Trik Menghadapi Konsumen yang Membandingkan Harga

0
67

Bagi kita yang telah terjun ke dunia bisnis online, tentu kita sudah harus terbiasa menghadapi berbagai macam perilaku calon pembeli. Kadang kala, konsumen tidak mau menuruti kemauan kita dan setingkali prediksi kita meleset. Begitupun ketika kita menawarkan barang. Kadang kita menemukan pembeli yang menjengkelkan seperti membanding-bandingkan harga kita dengan kompetitor.

Belum lagi jika kita merupakan pemain bisnis online, tentu banyak sekali perang harga diluaran sana. Seringkali banyak barang yang dijual secara murah dan tidak masuk akal padahal barangnya satu jenis dengan barang yang kita jual. Disini kita harus pintar menghadapi konsumen yang selalu membandingkan harga agar kita tetap bisa menjual barang kepada mereka.

Sebenarnya hal ini sangat wajar dan manusiawi bahwa seorang pembeli selalu ingin harga termurah namun kualitas bagus, tapi masalahnya jika begini tentu kita sebagai penjual pasti tidak bisa mengambil keuntungan jika harga yang kita patok terlalu rendah. Lalu bagaimana cara menghadapinya? simak artikel berikut ini…

Trik Menghadapi Konsumen yang Membandingkan Harga

1# Hadapi dengan Kepala Dingin

Hal pertama jika menghadapi konsumen seperti ini yaitu berfikirlah dengan kepala dingin. Anda harus tetap terang dan tidak mudah terprovokasi dengan langsung meng”iya”kan tawaran mereka. Berfikirlah bahwa mungkin konsumen ingin memastikan bahwa ia ingin mendapat harga termurah.

Ketika anda ingin menurunkan harga, anda harus memikirkan terlebih dahulu untung ruginya dan peluang apakah konsumen akan jadi membeli atau tidak. Jika harga sudah net dan mentok, tahan harga jangan sampai anda rugi walaupun barang tidak laku-laku.
Beritahu konsumen secara lembut dan sabar dan katakan dengan jujur bahwa harga tersebut sudah pas dan itu merupakan harga terbaik yang bisa didapatkan konsumen.

2# Survei Harga

Jika konsumen mengatakan harga anda mahal, coba cek dan pastikan. Anda dapat melihat langsung toko kompetitor apakah lebih murah? Jika ya apakah perbandinganya jauh?
Jika harganya memang kemahalan, anda dapat melakukan evaluasi harga agar anda dapat menentukan harga terbaik.
Namun, jangan sekali-kali menurunkan harga dengan mendadak, ingat poin pertama. Gunakan kepala yang dingin dan jangan terbawa emosi oleh konsumen. Boleh jadi pembeli hanya melihat-lihat dan mengecek harga, tidak berniat membeli.

3# Pelajari Gerak Gerik Konsumen

Seperti yang kita tahu, budaya menawar dinegara kita seperti sudah menjadi kebiasaan. Jadi kenali calon konsumen, jika konsumen terlihat seperti orang yang memang butuh, tidak ada salahnya kita langsung memberikan harga terbaik untuknya.
Jika anda melihat konsumen yang hanya bertanya-tanya dan menawar, berikanlah harga sedikit tinggi untuk ditawar. Setelah berdiskusi baru berikan harga yang pas. Dengan begitu anda tetap mendapatkan keuntungan yang pas.

4# Percaya Diri dengan Harga yang telah Dipatok

Ketika anda telah memberikan harga kepada konsumen, percaya dirilah. Jangan memperlihatkan keraguan dan ketergesa-gesaan. Hal ini bertujuan agar konsumen yakin dan tidak merasa dicurangi.

Jika anda tidak percaya diri, konsumen bisa saja menganggap harga yang anda tawarkan itu kemahalan. Jadi pecaya dirilah dan teguh pada pendirian anda. Jangan biarkan konsumen yang menyetir ketika sedang bernegosiasi.

5. Keluarkan Jurus Andalan Ini

Jika ada yan bilang kenapa produk anda mahal? jawabanya simple, yaitu Ada Harga Ada Kualitas. Jadi alasan yang paling tepat untuk menyanggah konsumen anda yaitu dengan kualitas barang.

Pastikan produk yang Anda jual itu memang berkualitas dan sesuai dengan harga yang ditawarkan. Sampaikan secara halus ke konsumen bahwa barang yang anda jual memang cocok dihargai segitu karena kita memang menjual barang dengan kualitas yang baik.

Jika ada pembanding, bandingkan lah dengan produk lain, tunjukan kepada konsumen bahwa memang benar harga yang anda tawarkan itu sesuai.

Jangan biarkan konsumen lari begitu saja ketika anda sudah menyebutkan harga, kasih penjelasan dan alasan mengapa harga produk anda lebih mahal.

Mungkin sekian artikel mengenai cara mengadapi konsumen yang membandingkan harga. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar dibawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here