Untuk menjalankan strategi digital marketing yang efektif tentunya membutuhkan ketelitian. Dimana Anda harus menentukan strategi, merumuskan taktik yang akan digunakan, hingga mengukur keberhasilan dengan indikator yang tepat. Lalu, bagaimana cara membuat dan menjalankan strategi digital marketing yang efektif?
- Tentukan Strategi
Tahap awal untuk menentukan strategi yang akan digunakan Anda harus memahami Unique Selling Point (USP). Apa itu USP?? USP mengacu pada fitur unik dari penawaran yang berbeda dari penawaran lainnya, harus mengedepankan keunikan dari produk atau layanan Anda.
Setelah mengetahui USP dari produk Anda, tahap selanjutnya adalah menjadikan USP tersebut sebagai cerita. Maksudnya ceritakan keunikan atau kelebihan dari produk atau layanan Anda, sehingga cerita tersebut yang akan meninggalkan kesan pertama terhadap audiens.
Selanjutnya adalah memahami kebutuhan emosional dari audiens. Misalnya ketika seorang wanita membeli sebuah gamis, kebutuhan emosional ketika membeli gamis tersebut orang lain juga menyukainya. Itulah fungsi emosional dari produk gamis tersebut.
- Petakan audiens
Tahap selanjutnya adalah memetakan audiens, dimana dari mulai aspek demografi, seperti tempat tinggal, usia, status hubungan, dan sebagainya. Behavior sifatnya ini lebih melekat kepada user yang seringkali berhubungan dengan kebiasaan dan prilaku kesehariannya. Anda harus memetakan sedetail mungkin, agar produk atau layanan yang anda pasarkan lebih tertarget.
- Tentukan Goals
Mengembangkan rencana marketing menjadi salah satu cara agar strategi yang sudah dirancang bisa berjalan dengan baik dari goals yang anda miliki. Misalnya jika goals bisnis Anda adalah untuk mendapatkan banyak customer baru, berarti tugas digital marketinya adalah menggaet banyak customer baru dan mengukur tingkat kesuksesan berdasarkan goals. Sama halnya jika goalsnya adalah untuk meningkatkan profitability, bberarti Anda harus meningkatkan revenue dan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan.
Setelah menentukan target, selanjutnya adalah menentukan channel yang akan digunakan. Sebelum masuk ke tahap tersebut, Anda harus menyesuaikan dengan apa yang ingin dicapai. Misalnya yang ingin dicapai adalah acquisition? Atau engagement? Tentunya channel yang akan digunakan berbeda. Jika goalsnya acquisition, channel yang Anda harus maksimalkan adalah website dengan konten yang kuat agar bisnis Anda bersahabat dengan SEO. Beda halnya dengan goalsnya engagement, maka channel terbaik adalah media sosial. Atau jika goalsnya adalah mengumpulkan ausiens yang loyal, email marketing adalah channel yang paling tepat.
- Mengukur Strategi Yang Sudah Dilakukan
Tahap terakhir mengukur strategi, Anda bisa mengetahui channel dan taktik mana yang paling efektif untuk iklan Anda. Dan juga mengetahui apa saja yang akan Anda lakukan setelahnya. Ada beberapa yang bisa diukur menggunakan KPI (Key Performance Indicators), engagement, dan objectives.
KPI digunakan untuk membantu suatu bisnis menentukan dan mengukur kemajuan terhadap audiens. Dengan KPI juga dapat mengetahui goals yang secara tidak langsung memiliki dampak ke penjualan.
Sedangkan engagement bisa juga masuk ke KPI, hanya saja lebih ke interaksi yang muncul dalam konten, misalnya likes, share, hingga impressions.
Yang dapat terlihat besaran ukuran adalah objectives, dimana dapat mengetahui jumlah peningkatan berdasarkan leads.
Mungkin itu adalah 4 strategi digital marketing yang cukup efektif untuk meningkatkan bisnis Anda.