Salah satu tujuan utama dalam berbisnis adalah supaya barang laku terjual. Karena jika barang sudah laku terjual dan mendapatkan keuntungan, maka bisnis akan lebih cepat berkembang. Bukan begitu ?
Semua pebisnis pun saya rasa menginginkan hal yang sama, Yaitu mendapatkan keuntungan. Tapi apakah semuanya berhasil ? Tidak. Karena ada sebagian kecil yang merasa bahwa mereka memulia bisnis hanya menghabiskan uang untuk iklan dan promosi. Tetapi tidak mendapatkan hasil apapun dari promosi yang dijalankannya. Pertanyaannya, apakah iklan atau promo yang dijalankan tepat ke target market ? Kalau tepat, mana mungkin tidak ada penjualan.
Berbisnis itu bukan hanya soal anda menjual terus berfikir laku, tanpa anda memikirkan apakah market akan menerima produk anda. Sebagai pebisnis anda juga harus memposisikan sebagi market, supaya anda tau apa sebenarnya yang market butuhkan dari produk anda. So, menentukan market sebelum memulai bisnis itu penting ? Ya, sangat penting. Karena apa ? saya akan jelaskan 4 keuntungan yang akan didapat bila anda menentukan target market terlebih dahulu.
- TEPAT SASARAN
Pernahkah anda memancing ikan ? atau anda pernah melihat orang memancing ikan ? Apakah umpan yang diberikan untuk memancing itu harus selalu sama ? Tidak bukan ? anda harus menyesuaikan umpan untuk mendapatkan ikan yang anda inginkan.
Lalu, apa hubungannya dengan bisnis ? ilustrasi tadi itu menggambarkan, bahwa dengan anda menentukan target market maka iklan atau promo yang anda jalankan akan lebih tertuju ke market yang tepat. Jika target market tepat, maka dampak positif yang akan anda dapat adalah keuntungan yang pasti. Dibanding bila anda harus beriklan ke market yang anda belum tentukan. Sampai sini, paham maksud saya ?
- ANDA LEBIH FOKUS DAN PRODUKTIF
Ketika anda sudah menentukan dan memiliki target market, efisiensi dan efektifitas dalam berbisnis pun akan meningkat. Karena banyak dari pebisnis yang baru memulai usahanya dan membuang waktu yang tidak sepadan dengan hasil yang didapat, penyebabnya adalah karena mereka kurang produktif.
Menentukan target market itu, berarti anda harus mengetahui betul siapa pembeli produk anda. Baik dari segi jenis kelamin, usia, lokasi, ataupun pekerjaannya. Anda harus berfikir, apa yang mereka butuhkan ? apa yang mereka inginkan ? Bagaimana anda dapat menjangkau market untuk menjual produk anda ? Bahkan anda harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memasarkan produk kepada target market anda.
Dengan hal itu, anda tidak perlu lagi menduga dan membuang buang waktu untuk memikirkan hal yang tidak pasti. Seperti, apakah iklan produk anda sesuai dengan target market ? ataukah perlu diubah ? Hal ini tentu sangat penting, karena efektifitas dan efisiensi sangat dibutuhkan dalam berbisnis.
- MEMPERMUDAH PEMBUATAN KONTEN MARKETING
Tidak dapat dipungkiri, bahwa membuat konten marketing itu bukan hal yang mudah. Mungkin anda juga merasakan hal yang sama. Karena apa ? Ya, karena anda belum punya target market yang tepat. Anda belum tau, apa kebutuhan mereka, dan produk seperti apa yang mereka inginkan.
Untuk menentukan itu semua, anda harus memberi waktu kepada diri sendiri untuk memposisikan diri anda sebagai pembeli. Biasanya dengan cara ini anda akan lebih mengetahui keinginan mereka. Dan anda akan lebih mudah untuk membuat ide – ide kreatif yang menunjang promosi atau iklan produk anda.
Misalkan target market anda seorang yang gemar makan, maka anda dapat membuat konten promosi tentang kuliner dari segi rasa, harga, atau bahkan anda bisa merekomendasikan tempat yang menurut anda layak mereka datangi.
- PELUANG PENJUALAN LEBIH BESAR
Sebelum anda menentukan siapa target market anda, maka kemungkinan penjualan yang akan anda dapatkan akan lebih kecil. Hal ini akan berbeda jika anda sudah menentukan siapa target market anda. Karena target market anda adalah yang benar – benar membutuhkan produk yang anda jual.
Dari segi konten marketing pun akan menghasilkan interaksi yang aktif, dan akan membuat brand image dipikiran mereka. Mereka akan berfikir bahwa produk anda hadir dan ada saat ini adalah untuk mereka, jadi produk anda akan mendapatkan penjualan yang lebih besar jika target market anda sudah ditentukan.
Simpulannya adalah, target market merupakan asset terbesar penunjang berkembangnya bisnis anda. Jadi, dapatkan target market yang sesuai dengan produk yang anda jual. Semakin tertarget, semakin besar pula penjualan yang akan terjadi.