Tips Desain Banner Produk agar Menarik Perhatian Pembeli

0
89

Internet merupakan pasar yang sangat luas karena disana terdapat hampir 4 Milyar orang berkumpul. Salah satu media promosi yang sering digunakan di internet yaitu Banner. Banyak perusahaan atau pembisnis online menggunakan banner sebagai sarana untuk memperkenalkan produk ke khalayak luas. Jika anda seorang pemain bisnis ini, mungkin anda sudah terbiasa menggunakan foto banner untuk berjualan online bukan? Nah, lantas bagaimana cara membuat desain banner produk agar terlihat menarik? Nah, anda bisa menyimak tips desain banner berikut agar desain banner anda menarik perhatian calon pembeli, berikut artikel lengkapnya…

Tips Desain Banner Produk agar Menarik Perhatian Pembeli

1#. JELAS

Hal yang paling utama dari desain banner yaitu kejelasan atau visibilitas. Walaupun desain yang anda buat keren atau wah, jika keterlihatanya jelek maka itu tidak akan berhasil. Anda hanya akan menjangkau sedikit orang saja karena pesan yang anda sampaikan melalui banner tidak tersampaikan. Alahkah baiknya untuk membuat banner yang jelas serta to the point.

2#. Gunakan Headline yang Wah

Headline merupakan ujung tombak dalam sebuah banner. Orang akan melihat dan membaca banner anda setelah mereka membaca headline terlebih dahulu. Jadi, gunakan headline yang dapat membuat orang menoleh dan memperhatikan banner anda.

Anda juga bisa membuat headline dengan ajakan yang membuat audience penasaran.

3#. Gunakan Gambar yang Menarik dan Berkualitas

Gambar merupakan visual pendukung dari sebuah banner. Dengan gambar, banner yang anda buat akan lebih terlihat menarik dan mewakili isi pesan anda. Jadi gunakanlah gambar yang bisa membuat orang tertarik untuk melihatnya, misal jika anda menjual kerudung, anda bisa menggunakan foto model kerudung yang cantik agar pembeli tertarik.

Jika anda menjual produk fisik, cantumkan juga foto produk yang berkualitas dalam banner anda. Anda dapat tone up dulu kualitasnya menggunakan software edit foto. Namun, yang terpenting gambar yang anda masukan itu real dan seperti aslinya.

4#. Perhatikan Space

Space merupakan hal yang penting dalam sebuah Desain. Jika anda membuat banner, perhatikanlah space. Berikan space pada setiap elemen dalam desain, misal pada headline. Hal ini pertujuan agar keterlihatan pesan yang ingin anda sampaikan tetap terlihat. Ini berhubungan dengan point of interest, yaitu titik ketertarikan utama dalam sebuah desain.

5#. Pemilihan Warna

Warna merupakan elemen penting. Perlu anda ketahui, para desainer profesional tidak sembarangan dalam memilih warna untuk sebuah banner. Mereka selalu berpatokan pada salah satu teori yang mereka pilih. Misal teori warna. Ada banyak sekali teori warna di dunia. Namun yang sering digunakan yaitu teori warna brewster. Anda bisa menggunakan teknik-teknik perpaduan warna seperti komplementer, analogus, split komplementer dan sebagainya. Untuk lebih lengkapnya anda bisa mencari referensi di internet.

6#. Logo atau Watermark

Logo merupakan hal penting. Namun ini tergantung anda. Anda boleh memasukan logo ataupun tidak. Namun, jika anda sudah memiliki brand alangkah baiknya untuk menambahkan logo pada setiap desain anda. Hal ini untuk memperkuat branding sekaligus melindungi hak cipta anda sebagai pembuat banner. Logo juga bisa menambah kepercayaan calon pembeli ketika melihat konten anda.

7#. CTA (Call to Action)

Jika banner anda bertujuan untuk mengajak calon pembeli untuk melakukan sesuatu, alangkah baiknya anda juga menyisipkan CTA pada desain anda. Ini tergantung tujuan awal anda membuat banner. Misal jika anda menaruh banner di story ig, anda bisa menambah CTA Swipe Up, Slide keatas dan sebagainya, atau jika anda menaruh banner pada postingan facebook, anda bisa menambah CTA Komentar dibawah, Klik Disini, Hubungi No Ini dan sebagainya.

Cara Desain Banner Online dengan Mudah

Jika Anda tidak bisa mengoperasikan software editor profesional seperti photoshop, AI atau Corel. Anda bisa mencoba website tool online khusus untuk membuat banner. Misalnya Canva.com atau Bannersnack.com. Anda bisa memulai dengan sign up terlebih dahulu.

Sekian artikel mengenaiĀ Tips Desain Banner Produk agar Menarik Perhatian Pembeli, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar dibawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here