Membuat Instagram Marketing

Membuat Instagram Marketing

Tahukah anda? Instagram merupakan salah satu platform sosial media yang memiliki pengaruh besar dan penting bagi bisnis anda. Sejauh ini, Instagram memiliki 700 juta pengguna dan setiap harinya ada sekitar 60 juta foto yang dibagikan dan dapat memberikan 1.6 milyar likes. Dari sebagian penggunanya adalah dari kaum milenials, jadi jika bisnis anda mempunyai nilai lebih di mata kaum milenials, maka Instagram ini sangat cocok untuk anda gunakan. Instagram bisnis juga memiliki beberapa fitur diantaranya:

  1. Fitur Content insight, dimana memudahkan anda untuk memonitor aktivitas dan keterlibatan orang dengan postingan yang anda buat. Dengan begitu anda bisa mengetahui postingan mana yang bisa menjangkau audiens.
  2. Fitur audience insight, dimana anda bisa melihat demografi orang yang melihat setiap postingan anda. Audience insight membuat anda tahu persebaran jenis kelamin, usia, juga lokasi dari orang-orang yang melihat postingan anda.
  3. Fitur activity insight, dimana anda bisa mengetahui berapa jumlah action yang dilakukan oleh orang-orang terhadap tautan yang anda cantumkan pada postingan.

Okee, langsung saja kita praktekan terlebih dahulu cara membuatnya.

  1. Pertama, anda harus terlebih dahulu memiliki akun Instagram sebelumnya, setelah itu masuk ke profil anda, kemudian klik pengaturan/setting. Pilihan tersebut ada pada bagian pojok kanan atas pada profil anda. Lalu klik account.
  2. Selanjutnya, ubah akun anda menjadi Instagram bisnis dengan klik switch to business account. Klik continue, lalu pilih bisnis yang akan kamu jalani. Ada beberapa jenis pilihan seperti local business, personal blog, product/service, juga masih banyak lainnya.
  3. Setelah itu klik next, anda akan diminta untuk konfirmasi terlebih dahulu, apakah alamat email dan nomor telepon yang dicantumkan sudah sesuai atau belum. Hal ini untuk memudahkan calon konsumen menghubungi anda untuk melakukan transaksi.
  4. Langkah selanjutnya, anda akan diminta untuk menyambungkan profil Instagram bisnis ke laman facebook. Jika belum ada, bisa memilih don’t connect to facebook. Maka dengan pilihan tersebut berarti akun Instagram anda tidak terhubung dengan facebook.
  5. Sekarang akun Instagram kamu sudah menjadi akun Instagram bisnis. Jika demikian anda bisa langsung mempromosikan bisnis anda dengan memanfaatkan postingan, Instagram stories, juga Instagram TV.

Setelah mengatur akun anda menjadi Instagram bisnis, selanjutnya bisa juga menambahkan Instagram ads untuk meningkatkan traffic website, meningkatkan brand exposure, dan mengumpulkan leads baru, namun itu semua berbayar. Instagram ads adalah sebuah solusi untuk menfilter audiens yang lebih luas terutama kaum milenials serta mendapatkan target yang sudah spesifik. Dari 81% pengguna Instagram mengatakan bahwa mereka cukup tertarik untuk melakukan transaksi setelah melihat sebuah postingan yang muncul di berandanya.

Jadi itulah cara membuat akun intstagram bisnis yang bisa digunakan untuk meningkatkan traffic penjualan produk atau jasa anda. Gunakan juga fasilitas berbayar dengan menggunakan Instagram ads agar bisnis yang anda jalankan semakin besar dan berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai, ada yang bisa kami bantu?