4 Alasan Kenapa Harus Jualan dan Tidak Jualan di Marketplace

0
256

Di era modern ini, sistem berjualan kini telah berkembang dengan cepat. Dulu kita berjualan mungkin hanya di toko fisik atau offline, dengan teknologi yang semakin pesat semenjak ada internet, kini kita bisa berjualan online lewat marketplace.

Nah dalam berjualan online terutama di marketplace, tentu ada positif dan negatifnya, nah diartikel kali ini, mimin akan share Alasan mengapa kita harus berjualan di marketplace dan Kenapa Tidak jualan di Marketplace.

Berikut Artikel Lengkapnya…

2 Alasan Kenapa Harus Jualan dan 2 Alasan Kenapa Harus Tidak Jualan di Marketplace

 

ALASAN HARUS JUALAN

#1. Pertama, saya akan membahas alasan kenapa Anda harus jualan di marketplace. Alasan pertama, jualan di marketplace itu ibarat orang yang jualan di pasar atau di mall. Orang datang ke pasar atau ke mall tujuannya memang ingin cari barang yang akan dibeli. Begitu pula orang yang masuk marketplace tentu tujuannya mau beli suatu barang seperti halnya ke pasar. Mungkin ada pula yang buka marketplace untuk lihat-lihat produk dan jika tertarik akan beli seperti halnya saat orang datang ke mall. Jadi lebih mudah mendapatkan calon pembeli di marketplace.

#2. Alasan kedua, jualan di marketplace itu adalah solusi bagi Anda yang ingin berjualan dengan mudah dan biaya yang tergolong cukup terjangkau. Bagaimana tidak? Coba Anda bayangkan apabila Anda mengelola website pribadi maka Anda butuh biaya membuat website yang tidak murah dan juga Anda harus membayar biaya tahunan atau bahkan bulanan untuk website Anda. Dan Anda harus menggiring pelanggan dengan berbagai cara pemasaran. Entah itu pakai cara gratisan yang memerlukan banyak waktu ataupun memakai iklan berbayar yang relatif mahal biayanya. Namun jika Anda jualan di marketplace, Anda hanya perlu upload produk tanpa harus pusing memikirkan biaya perawatan website. Dan jika Anda beriklan di marketplace, maka biaya iklannya akan relatif lebih murah.

ALASAN TIDAK BERJUALAN

#3. Alasan Ketiga, apabila kita dapat orderan maka uang pembayaran dari pembeli akan ditahan terlebih dahulu oleh sistem marketplace. Uang akan diteruskan ke kita setelah barang diterima oleh pembeli dan pembeli melakukan konfirmasi paket diterima. Tapi bagaimana jika pembeli tidak mau konfirmasi penerimaan barang? Biasanya sistem marketplace akan otomatis meneruskan uang pembayaran ke penjual setelah beberapa waktu barang diterima oleh pembeli dengan pembuktian dari nomor resi pengiriman. Walaupun begitu tetap saja memerlukan beberapa hari hingga sistem otomatis meneruskan dana ke penjual.

#4. Alasan Keempat, penjual harus taat kepada aturan yang telah dibuat oleh marketplace tersebut. Apabila kita tidak taat maka kita akan mendapatkan konsekuensi dengan penindakan pembatasan akun ataupun sampai penghapusan akun. Untuk penghapusan akun ini sangat merugikan bagi penjual yang sudah memiliki banyak reputasi yang baik. Memang sih kita bisa bikin akun baru. Namun reputasi yang telah didapatkan dari toko lama tidak akan kembali lagi. Rugi bukan?

Sudah terbayangkan kenapa kita harus dan tidak harus untuk jualan di marketplace? Jadi untuk keputusannya ada di tangan Anda sendiri. Apakah mau jualan di marketplace ataupun tidak. Sekian sharing dari saya. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa share yaa…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.