Tips Membuat Landingpage yang Baik

Tips Membuat Landingpage yang Baik

Apa itu Landing Page?

Landing page adalah satu halaman website untuk keperluan tertentu. Landing page biasa disebut “halaman utama”, “halaman tujuan”, atau “destination page”. Landing page biasanya sering ditautkan dengan sosial media, email campaign ataupun search engine marketing. Dari beberapa iklan tersebut, customer akan diarahkan ke suatu landing page. Nah dari hasil klik tersebut maka didapatkan CTR (click through rates) dan conversion rate untuk membuktikan apakah iklan tersebut sukses atau tidak.

Cara Membuat Landing Page dengan Mudah

Berikut tatacara membuat landing page dengan mudah yaitu:

  1. Login WordPress

Langkah pertama pastikan kamu bisa melakukan login WordPress. Untuk melakukan login WordPress, silahkan buka namadomain/wp-admin di web browser. Lalu masukkan username dan password.

  1. Membuat Halaman Landing Page Baru

Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman Dashboard WordPress. Untuk membuat landing page, hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu membuat halaman baru. Caranya yaitu silakan klik Pages lalu klik Add New.

Setelah itu tulis judul halaman baru yang kamu inginkan untuk dibuat landing page. Kamu juga bisa langsung menambahkan konten di dalamnya. Jangan lupa klik Publish.

  1. Mengarahkan ke Halaman Landing Page

Nah, sekarang saatnya mengarahkan halaman utama tampilan website WordPress ke halaman landing page yang dibuat. Silakan klik Menu Settings kemudian klik Reading.

Tunggu sebentar maka kamu akan diarahkan ke halaman Reading Settings. Pada bagian Your homepage displays silakan pilih A static page untuk mengarahkan ke halaman landing page. Pada bagian Homepage, silakan pilih halaman baru yang tadi dibuat. Jangan lupa klik Save Changes.

  1. Landing Page Berhasil Dibuat!

Voila! Landing page berhasil dibuat! Silakan cek website WordPress kamu sekarang dan lihat hasilnya!

Tips Membuat Landing Page yang Efektif

Setelah Anda mengetahui cara membuat landing page di atas, perlu diperhatikan tips-tips membuat landing page yang baik dan menarik.

  1. Desain Rapi dan Bersih

Tampilan dan struktur halaman website secara keseluruhan memiliki pengaruh besar terhadap efektivitas landing page dalam menaikkan conversion. Tujuan utama landing page Anda adalah memudahkan konversi pengunjung menjadi pelanggan atau leads. Landing page yang efektif adalah halaman website yang memanfaatkan warna dan gambar menarik dengan baik. Gunakan perpaduan warna yang kreatif dan enak dilihat.

  1. Minimalis

Landing page yang baik adalah halaman yang menyediakan informasi yang cukup untuk memotivasi pengunjung untuk konversi. Terlalu banyak informasi yang disediakan bisa menjadi tidak efektif untuk conversion. Oleh karena itu, berikan informasi yang singkat, padat, dan tepat agar pengunjung tertarik untuk konversi.

  1. Manfaatkan Header untuk Promosi

Landing page juga harus menampilkan penawaran yang kuat dan jelas. Anda bisa memanfaatkan headline di halaman website untuk menunjukkan tawaran-tawaran menarik. Salah satu contohnya adalah landing page Web Hosting Indonesia di Niagahoster. Saat promosi untuk Imlek, Niagahoster menampilkan tawaran menariknya di header seperti di bawah ini:

  1. Tampilkan Trust Signal

Trust signal juga tidak dapat diabaikan dalam membuat landing page yang efektif. Trust signal adalah testimoni pelanggan, liputan media massa, atau daftar klien yang menggunakan layanan atau produk Anda. Dengan trust signal, Anda bisa menunjukkan kepada pelanggan bahwa mereka datang ke tempat yang tepat dan terpercaya. Para pengunjung perlu diyakinkan bahwa ada orang lain yang sudah menggunakan layanan atau produk Anda dan merasa puas. Berikut adalah contoh trust signal di website Niagahoster:

  1. Buat Landing Page Mobile Friendly

Berdasarkan riset Google, sebanyak 94 persen pengguna internet Indonesia mengakses internet melalui perangkat mobile. Mayoritas pengguna internet Indonesia mengakses internet melalui smartphone karena lebih mudah dan lebih cepat diakses. Anda juga harus mempertimbangkan perilaku konsumen ini dalam membuat landing page. Landing page Anda harus dapat diakses secara optimal, baik di perangkat desktop maupun di perangkat mobile.

  1. Buat Form yang Pendek

Ketika pengunjung membuka website Anda, tentu Anda ingin mengumpulkan sebanyak mungkin data pengunjung tersebut. Namun, bukan berarti Anda bisa meminta pengunjung website untuk mengisi form panjang di landing page. Semakin banyak kolom form yang harus diisi oleh pengunjung, semakin kecil pula kemungkinan mereka menyelesaikan form tersebut. Artinya, konversi akan turun dan Anda tidak mendapatkan data penting dari pengunjung. Jika Anda ingin pengunjung mengisi sebuah form sampai selesai, berikanlah form yang singkat.

  1. Buat Beberapa Versi Landing Page

Seperti yang sudah disebutkan di awal, Anda bisa membuat landing page sebanyak mungkin dengan tujuan dan kustomisasi yang berbeda-beda. Anda bisa membuat landing page khusus untuk trafik yang datang dari iklan PPC. Untuk pengunjung yang datang dari media sosial, Anda juga bisa membuatkan landing page khusus. Begitu juga dengan pengunjung dari sumber lain seperti email marketing atau afiliasi. Anda bisa membuat landing page dengan konten berbeda-beda sesuai dengan iklan yang ada di masing-masing iklan.

  1. Samakan Isi Landing Page dengan Isi Iklan PPC

Indikator lain sebuah landing page dianggap efektif adalah ketika memberikan pesan yang sama dengan pesan di iklan. Dengan begitu pengunjung tidak akan merasa dibohongi. Misalnya, di iklan PPC Anda mengatakan bahwa pengunjung bisa mendapatkan diskon sebesar 50 persen. Namun, di landing page ternyata diskon yang Anda tawarkan tidak sampai 20 persen. Tentu hal tersebut akan membuat pengunjung ragu dengan penawaran Anda dan meninggalkan website Anda tanpa melakukan pembelian.

  1. Uji Coba Landing Page Anda

Agar bisa mengetahui sebuah landing page bagus atau tidak adalah dengan menjalankan uji coba. Landing page yang bagus tidak dapat dibuat tanpa melewati uji coba terlebih dahulu. Dengan uji coba, Anda bisa mengetahui apa yang sudah benar dari landing page Anda dan apa yang perlu diperbaiki.

Kesimpulan

Cara membuat landing page di website sangat mudah bukan? Apalagi di WordPress, kamu bisa membuat landing page hanya dengan mengarahkan website ke halaman tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai, ada yang bisa kami bantu?