Mindset : Menjadi Kreatif dalam Dunia Bisnis

Mindset : Menjadi Kreatif dalam Dunia Bisnis

Apa yang anda pikirkan ketika mendengar kata kreatif? Sulit? Tidak mungkin anda lakukan? Ataukah ada hal kreatif lain yang muncul dalam benak anda ketika memikirkan kata kreatif itu sendiri? Seringkali, kita berpikir bahwa menjadi kreatif adalah hal yang tidak mudah apalagi kreatif dalam dunia bisnis.

Hmm.., mungkin begitu. Tapi terkadang kita tidak menjadi kreatif karena kita tidak mau mencoba. Kreativitas mutlak dibutuhkan dalam aktivitas apapun, di bidang apapun. Terbukti dengan banyaknya hal-hal yang diasosiasikan dengan kata kreatif. Dari mulai produk, cara, hingga quote kreatif pun banyak dicari orang-orang.

Begitu pula halnya dalam aktivitas bisnis. Saat ini ada banyak bisnis dengan produk kreatif yang bermunculan seiring mudahnya akses informasi melalui internet. Bahkan pemerintah kita pun sampai membuat Badan Ekonomi Kreatif yang biasa disebut Bekraf untuk mewadahi kreativitas-kreativitas rakyatnya.

Dalam bisnis, kreativitas terlihat utamanya pada produk, ataupun teknis promosi yang dilakukan. Produk secara tersendiri memiliki berbagai sisi kreatif. Seperti halnya di dunia bisnis jasa, produk yang ada sangat banyak ragamnya, pun tak pernah terpikirkan di era sebelumnya.

Saat ini kita mengenal ojek online, jasa angkutan yang bahkan perusahaannya tidak memiliki kendaraan untuk memproduksi jasanya, tetapi mampu meraup keuntungan yang begitu besar. Ataupun profesi lain seperti perencana keuangan independen, orang yang bekerja untuk memberikan nasihat-nasihat, saran, juga mengelola keuangan keluarga yang menjadi kliennya.

Padahal jika kita pikirkan dulu, mana ada keluarga yang mau dibongkar “dapur” keuangannya oleh orang lain di luar keluarga mereka. Tetapi kini mereka ada dan nyata di sekitar kita.

Jadi apakah untuk terjun ke dunia bisnis harus menjadi seorang yang kreatif terlebih dahulu? Apakah orang yang tidak kreatif dilarang ambil andil dalam dunia bisnis? Apakah kita perlu mengikuti training kreativitas tertentu dulu sebelum memulai bisnis? Rasanya tidak juga. Anda tidak perlu bersusah payah sedemikian rupa untuk menjadi pebisnis yang kreatif.

Mas Wadit alias Wahyu Aditya, penulis buku Sila ke-6 : Kreatif Sampai Mati mengatakan bahwa untuk menjadi kreatif itu hanya perlu berpikir berbeda dari yang lain. Menariknya, yang dimaksud berbeda disini tidaklah mesti berpikir out of the box, yang mana frase tersebut pernah popular beberapa waktu kebelakang ini. Bayangkan, jika Anda berpikir out of the box, begitu pula 200juta rakyat Indonesia pun melakukan hal yang sama, apakah Anda masih menjadi orang kreatif? Atau malah semua orang yang berpikir out of the box lantas menjadi orang yang kreatif? Tentu saja tidak. Kreatif dalam situasi tersebut adalah justru dengan berpikir in the box. Tetapi kreatif bukan berarti hanya sekedar menjadi berbeda. Karena tentu apa pentingnya berbeda jika tidak ada nilai lebihnya.

Ippho Santosa, dalam bukunya Marketing is Bullshit mengungkapkan bahwa kreativitas bukan semata-mata soal menguras ide, tetapi juga soal berburu solusi, membalikkan cara pandang, menggebrak perubahan, atau aktivitas sejenis. Kuncinya adalah pada solusi, cara pandang, gebrakan, dan kata-kata lain yang memiliki makna sama, yakni perubahan.

Dalam dunia bisnis, dikenal istilah ATM. Amati-Tiru-Modifikasi, anda bisa mendapatkan sebuah produk yang berbeda hanya dengan memodifikasinya. Anda pun tidak akan dikatakan sebagai plagiator, karena anda melakukan modifikasi. Seperti halnya Uber, Go-Jek, atau Grab yang merubah pola transportasi konvensional menjadi transportasi yang berbasis aplikasi online.

Steve Jobs pun melakukan hal yang sama, dimana ia memanfaatkan ide Xerox yang akhirnya terciptalah Macintosh. Begitu pula ide Steve Jobs yang dioptimalkan Bill Gates hingga tercipta Windows. Mungkin melakukan modifikasi tersebut tidaklah mudah, tapi lebih mudah melakukan modifikasi daripada harus menemukan ide yang benar-benar murni belum pernah ada sebelumnya.

Anda hanya perlu memandang sesuatu dari sudut yang berbeda, dari luar sudut, atau bahkan tanpa sudut sama sekali, sesederhana itu. Sekali lagi, sesederhana itu untuk menjadi kreatif dan menemukan ide bisnis yang kreatif.

Nah semoga artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi Anda, Jangan lupa share ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *