Tips Membuat Postingan Instagram Viral & Menarik

0
133
Tips Membuat Postingan Instagram Viral & Menarik

Sosial media merupakan fasilitas yang memiliki pengaruh besar dalam mengembangkan sebuah bisnis. Salah satunya yaitu sosial media Instagram. Dengan postingan instagram yang menarik, pebisnis dapat menarik pelanggan yang sangat luas.

Instagram memiliki algoritma yang memudahkan penggunanya menampilkan postingan di urutan feed pertama. Algoritma ini bekerja sesuai ketertarikan atau minat dari pengguna.

Jadi, jika postingan foto atau video kita memiliki banyak like dan komentar, maka kemungkinan besar postingan kita akan muncul di halaman utama explore sehingga menjadi viral.

Lalu, bagaimana membuat postingan yang menarik sehingga bisa menjadi viral? simak tips-tips berikut ini…

1. Buat Konten yang Mengundang Perhatian

Anda dapat menunjukan identitas anda atau brand yang anda miliki hanya dengan sebuah text. Anda dapat menyampaikan pesan kepada audience anda dengan caption. Namun, agar postingan anda memiliki banyak interaksi tentu pesan yang anda sampaikan harus dibungkus dengan caption yang menjual, menarik serta menghibur sehingga memancing pengguna lain untuk ikut bertindak, misalnya berkomentar.

2. Kenali audience terlebih dahulu

Agar followers mau berinteraksi, maka kita harus terlebih dahulu mengenal audience. Kita harus tahu target yang kita sasar, tahu dimana mereka berada, berapa usianya, apa ketertarikan mereka dan sebagainya.

Misal kamu menarget anak muda, tentu konten dan postinganya pun harus sesuai dengan anak muda, misal menggunakan kata sapa bro, sis dsb..

3. Gunakan caption yang sesuai

Pertimbangkan untuk penggunaan caption singkat atau panjang. Anda harus mampu menyesuaikan konten dengan caption, apakah konten memerlukan caption yang singkat namun jelas atau konten memerlukan penjelasan panjang.

Jika foto atau video cukup mewakili pesan yang ingin anda sampaikan, maka anda tidak perlu menambah caption yang panjang sehingga membuat followers malas membaca.

Dan jika foto anda memerlukan penjelasan misal berita, maka sebaiknya cantumkan caption selengkap-lengkapnya agar followers anda tau informasi yang ingin anda sampaikan.

4. Masukan kata penting di awal caption

Untuk menarik minat followers, tempatkan kalimat pembuka penting di awal caption. Bisa berupa ajakan atau penjelasan.

Misal unik, lihat cara pemancing ini menggunakan kail. Atau jika produk, Tampil cantik dengan produk xxxx.

5. Edit dan Sunting

Jangan ragu untuk menuliskan kata yang ada di otak kalian. Tulislah terlebih dahulu kemudian edit sebelum mempostingnya. Hilangkan kata-kata yang kurang efektif dan ganti kata yang biasa aja dengan yang menarik.

6. Gunakan Hastag Relevan tapi tidak berlebihan

Saat ini, batas penggunakan hastag yaitu 30 hastag, dan faktanya, konten yang menggunakan hastag memiliki engagement lebih besar dari pada yang tidak menggunakanya. Jadi, agar konten viral, gunakanlah hastag-hastag populer yang relevan dengan foto atau video.

Agar lebih menarik, pisahkan caption dengan hastag, bisa menggunakan titik kemudian enter. Selain itu anda bisa menulis hastag pada komentar.

7. Gunakan Caption Pertanyaan

Agar mengundang komentar dari audience, anda dapat menggunakan caption berisi pertanyaan yang memiliki jawaban YA atau TIDAK.

Libatkan mereka dalam postingan yang anda buat, selain itu anda bisa menambahkan kata-kata lain misal menyuruh mereka tag teman di komentar, membagikan dan sebagainya.

Sekian artikel mengenaiĀ Tips Membuat Postingan Instagram Viral & Menarik, sebenarnya membuat konten viral di instagram kuncinya berada pada audience dan konten. Jika followers kita banyak dan kontenya sangat menarik, dipastikan konten tersebut berpotensi viral, namun jika konten menarik namun followers tidak banyak, maka potensi viral sangatlah sedikit. Jadi semua saling keterkaitan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.