yang ingin dijual.

Nah, sebagai solusi anda bisa memesan beberapa sample untuk kemudian dipakai oleh sendiri agar kita tahu kualitas dan kecepatan pengiriman. Dengan begitu kita dapat lebih memahami apa yang ingin kita jual.

4. Berpotensi Lebih Sering di Komplain

Dalam bisnis apapun yang berhubungan dengan customer, pasti selalu ada yang namanya komplain. Namun, risiko komplain dari bisnis dropship lebih tinggi dari pada kita menjual produk sendiri. Kenapa?

Hal ini karena kita tak memegang dan memiliki produk. Jadi kita tak mempunyai kontrol dalam hal stok, kualitas, pengiriman dan kondisi barang yang sebenarnya.

Belum lagi jika pelanggan telah membayar tapi stok produk habis, bisa berabe bukan?

Nah, dari kerugian-kerugian tersebut kita dapat belajar bahwa kita harus siap mental dalam menghadapi segala masalah komplain yang ada. Jadi dalamilah ilmu dropship lebih jauh dan tidak pernah bosan dalam belajar karena apapun ada tekniknya!

Selain itu carilah supplier yang kompeten dan bisa menjamin kita sebagai dropshipper agar dapat menjalankan bisnis semudah dan selancar mungkin.

Kelas Belajar Dropship

Nah, bagi anda yang ingin belajar dropship dari pemula hingga mahir, anda dapat mengikuti kelas dropship di yudiajar.com. Disana anda akan belajar materi dan teknik-teknik cara menjalankan bisnis menguntungkan ini. Selain itu anda akan mendapatkan channel yang menyediakan lebih dari 10.000 produk siap jual!

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.