Memahami Struktur Landingpage yang Baik

Memahami Struktur Landingpage yang Baik

9 Anatomi Yang Membuat landing page Anda Punya Konversi Tinggi, bagus dan menarik

Untuk menghasilkankonversi yang tinggi, bagus dengan tampilan yang menarik pada sebuah landing page, maka anda perlu mengenal anatomi dan struktur yang ada dalam suatu landing page.

Berikut ini 9 anatomi landing page yang diantaranya :

  1. Headline

Ketika anda membaca koran  anda pasti melihat ada tulisan besar di sebuah koran, anda tertarik kemudian anda membeli koran tersebut. Tulisan yang membuat anda memutuskan untuk membeli itu adalan headline. Headline adalah serangkaian kata yang mampu menarik perhatian seseorang serta mampu mewakili seluruh isi konten. Sehingga di dalam landing page  peran headline sangatlah penting.

Syarat headline di dalam landing page ada dua yaitu ringkas dan jelas tidak bertele-tele, sehingga orang yang membacanya langsung mengerti apa yang di maksud dan langsung action untuk menanggapi apa yang anda tawarkan di landing page.

  1. Gambar/vidio

Vidio/gambar dapat mewakili seribu kata. Dan ini juga berlaku untuk landing page anda mengutip dari blog wishpon, setidaknya ada 10 alasan konten visual akan mendominasi di tahun 2014 dan tahun tahun setelahnya diantaranya :

  • Vidio pada landing page

Meningkatkan rata-rata conversion rate sebesar 86%

  • Perusahaan yang menggunakan infografis untuk pemasaran yang menggunakan infografis untuk pemasaran mereka, mengalami lonjakan traffic sebesar 12% banyak daripada yang tidak menggunakaninfografis
  • Posting atau artikel dengan visual menerima kunjungan dan engagement 94%lebih banyak dari pada yang tidak menggunakan visual pada posting atau artikel mereka
  • 67% konsumen lebih memilih gambar produk yang disajikan secara detil,daripada informasi produk atau rating pelanggan
  1. Manfaat

Untuk menghasilkan konversi yang tinggi, anda harus menambahkan daftar manfaat yang akan di terima oleh pembaca landing page anda apabila mereka membeli produk/jasa anda.

  1. Call to Action/ CTA

Anda sudah menerapkan 3 hal di atas di landing page, namun itu semua tidak ada artinya bila tidak menggunakan Call to Action/ CTA. CTA adalah sebuah perintah untuk pengunjung landing page Anda. Semisal Pelajari Selengkapnya, Daftar Sekarang, Ambil Ebooknya, dll. Umumnya CTA ini berupa link dengan format tebal, atau menggunakan tombol. Syarat dari CTA ini haruslah berbeda (bentuk dan warnanya) dengan warna dominan di landing page. Harus menarik perhatian pengunjung landing page Anda.

  1. Page Fold/ Halaman Lipat/ Batas Layar Monitor

Di dalam landing page, page fold adalah satu hal yang sering diabaikan oleh pembuat landing page, terutama yang masih pemula. Page fold adalah pembatas landing page Anda di layar monitor sebelum di scroll. Page fold ada 2 yaitu above the fold dan below the fold. Above the fold adalah bagian yang berada di atas garis lipatan, sedangkan below the fold adalah halaman di bawah garis lipatan. Agak susah kami menjelaskan tentang page fold ini, untuk itu supaya lebih mudah dalam membahami page fold ini, Anda bisa melihat gambar di bawah ini :Kenapa page fold ini penting di landing page? Karena berdasarkan penelitan, orang atau pengunjung landing page mengabiskan 80% waktu mereka di bagian above the fold atau bagian atas page fold. Sehingga alangkah baiknya bila area above the fold ini di isi dengan sesuatu yang langsung mendatangkan konversi seperti headline dan CTA.

  1. Link Navigasi

Untuk website yang berupa blog maupun news magazine, keberadaan link navigasi sangat penting. Tetapi untuk landing page lain cerita. Di dalam landing page, usahakan maksimal tiga link navigasi, atau jika perlu tidak usah pasang sekalian. Mengapa? Karena orang-orang yang datang ke landing page, adalah orang yang tertarget. Dengan adanya banyak link navigasi malah akan menbuat mereka tidak fokus terhadap apa yang Anda tawarkan. Terlebih, link navigasi ada di bagian above the fold yang mana pengunjung akan menghabiskan 80% waktu mereka di sana.

Anda sudah tahu alasan kenapa di landing page sedikit link navigasinya, bahkan tidak ada. Selain itu Anda juga seudah melihat contoh landing page dan umumnya mereka tidak menggunakan link navigasi. Dan sekarang giliran Anda untuk mengurangi link navigasi bila jumlahnya lebih dari 3.

  1. Deskripsi

Pada bagian ini merupakan fokus dari apa yang Anda jual. Kalau Anda jualan produk/ jasa silakan jelaskan secara detil, singkat dan jelas mengenai produk Anda. Apa kelebihan dan apa kekuranganya serta apa keunggulan produk Anda dibandingkan dengan produk kompetitor. Jelaskan semuanya di sini. Namun jangan lupa, sertakan juga foto/ gambar yang relevan degan yang Anda juga.

  1. Testimoni

Cara yang bagus untuk meningkatkan rasio konversi Anda adalah memperlambat apa yang dipikirkan orang lain tentang perusahaan Anda. Dan testimoni adalah cara yang tepat untuk melakukannya. Karena dengan testimoni yang mengena membuat orang yang membacanya jadi tergerak untuk membeli produk atau jasa Anda.Untuk penempatan testimoni di landing page sebaiknya menggunakan gambar/ foto orang yang memberikan testimoni. Dan yang paling penting, jangan merekayasa testimoni. Karena ini akan fatal akibatnya, yaitu membohongi publik. Namun apabila testimoni yang Anda gunakan adalah asli dari pengalaman dan kesan para pembeli produk / jasa Anda, maka itu akan menjadi senjata untuk benar-benar meningkatkan konversi. Sekarang calon pembeli sudah cerdas. Mereka mampu membedakan mana testimoni yang asli, dan mana testimoni yang direkayasa.

  1. Trust Elements

Trust elemets bisa mempengarungi konversi. Mungkin di Indonesia hal – hal seperti itu sangat sedikit yang peduli. Tetapi diluar negeri hal tersebut sangat penting. Diluar negeri, data personal adalah asset, sehingga apabila menyerahkannya kepada pihak lain mereka sangat hati-hati. Harus ada jaminan aman sekaligus tidak disalahgunakan,dan trust elements inilah sebagai jaminannya. Di Indonesia yang menggunakan trust elements seperti ini kebanyakan adalah perusahaan besar. Silakan Anda buka Tokopedia, Bukalapak, Zalora, Lazada, dll. Lalu langsung menuju ke bagian paling bawah dan di sana Anda akan menemukan trust elements ini. Ada cara meningkatkan kepercayaan pelanggan dan meningkatkan konversi yang bisa Anda lakukan sekarang. Yaitu menggunakan sertifikat SSL. Harganya mulai dari Rp. 100 ribu an per tahun.

Itulah 9 anatomi yang membuat landing page Anda punya konversi tinggi, bagus dan menarik. Hanya dengan mempraktekkannya Anda bisa mendapatkan konversi yang lebih tinggi dalam bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *