6 Macam Teknik Closing

6 Macam Teknik Closing

20% orang beli karena LOGIKA, dan 80% orang beli karena EMOSI. Fakta tersebut akan kita jadikan sebagai pacuan dalam membahas macam-macam teknik closing dibawah ini. Apa saja teknik closing yang dapat meningkatkan penjualan?

  1. Memberikan Testimoni yang Meyakinkan

Masyarakat pada umumnya akan percaya pada suatu hal jika hal tersebut ada buktinya. Tanpa adanya bukti, pasti kita akan sulit meyakinkan orang – orang untuk membeli produk kita. Dalam proses jual beli, bukti yang paling bagus sudah dipastikan adalah testimoni dan rekomendasi dari orang yang sudah membeli dan merasakan manfaat dari produk kita.

  1. Memberikan Banyak Keuntungan

Hal apa saja yang konsumen dapatkan setelah mereka membeli produk dari kita? Manfaat, keuntungan, kemudahan, atau bahkan kerugian. Sudah dapat dipastikan bahwa setiap konsumen yang membeli sebuah produk, ingin mendapatkan manfaat dan atau kemudahan dari produk yang mereka beli. Maka dari itu, kita harus pintar – pintar dalam menawarkan manfaat, kemudahan, dan keuntungan apa saja yang akan konsumen dapatkan jika mereka membeli produk dari kita.

  1. 3 Keuntungan Dalam 1 Penawaran

Bahasa kerennya adalah teknik 3 in 1. Dengan memberikan 3 keuntungan sekaligus di dalam sebuah penawaran, biasanya calon konsumen akan menyukai produk yang akan kita tawarkan tersebut.

  1. Now or Never

Teknik Now or Never ini termasuk dalam teknik penawaran terbatas yang sudah dijelaskan dalam artikel sebelumnya. Teknik ini secara tidak langsung memaksa calon konsumen untuk melakukan transaksi pembelian pada saat itu juga dan bisa menghilangkan kebiasaan calon konsumen dalam menunda pembelian.

  1. Harga Coret

Teknik harga coret ini sebenarnya adalah teknik yang sudah lama dipakai sebelum adanya internet, bisa dibilang teknik ini adalah teknik jadul. Tapi meskipun teknik ini adalah teknik jadul, keampuhan teknik ini tak perlu ditanyakan lagi. Sampai saat ini pun, teknik harga coret terbukti masih menjadi teknik pilihan para penjual dalam membandrol harga. Jika dibandingkan dengan membandrol harga dengan angka biasa, harga coret justru terlihat lebih menarik dan emosional di mata konsumen. Apalagi jika perbedaan harga coret dan harga asli terpaut cukup jauh, sudah dapat dipastikan calon konsumen akan rebutan untuk membelinya.

  1. Berikan Pujian

Sudah menjadi sifat dasar manusia bahwa kita cenderung suka jika kita diberi pujian oleh orang lain. Sifat dasar ini lah yang akan kita gunakan untuk mempercepat terjadinya proses closing. Ketika ada calon konsumen bertanya kepada kita, kita bisa menyelingi pembicaraan tersebut dengan hal-hal yang berbau pujian. Katakan bahwa kita kagum, terkesan dan berterima kasih kepada calon konsumen tersebut.

Nah, itu lah 6 teknik closing dari sekian banyaknya teknik closing yang ada di dunia maya. Apabila kita dapat menerapkan salah satu saja teknik closing yang tepat pada momen yang tepat, maka dapat dipastikan bahwa proses penjualan kita dapat berakhir dengan closing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai, ada yang bisa kami bantu?