Mengenal Lebih Dekat Strategi Digital Marketing

Mengenal Lebih Dekat Strategi Digital Marketing

Dengan berkembangnya teknologi saat ini, semua pelaku bisnis mau tidak mau, suka tidak suka harus mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya dalam hal pemasaran, dimana Anda tidak hanya mengandalkan pemasaran secara offline melainkan harus diikuti dengan memanfaatkan pemasaran secara online atau biasa disebut digital marketing.

Sebelum melakukan digital marketing sangatlah penting untuk memikirkan strategi yang efektif untuk memasarkan produk atau jasa yang akan anda pasarkan. Lalu strategi apa saja yang perlu Anda terapkan? Berikut adalah 5 strategi digital marketing:

  1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah usaha untuk mengoptimasi sebuah website agar mudah ditemukan di hasil pencarian Google yang berada di urutan teratas. Website Anda bisa lebih mudah ditemukan dari hasil pencarian Google dengan menerapkan Teknik SEO ini. Hasil pencarian di Google adalah sumber utama trafik bagi sebagian besar website. Terdapat 2 teknik SEO, Teknik SEO On Page dan Teknik SEO Off Page.

  1. Content Marketing

Content marketing adalah Teknik marketing yang melibatkan pembuatan dan distribusi konten yang relevan, penting, dan konsisten untuk menarik audiens dengan tujuan untuk mengonversikannya menjadi konsumen. Maksudnya Anda tidak bisa sembarangan dalam membuat sebuah konten. Ada 3 jenis audiens yang Anda perlu ketahui:

  • Cold Audience adalah audiens yang belum mengenal brand Anda tetapi mempunyai permasalahan yang sama.
  • Warm Audience adalah audiens yang sudah mengenal brand Anda tetapi belum memutuskan untuk menggunakan produk atau layanan Anda.
  • Hot Audience adalah audiens yang sudah dalam tahap memutuskan untuk membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Dengan mengetahui audiens tersebut, Anda dapat menyesuaikan dalam membuat sebuah konten.

  1. Social Media Marketing

Sisial media marketing adalah kegiatan mempromosikan produk atau layanan di platform media sosial seperti youtube, facebook, Instagram, dll. Sosial media menjadi salah satu platform yang paling ampuh dan termurah dalam pemasaran digital. 89% marketer mengatakan bahwa media sosial turut mendongkrak popularitas perusahaan mereka.

  1. Email Marketing

Email marketing adalah pengiriman pesan komersial seperti newsletter dan promosi melalui email. Pada tahun 2017, dari 205 milyar email yang terkirim setiap harinya, 120 milar diantaranya adalah email bisnis yang didalamnya termasuk email marketing. Beberapa orang mungkin menganggap email marketing sebagai spam yang berpotensi mengganggu konsumen. Namun, faktanya berkata sebaliknya, pengguna email marketing terus meningkat pada setiap tahunnya.

  1. Google Adwords

Jika sebelumnya sudah dijelaskan Teknik SEO, sekarang membahas terkait Google Adwords yaitu SEO tercepat. Kenapa? Karen dengan Google Adwords, website bisnis Anda bisa langsung berada di halaman utama google. Namun layanan ini berbayar. Google Adwords merupakan salah satu model Pay Per Click atau biasa disebut PPC dimana pemasangan iklan hanya perlu membayar setiap iklannya yang di klik oleh target audiens.

Itulah 5 strategi yang perlu Anda ketehui, bahwasannya digital marketing sudah terbukti meningkatkan efektivitas penjualan dan keuntungan pada suatu bisnis. Digital marketing juga bisa diterapkan bagi bisnis skala kecil maupun skala besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai, ada yang bisa kami bantu?