Setelah kemarin membahas pengertian dan istilah-istilah facebook ads bagian pertama. Kali ini mimin akan membahas lanjutanya yaitu Istilah Facebook Ads yang Sering Dipakai Bagian 2.
Istilah-istilah yang akan dibahas kali ini merupakan singkatan-singkatan yang sering dipakai oleh para digital marketer facebook.
Jadi, jika anda suka membaca tutorial facebook ads, ikutan mentoring / kelas facebook mungkin materi ini sangat berguna bagi Anda.
Istilah Facebook Ads yang Sering Dipakai #2
- Objective Iklan
Sebenarnya dibagian ini banyak sekali istilah, cuma yang populer ada beberapa disini, jika ada yang kurang silakan googling saja. Mari Kita mulai…
>> Objective Iklan
1. PPE adalah istilah untuk iklan type postingan, atau page post enggagment, jadi anda bisa iklan enggagment di ads manager atau anda bisa klik promosikan postingan anda di fanspage.
2. VV adalah type iklan Video View ini juga masuk kategori enggagment, tetapi fokusnya ke optimasi video.
3. Trafik/ CTW (Click to Website) atau bisa diartikan trafik keluar dari facebook, yang dioptimasi adalah bagaimana caranya agar banyak pengunjung ke web kita, itu tujuan dari iklan ctw, nah tugas web kitalah yang mengubah yang berkunjung jadi pembeli alias offering di web harus menggoda orang agar beli.
4. Conversion adalah istilah untuk type iklan tindakan… jadi kita bayar ke Facebook per tindakan, tindakan add to cart, tindakan purchase, tindakan yang kita inginkan sesuai event di facebook.
5. Reach adalah iklan untuk memaksimalkan impresi atau keterlihatan iklan kita, iklan ini akan memaksimalkan untuk menjangkau orang sebanyak-banyakanya… makanya Rp. 1 per reach itu ada, dan nyata… jadi kalau mau iklan Rp. 1 atau 1 rupiah yaa iklan reach ini, murahhh… cm hasilnya harus anda uji. Untuk branding cukup bagusss.. budget 100rb jika Rp. 1 bisa menjangkau 100.000 orang… mereka belum tentu klik, interaksi, like, komen dll hanya reach saja… coba saja jika penasaran.
>>Media Iklan
1. Canvas adalah bentuk iklan Fullscreen terbaru yang sekarang banyak digunakan, jika pengibaratan, canvas itu ibarat website/ landingpage tetapi adanya di Facebook… seperti tidak ada loading, dan full screen di layar hape… canvas hanya bisa dilihat di mobile app facebook saja saat ini.
2. Carosel adalah bentuk iklan berupa foto-foto yang berjajar kesamping… setiap foto bisa beda2 kata2, beda link dan headline… kita bisa membuat cerita di carosel.
>>Perhitungan Iklan
1. CPM (Cost per Mille) jadi pola bayar ke Facebook per 1000 impresi, jadi bukan per interaksi, atau perlike tapi per 1000 impresi/ reach.
2. CPC (Cost per Click) biaya yang dibayarkan setiap klik iklan kita ke facebook.
3. CTR (Click-Through-Rate) secara keseluruhan adalah perbandingan impresi (yang lihat) dengan yang klik, jadi seberapa persen orang klik dibanding orang yang melihat.
4. RS (Relevance score) adalah skor relevansi antara iklan kita dengan audience, biasa bisa dilihat di ads… menggambarkan cocok tidaknya iklan kita dengan audience, atau diminati tidak… angkanya 1-10, 10 adalah nilai tertinggi, dan minimal jika iklan ingin bagus harus diangka 7… paling jelek 6, jgn dibawah ini.
Sekian artikel mengenai istilah yang sering digunakan dalam facebook ads. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar dibawah.