Facebook Ads adalah platform periklanan yang sangat bagus, lengkap, canggih dan luar biasa keren. Untuk dapat menggunakannya secara optimal, kita membutuhkan tak hanya pemahaman yang benar tetapi juga strategi yang pintar.
Apa itu Facebook Ads?
Fakta pertama, Facebook punya lebih dari 2 milyar pengguna di seluruh dunia, 130 juta dari Indonesia. Anda mungkin salah satunya.
Fakta kedua, kita tidak harus membayar 1 rupiah pun untuk dapat menggunakan Facebook alias Gratis. Dari dulu, sekarang dan kemungkinan besar di masa depan.
Lalu bagaimana Facebook mampu menghidupi website dan layanannya yang butuh biaya tak sedikit? Jawabannya: iklan. Sama seperti televisi yang bisa kita tonton secara gratis juga hidup dari iklan. Tapi iklan di Facebook jauh lebih powerful daripada televisi mana pun di jagat raya.
Fakta ketiga, Facebook tak hanya tahu nama dan email kita. Ia mengumpulkan data tentang Anda lebih banyak dari yang dapat Anda bayangkan. Malahan, ia tahu hampir segalanya tentang Anda, mulai dari hobi, usia, jenis kelamin, status pernikahan, pekerjaan, pendidikan, artis pujaan, dari mana Anda minggu lalu, Anda makan apa hingga apa pandangan politik Anda.
Facebook, tentu saja, menggunakan seluruh data tersebut untuk mencetak pundi-pundi uang. Ia memang tidak menjual data Anda, tetapi membiarkan para pengiklan mengakses Anda melalui newsfeed, messenger dan channel-channel lain yang ada dalam platform besar miliknya, termasuk Instagram (juga dimiliki Facebook) yang semakin naik daun belakangan ini.
Data tersebut pada akhirnya akan digunakan oleh mereka (para advertiser) untuk menunjukkan iklan spesifik yang relevan, menarik dan mungkin cocok untuk Anda.
Tak heran, Facebook Ads menjadi platform periklanan paling canggih dan paling futuristik di dunia digital marketing. Juga berarti salah satu yang paling kompleks.
5 Alasan Menggunakan Facebook Ads
Ada cukup banyak alasan mengapa kita harus menggunakan Facebook Ads dibandingkan media konvensional maupun channel marketing online lainnya.
Mari saya sebutkan 5 saja yang paling utama:
- Detail
Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, Facebook memiliki data sosial tentang manusia dan gerak-geriknya secara masif yang tersusun secara rapi. Data ini dapat diakses oleh para pemasang iklan untuk melakukan penargetan secara detail.
Ada 2 tipe data besar yang dimiliki Facebook, (1) demografis dan (2) psikografis.
Data demografis meliputi:
- Negara
- Gender
- Usia
- Bahasa
- Pendidikan
- Status Hubungan
- dll
Sementara data psikografis meliputi:
- Interest
- Behaviour
- dll
Selain itu, seluruh metriks dan angka-angka yang dapat digunakan untuk mengukur sebuah kampanye juga terpampang dengan sangat detail, mendekati real-time dan senantiasa diperbaharui sehingga dapat dilihat, dipelajari dan disimak lebih lanjut.
- Lengkap
Facebook Ads menyediakan banyak sekali objectives, yaitu tujuan dari sebuah kampanye dipromosikan. Ini membuka ruang bagi hampir semua kepentingan dalam kampanye periklanan. Kita bisa meningkatkan kepekaan terhadap merek, menarik pengunjung web, menumbuhkan engagement, mengumpulkan list hingga meningkatkan konversi.
- Bisa mulai dari budget minimal
Tidak ada syarat finansial tertentu untuk mulai menggunakan FB Ads. Kita bahkan tidak membutuhkan perizinan khusus. Facebook Ads begitu fit untuk digunakan oleh corporate maupun personal.
Anda dapat menjalankan kampanye periklanan dengan budget puluhan ribu Rupiah per hari dan meningkatkannya ketika sudah menemukan kampanye yang menguntungkan (baca: winning campaign). Dan memang beginilah strategi menggunakan FB Ads yang disarankan, mulai dari yang kecil dan secara pasti meningkatkannya hingga ke level yang paling besar.
- Cepat
Facebook Ads nyaris tidak memiliki waktu tunggu yang berarti. Dengan kata lain, setelah seluruh materi kampanye siap, kita dapat langsung menjalankan iklan. Review biasanya akan berlangsung dalam beberapa saat sebelum iklan diterima dan ditayangkan sesuai dengan setelan yang kita inginkan.
- Bisa dipelajari
Ini yang paling penting.
Sekompleks dan serumit apa pun Facebook Ads, nyatanya ia bisa dipelajari oleh setiap orang. Ada banyak sekali referensi mengenai ini yang dapat kita temukan, termasuk pada bagian selanjutnya artikel ini yang akan mengajari Anda hampir seluruhnya tentang FB Ads.
Sebagai sebuah platform yang inklusif dan modern, kita tidak membutuhkan “orang dalam” atau “keberuntungan” untuk dapat bekerja dengan Facebook Ads.
Siapa saja yang mau belajar, cepat atau lambat pasti akan terbiasa dan bisa menguasainya.