Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas tentang Cara Membuat Iklan di Facebook Ads mulai dari awal sampai selesai.  Dan pada artikel ini kita akan bersama-sama memahami kampanye dalam membuat iklan Facebook Ads, karena hal ini merupakan awal dari proses iklan di FB Ads, dan jangan sampai ketika kita beriklan kita salah menentukan kampanye iklan dan harus kita tentukan benar-benar sesuai dengan tujuan kita beriklan. 🙂

memahami kampanye dalam membuat facebook ads

 

Tujuan kampanye dalam Facebook Ads terbagi menjadi 3 bagian; Kesadaran, Pertimbangan dan Konversi. Pada 3 bagian itu memiliki fungsinya masing-masing. Langsung saja kita uraikan satu per satu.

 

memahami kampanye dalam membuat facebook ads

Sebagai permulaan dalam membuat iklan di Facebook Ads, anda harus memahami tujuan anda dalam membuat iklan, apakah anda membuat iklan dengan tujuan meningkatkan interaksi, atau anda ingin memerbanyak jumlah viewer video anda, atau ingin meningkatkan closing produk yang anda jual, sdt.

Disini kita tidak akan mebahas semuanya secara keseluruhan, namun saya akan menerangkan tujuan kampanye iklan yang kebanyakan dipakai oleh pengguna lokal atau pengguna di indonesia. 🙂

Kita akan membahas dari kolom tengah sebagai kolom 1, kolom kanan sebagai kolom 2 dan kolom kiri sebagai kolom 3.

Pada kolom 1 atau tengah, yang kebanyakan orang pakai adalah pada “interaksi”

memahami kampanye dalam membuat facebook ads 1

Kolom interaksi ini digunakan untuk memperbanyak interaksi pada fanspage kita, disini terdapat 4 bagian, yaitu; #1. Interaksi kiriman, yang berfungsi untuk memperbanyak interaksi kiriman kita, disini Faceook akan mentargetkan pengguna yang berpotensi untuk meningkatkan interaksi kiriman kita dengan Like, Komen atau Share.

#2. Suka halaman, berfungsi untuk memperbanyak like halaman fanspage kita.

#3. Tanggapan acara, sesuai dengan namanya yang berfungsi untuk mempromosikan mempromosikan acara anda

#4. Klaim promo, jika anda membuat promo di fanspage anda bisa menggunakan ini untuk memrosikan promo anda kepada target market anda.

pada intinya jika anda memilih kolom interaksi untuk beriklan, maka Facebook akan mempromosikan iklan anda kepada pengguna Facebook yang sering melakukan interaksi di Facebook (Like, komen dan share)

Selain interaksi, pada kolom ini yang sering dipakai adalah bagian “Lalulintas” dan “Penayangan video”

Dibagian lalulintas ini berfungsi untuk mengarahkan pengguna Facebook untuk mengunjungi website kita, jadi disini Facebook akan mencarikan user yang sering klik link menuju website.

Penayangan video, berfungsi untuk meningkatkan jumlah viewer atau penonton video yang anda iklankan, disini Facebook akan mengarahkan iklan video kita kepada user FB yang sering menonton video.

Kolom 2 atau kolom bagian kanan, adalah “Konversi”, dikolom ini Facebook akan mengarahkan iklan kita kepada pengguna yang sering melakukan pembelian online, sehingga kolom ini sangatlah tepat buat anda para pembisnis online.

memahami kampanye dalam membuat facebook ads 2

Dikolom 2 ini yang banyak orang pakai adalah “Konversi” dan “Kunjungan toko”

Konversi cocok bagi anda pelaku bisnis online dan kunjungan toko cocok bagi anda yang sudah memiliki toko fisik untuk menggiring pengunjung ketoko anda.

Kolom 3 kesadaran merk, gunakanlah ini jika anda ingin mengenalkan brand produk anda didunia Facebook. Dan kolom ini masih belum banyak yang memakainya dikalangan advertiser facebook Indonesia.

Nah, dari penjelasan diatas pastikan anda tepat menggunakan untuk tujuan promosi anda ya jika anda ingin iklan anda berjalan maksimal. 😉

Sekian dari kami, semuga bisa bermanfaat 😀

Baca juga artikel kami: Memulai Toko Online Dari target Market

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *