Tips & Trik Digital Marketing Yang Efektif #2

Tips & Trik Digital Marketing Yang Efektif #2

Menjalankan bisnis dengan menggunakan strategi digital marketing agar mendapatkan omset dan profit yang tinggi tentu saja membutuhkan ketekunan dan fokus yang tinggi. Memilih teknik yang akan digunakan nantinya, menentukan strategi, bahkan sampai mengukur sebuah keberhasilan dengan indicator yang tepat dan akurat. Salah dalam mengambil langkah sedikit saja, bisa membuat bisnis kita menjadi rugi atau bahkan berantakan. Maka, apakah ada cara untuk membuat strategi bisnis kita, terutama dalam bagian digital marketingnya agar bisnis kita meningkat baik profit maupun omset ? Tentu saja ada, maka dari itu, akan kita jelaskan bersama-sama tips dan trik apa saja dalam digital marketing untuk meningkatkan omset dan profit bisnis kita.

  1. Konten

Tidak bisa dipungkiri bahwa konten adalah primadona dalam dunia digital marketing karena konten adalah inti dari digital marketing itu sendiri. Konten yang berkualitas dan efektif tentu saja harus di-publish atau di terbitkan pada waktu yang tepat sehingga akan mampu menyebar dengan sangat luas dan bisa meningkatkan kualitas sebuah merk atau brand. Sebagai contoh, sering sekali kita perhatikan halaman facebook teman-teman kita, mungkin akan lebih banyak berisi postingan share dari akun atau brand lain dibandingkan dengan postingan milik sang pengguna facebook itu sendiri. Mengapa? Karena hal tersebut sangat mudah dilakukan daripada membuat postingan berkualitas/viral sendiri, cukup dengan sekali klik tombol share atau bagikan, maka konten viral/berkualitas tersebut sudah ada di akun facebook kita.

  1. Omnichannel

Dalam digital marketing, hal yang paling sering kita dengar yaitu campaign atau kampanye sosial harus tersebar luas melalui banyak channel/omnichannel (sering kita sebut sebagai crosschannel). Hal itu memang benar adanya, tetapi sulit atau tidak mudah jika dilakukan. Brand atau pelaku bisnis dituntut agar menyesuiakan narasi kepada masing-masing channel supaya membaur dengan depat terhadap masing-masing platform. Mencari cara agar bisa menyeimbangkan pemakaian yang baik dan benar antara single dan omnichannel adalah hal yang paling utama agar brand kita dapat membidik audiens dengan tepat.

  1. Bayar Sesukanya

Metode pembayaran dari Marketplace populer (tokopedia, shopee, lazada, bukalapak, dll) pada tahun ini adalah primadona bagi transaksi digital. Karena pengguna pada zaman sekarang lebih menyukai cara transaksi yang mudah dan tidak berbelit-belit. Salah satu yang paling mudah pada saat ini tentu saja pembayaran via gerai suparmarket terdekat dan via COD (Cash on Delivery) dimana sang pengguna tinggal menunggu kurir untuk sampai kerumah dan bayar ditempat, tanpa harus keluar satu langkah pun dari rumah.

Kesimpulan

Dari 3 tips dan trik singkat diatas saja, kita bisa menyimpulkan bahwa strategi dalam digital marketing yang efektif itu mencakup banyak hal. Semoga dengan 3 tips tersebut dapat membuka wawasan kita tentang dunia digital marketing menjadi lebih luas dan lebih haus akan ilmu baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai, ada yang bisa kami bantu?