Pentingnya Digital Marketing bagi Perusahaan dan UMKM

Pentingnya Digital Marketing bagi Perusahaan dan UMKM

Pemasaran produk dengan cara digital akhir-akhir ini menjadi isu yang ramai diperbincangkan. Kini semua usaha baik UMKM maupun usaha skala besar menggunakan digital marketing untuk memasarkan produknya. Dengan digital marketing pangsa pasar bisa diperluas dan dari daerah manapun calon konsumen berasal, semua bisa dijangkau dengan mudah.

Semua ini, disadari atau tidak merupakan imbas dari mudahnya mengakses internet. Ketika melakukan pemasaran dengan digital marketing, berbagai platform media sosial bisa digunakan seperti facebook, twitter, dan instagram. Bukan itu saja, untuk memasarkan sebuah produk, situs pribadipun bisa digunakan. Atau jika ingin praktis, saat ini sudah terdapat situs-situs marketplace.

Strategi digital marketing yang diterapkan memberi banyak keuntungan. Dengan digital marketing biaya promosi bisa ditekan serendah-rendahnya. Lantas manfaat digital marketing itu apa saja sich ? Simak penjelasannya berikut ini :

Digital Marketing Berflatform Online, Interaksi Lebih Mudah

Di masa lalu, untuk mendapatkan informasi produk/layanan, orang harus mencarinya melalui koran, brosur, dan media lainnya. Selain itu, juga dengan secara langsung datang ke tempat-tempat di mana sumber informasi itu berasal. Kini dengan media online, informasi bisa didapatkan oleh siapapun dengan begitu mudah.

Bukan hanya itu, tidak ada keharusan untuk secara langsung mendatangi konsumen oleh para pemilik usaha. Satu hal untuk dilakukan cukup dengan mengoptimasi akun media sosial yang dimiliki mulai dari facebook, instagram, twitter, dan lain-lain.

Konversi Penjualan Meningkat

Kendati target market lokasinya ada di luar daerah, calon konsumen bisa dijangkau ketika kita melakukan promosi produk melalui berbagai media digital yang ada. Contoh kasusnya, saat ini produk jenis apapun informasinya bisa didapatkan melalui google, salah satu mesin pencari yang sudah begitu familiar dengan kita. Ketika produk anda dicari oleh konsumen, google akan memperlihatkan website bisnis anda. Setelah melihat-lihat, ia akan mendapatkan produk yang dicarinya.

Biaya Promosi Hemat

Ketimbang cara lama, berpromosi dengan digital marketing sangat efisien dan lebih murah. Selebihnya, sebagaimana kami singgung dalam uraian di atas, melakukan promosi secara daring membuat target market bisa dijangkau.Berbeda dengan cara promosi offline yang serba manual.

Pelayanan Sifatnya Real Time

Karena digital marketing sifatnya real time, bisa dengan mudah anda memberi respon atau menjawab pertanyaan dari konsumen. Meskipun tampaknya sepele, dalam bisnis, anda bisa melihat dampak yang luar biasa terhadap penjualan.

Konsumen akan merasa puas dan senang ketika mereka diberi pelayanan cepat dan tanggap. Bukan tak mungkin produk anda akan ditawarkan kepada teman dekat atau kerabat mereka.

Semua Sudah Memakai Smartphone

Semua orang saat ini memiliki perangkat smartphone dengan koneksi internet cepat. Dengan sendirinya hal ini memudahkan orang-orang untuk mencari produk tertentu dan anda harus melihat hal ini sebagai sebuah peluang.

Untuk urusan berbelanja, seseorang bisa merasakan kemudahan berkat keberadaan toko online yang sudah menjamur. Melalui ponsel, dengan cepat bisa dipesan berbagai produk yang oleh penjual akan dikirim dengan jasa ekspedisi menurut alamat yang anda berikan.

Penjualan Meningkat, Untung Terus

Jika dibandingkan dengan cara pemasaran konvensional, bahkan dibandingkan dengan telemarketing, ROI (Return of Investment) dari digital marketing terhitung lebih baik. Ini tentunya berkat jangkauan yang begitu luas dari digital marketing. Setiap saat anda akan menjumpai banyak pelanggan baru baik dari daerah lokal, bahkan pelanggan dari luar negeri sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *