2 Pokok Utama Teknik Closing

2 Pokok Utama Teknik Closing

Dalam teknik closing, dari berbagai teknik dan metode yang telah dijelaskan di artikel – artikel sebelumnya. Ada 2 pokok utama yang harus dijadikan landasan agar kita bisa closing secara efisien.

  1. Membangun Kepercayaan / Building Trust

Syarat yang paling utama dalam sebuah closing yang sukses adalah dengan terbangunnya sebuah kepercayaan dari calon konsumen kepada kita sehingga calon konsumen tersebut yakin dan tidak ragu lagi terhadap produk yang kita jual. Dalam membangun sebuah kepercayaan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu :

a. Latar Belakang Seseorang

Pada umumnya, banyak orang yang melihat dahulu siapa dan apa yang dibawa oleh seseorang sebelum menentukan sikap dan reaksi terhadap orang tersebut. Itu lah sebabnya, sebelum melakukan closing, kita harus memperhatikan penampilan kita baik itu penampilan diri, toko, atau pun produk yang akan dijual. Jangan sampai apa yang ditampilkan terhadap calon konsumen tersebut kita presentasikan secara asal – asalan saja. Sudah dapat dipastikan bahwa presentase closing akan turun secara drastis.

b. Kemiripan / Keakraban

Untuk membangun sebuah kepercayaan, sebuah strategi yang paling sering digunakan adalah strategi kemiripan atau keakraban. Contohnya, apabila kita dan calon konsumen berasal dari daerah yang sama, ada teman yang kenal satu sama lain, atau pun komunitas yang sama, dll.

c. Kongruen

Dalam membangun sebuah kepercayaan pasti dibutuhkan namanya kongruen atau kita sebut sebagai ekspresi kata – kata, bahasa tubuh dan intonasi yang sesuai, sehingga orang percaya. Jika percakapan terjadi melalui media online atau chatting, maka yang harus diperhatikan adalah pemilihan kata yang sesuai. Jangan sampai kita menggunakan kata yang disingkat – singkat, menggunakan bahasa daerah atau lokal karena tidak semua konsumen kita berasal dari daerah yang sama. Dan satu hal yang paling fatal adalah jangan sampai kita menggunakan kata – kata alay yang berlebihan sehingga membuat konsumen kita merasa risih dan terganggu dengan bahasa yang kita gunakan. Dapat dipastikan bahwa calon konsumen kita akan kabur dan proses closing pun tidak akan terjadi. Maka dari itu, gunakanlah bahasa Indonesia dengan penggunaan kata yang baik dan benar.

  1. Memberikan Solusi atas Masalah atau Kebutuhan Calon Konsumen (Hot Buttonnya)

Sebelum melakukan closing, akan sangat membantu bila kita bisa mengetahui apa faktor motivasi utama (FMU) calon konsumen kita. Agar kita dapat mengetahui faktor motivasi utama (FMU) calon konsumen kita tersebut, kita jangan sampai mengira – ngira, kerena pasti setiap orang mempunyai prioritas dan kebutuhan yang berbeda – beda.

Dari dua konsep mindset diatas, dapat kita simpulkan bahwa ternyata dalam teknik closing ada hal –hal yang harus kita perhatikan saat proses transaksi dengan calon konsumen. Semakin kita mengerti apa yang di inginkan oleh mereka, maka semakin besar pula presentase closing yang akan kita dapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *