Membangun Sistem Reseller bagi Perusahaan

Membangun Sistem Reseller bagi Perusahaan

Tak mudah untuk menjadi pemilik bisnis karena impian ini tak hanya harus diwujudkan tapi juga harus ditingkatkan dan dikembangkan lebih jauh. Memiliki reseller merupakan satu dari sekian cara untuk memperlebar sayap bisnis. Khususnya bagi mereka yang mode bisnisnya membuat barang atau produk. Anda dalam hal ini bukan hanya mencari mitra untuk menjualkan produk anda, juga harus ada sebuah sistem reseller agar segalanya lebih teratur dan tertata dengan rapi.

Banyak sekali kelebihan yang anda peroleh dengan menerima orang lain untuk turut menjual produk anda. Salah satunya adalah jumlah sales yang minim untuk anda bayar. Bukan itu saja, adanya reseller turut melipatgandakan penjualan produk tanpa membuat anda kelelahan melakukan ini dan itu. Jika merasa bahwa produk anda sudah teruji pasar dengan market yang luas, menjadi momen bagi anda untuk memiliki banyak reseller.

Meski begitu agar pekerjaan lebih mudah lagi, tentu harus ada sistem reseller yang mengatur semuanya terlaksana begitu baik. Kira-kira apa sajakah yang patut dilakukan untuk membina sebuah sistem reseller yang oke dengan dampak penjualan yang begitu nyata dan agar mereka bisa loyal pada produk anda ? Berikut informasinya :

Buat Orang Mendaftar Dengan Biaya Mudah dan Murah

Beri orang-orang kesempatan semudah dan semurah mungkin untuk mendaftar menjadi reseller bisnis anda. Ketika mereka bisa mendaftar dengan mudah menjadi reseller, channel komunikasi harus dibangun untuk memastikan bahwa anda memfasilitasi segalanya mulai dari product knowledge dan informasi lainnya yang dirasa penting.

Buatlah agar calon reseller bisa mendaftar dengan mudah. Selain itu usahakan agar biaya untuk mendaftar tidak dipatok terlalu mahal. Meski dengan modal minim, usahakan agar orang-orang bisa menjadi reseller anda. Akan lebih berdampak lagi jika tidak ada biaya sama sekali untuk mendaftar, alias gratis.

Membuat Alur Untuk Pemesanan, Pengiriman, dan Pengembalian Barang Pesanan

Karena dibantu oleh reseller berarti anda menambah jaringan penjualan yang juga berarti anda berhubungan dengan orang yang lebih banyak. Karena itu, harus disediakan kejelasan dalam alur pemesanan barang, jasa ekspedisi mana yang akan digunakan, kemudian juga harus dibuat alur yang jelas dalam hal pengembalian barang.

Karena aturan yang anda buat sudah cukup jelas dan diketahui oleh seluruh reseller, untuk pengaturan sistem reseller tak akan ditemui sedikitpun kesulitan karena sejak awal semua sudah dibuat dengan sejelas-jelasnya. Ketika aturan sistem reseller dibuat dengan tidak jelas, jika ada reseller yang complain atau ketika harus menanggapi komplian dari reseller, anda sendiri merasa kesulitan.

Memberi Edukasi Kepada Reseller Secara Rutin

Menjadikan reseller sebagai rekan bisnis tak semata soal meningkatkan omzet bisnis saja. Ada ilmu-ilmu bisnis yang perlu anda bagi kepada mereka, sebagai penunjang penjualan. Tujuan dari hal ini adalah untuk memberdayakan reseller dan tak hanya untuk memanfaatkan mereka sebagai ujung tombak penjualan. Dengan memberi edukasi, kemajuan bisnis para reseller pun dipengaruhi oleh anda.

Reseller adalah mitra bisnis anda, dan bukanlah mesin yang dengan begitu saja menginjek isi dompet anda agar lebih tebal. Bermitralah menggunakan cara yang baik sehingga masalah-masalah bisnis reseller juga bisa anda bantu. Tanggi semua masukan reseller dengan baik, dengarkan mereka, karena merekalah yang secara langsung berhubungan dengan konsumen anda.

Fasilitasi Agar Informasi Bisa Diperoleh dengan Mudah oleh Reseller

Bagian lainnya dari tips membangun sistem reseller yang solid adalah dengan memfasilitasi agar reseller bisa mendapatkan informasi perihal produk dengan lebih mudah. Sebagai contoh, informasi mengenai jumlah stok barang, kapan barang akan dikirim, dan jenis-jenis informasi yang lain.

Meski ini menjadi keharusan bagi agen untuk melakukannya, ternyata ada juga lho agen yang memang berhati baik dan rajin menginformasikan info-info penting kepada resellernya untuk mempermudah penjualan. Info-info seperti foto produk, video testimoni dan harga produk, adalah sebagian dari hal yang dibutuhkan oleh reseller.

Pacu Penjualan dengan Kompetisi Reseller

Sekali-kali buatlah kompetisi penjualan untuk memicu semangat berjualan para reseller. Hadiahnya disediakan semenarik mungkin. Dengan cara ini para reseller akan melakukan banyak upaya agar target yang dijabarkan bisa dicapai dengan cepat dan mudah. Mereka akan berlomba untuk berpromosi dan membuat lebih banyak closingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai, ada yang bisa kami bantu?