7 Tips Berjualan Online di Media Sosial

0
488

Jika Anda ingin berjualan online, tentu anda wajib mengenal yang namanya sosial media. Namun kadang kala, masih banyak orang yang belum paham mengenai cara berjualan online di media sosial yang efektif. Pada dasarnya, sosial media diperuntukan untuk berkomunikasi, bukan untuk berjualan. Jadi, anda harus cermat dalam berinteraksi dengan calon konsumen karena jika tidak anda tidak akan berhasil berjualan karena pada dasarnya orang itu benci yang namanya iklan atau promosi.

Nah, kali ini mimin akan sidikit share materi tentang tips-tips berjualan online di media sosial seperti facebook, instagram, twiter, google+, pinterest dan sebagainya. Berikut materi lengkapnya…

Tips Berjualan Online di Media Sosial

  1. Tentukan target market

Sebelum anda terjun lebih jauh, sebaiknya anda tentukan dulu target market potensial untuk produk yang anda jual. Misal, jika anda menjual produk dengan niche muslimah tentu anda harus memiliki lingkungan yang memilki minat tersebut. Contohnya ibu-ibu. Anda harus berteman dengan mereka para ibu-ibu yang memiliki ketertarikan terhadap islam. Dengan begitu Anda akan lebih mudah untuk menawarkan produk kepada mereka.

Untuk langkah yang lebih jauh, anda dapat membuat sebuah kolam seperti grup. Buatlah grup yang berisi anggota yang memiliki minat terhadap produk anda, bisa itu grup facebook, whatsapp atau telegram.

Namun untuk mengumpulkan anggota tersebut tentu tidak mudah, anda harus bisa memberikan sesuatu kepada mereka agar mereka tertarik untuk bergabung dengan grup yang anda buat. Anda bisa memberi mereka sesuatu yang bersifat gratis seperti materi, sharing-sharing, produk gratis dan sebagainya.

Jika kolam sudah luas maka anda akan lebih mudah untuk mempromosikan produk apapun yang sesuai minat mereka.

2. Rajin update status yang menarik

Ingat… seperti yang telah di singgung tadi bahwa sosial media merupakan tempat untuk berkomunikasi, bukan untuk berjualan maka dari itu anda harus rajin berkomunikasi dengan teman sosial media anda. Anda bisa berinteraksi dengan rajin like, komentar, share info-info menarik dan hal lainya sehingga anda lebih dikenal banyak orang.

Nah setelah semua itu berjalan, anda bisa sesekali berpromosi dan menawarkan produk anda, dengan begitu peluang interaksi yang anda dapatkan akan lebih besar dibanding anda hanya berpromosi tanpa adanya komunikasi dengan orang lain.

Namun perlu di ingat, anda jangan membuat status yang riskan dan mengandung sara karena ini dapat menghancurkan bisnis yang telah lama anda bangun, sebisa mungkin anda bersikap netral dan profesional agar anda dapat menjangkau semua kalangan.

3. Update foto secara berkala

Dengan update foto yang rutin, maka teman atau calon komsumen anda akan lebih mengenal anda. Anda dapat dengan rutin update foto profil, foto produk dan sebagainya agar mereka melihat bisnis anda lebih jauh. Namun jangan hanya update tentang promosi, anda bisa share foto foto menarik seperti foto lucu, foto anda sedang liburan dan sebagainya agar interaksi dengan mereka tetap terjaga.

Dengan update yang rutin maka mereka akan lebih penasaran dengan anda, bahkan kemungkinan mereka akan stalking akun anda sehingga mereka mengetahui siapa anda dan apa bisnis yang anda miliki.

4. Gunakan Gambar yang menarik

Gambar merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam berjualan. Maka dari itu , gunakan lah gambar-gambar yang menarik, unik dan tidak buram. Dengan gambar yang unik maka seseorang yang sedang scroll-scroll bisa saja berhenti sejenak ketika melihat postingan gambar anda. Jika sudah begitu, tentu akan muncul ketertarikan dan akhirnya peluang untuk closing akan meningkat.

5. Fast Response

Respon yang cepat merupakan hal yang sangat penting dalam berjualan secara online. Hal ini bertujuan agar meminimalisir terjadinya batal order. Anda harus cepat tanggap membalas pertanyaan atau komentar mereka. Dengan begitu, mereka yang hanya tanya-tanya pun akan berpotensi membeli jika mereka nyaman dan percaya dengan anda.

Faktanya, banyak sekali pembeli yang batal order karena pelayanan yang lambat atau buruk, jadi usahakan untuk membuat calon konsumen anda nyaman dengan pelayanan terbaik yang anda berikan.

6. Gunakan selalu #HASTAG

Hastag merupakan komponen penting dalam posting produk. Dengan hastag anda dapat menjangkau lebih banyak pengguna yang sesuai dengan niche yang ditulis di hastag. Hal ini bertujuan agar postingan anda lebih cepat terindex dan ditemukan oleh pengguna lain yang bukan teman anda namun memiliki ketertarikan dengan hastag yang dimaksud.

Tentu hal ini lebih memperbesar peluang suksesnya anda berjualan di sosial media.

7. Tandai teman-teman anda

Ingin postingan anda viral atau lebih menjangkau orang lebih luas? TAG SAJA teman-teman dekat anda. Dengan begitu postingan anda akan tersebar ke timeline teman-teman yang anda tag. Namun ingat, anda harus izin terlebih dahulu atau setidaknya jangan membuat teman yang anda tag menjadi kesal karena anda SPAM mereka.

Nah, sekian dulu materi mengenai tips cara berjualan online di media sosial, semoga tips ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa like and share di sosmed ya!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here