Dipostingan sebelumnya saya sudah membahas tentang hal-hal dasar perlu diperhatikan dalam beriklan di Facebook Ads, disana ada 5 point penting yang sudah saya sampaikan, salah satunya dalah Ads Copy atau Copywriting yang pada tulisan ini saya akan mencoba untuk menjabarkan tentang cara membuat copywriting yang simpel dan mudah dilakukan bagi pemula seperti saya ini. 😉
Dalam beriklan di Facebook atau media internet lainnya, copywriting adalah hal sangat penting yang harus kita pelajari, karena copywriting adalah cara berkomunikasi kita dalam menawarkan produk yang kita jual atau yang kita iklankan difacebook/internet.
“Hanya 8 dari 10 orang yang membaca judul, dan hanya 2 yang meneruskan membaca sisanya” (Hukum Pareto)
Ahli copywriting Dewa Eka Prayoga dalam materinya menjelaskan, anatomi copywriting dalam terbagi menjadi 8, yaitu:
- Headline
- Penawaran
- Alasan
- Bonus
- Testimoni
- Garansi
- CTA
- NB
Point pertama disini adalah HEADLINE
Headline ini bertugas sebagai penarik atau wajah pertama yang dibaca oleh calon pembeli kita, jadi headline ini adalah iklannya iklan kita, ini sangat penting sekali kita perhatikan.
Dalam membuat headline ini, kita harus bisa memposisikan diri kita sebagai calon costumer, bukan sebagai penjual, karena tujuan kita bukan untuk menarik penjual akan tetapi untuk menarik calon pembeli agar mau membaca penawaran kita dan tertarik untuk membaca penawaran kita sampai akhir dengan harapan terjadinya penjualan dari produk yang kita jual. 🙂
“Copywriting yang bagus adalah copywriting yang menghasilkan penjualan” @DewaEkaPrayoga
4 kesalahan dalam membuat copywriting yang sering dilakukan oleh pemula
1. Fokus ke “Fitur produk”, sehingga lupa dengan apa keuntungan produk kita bagi costumer
2. Terlalu mengsaya2kan, sehingga lupa dengan target pasar.
3. Call to action, penjelasan sudah jelas dan detail tapi masih lupa dengan CTA, sangat bahaya
4. Kelihatan banget jualannya, karena sejatinya orang sangat tidak suka ketika ia sedang; dijual, ditawar2in dan disuruh2
“Konsumen tidak peduli dengan spesifikasi barang yang kita jual, konsumen lebih peduli tentang apa manfaat yang dia dapatkan dari barang yang kita jual” Aji Imam Muflih
Sebelum kita lebih jauh membahas tentang copywriting, 1 hal yang perlu anda ketahui.
Mana yang lebih penting menurut anda, apakah COPYWRITING atau TARGET MARKET? Apakah TARET MARKET yang enyesuaikan Copywriting, ataukah COPYWRITING yang menyesuaikan Target Market?
Dewa Eka Prayoga menjelaskan dalam bukunya, “Target Market 10 kali lipat lebih penting dari pada Copywritingnya”
Jadi, langkah awal ketika anda ingin menulis copywriting adalah tentukan Target Market dari produk yang anda jual.
Maka tentukan dulu 5 point dibawah ini:
- Usia
- Jenis Kelasmin
- Gaya Hidup
- Minat
- Cara Belanjanya
Setelah 5 point diatas sudah bisa terawab, maka jabarkan dengan jelas 4 hal dibawah ini dari target market anda:
- Masalah Terbesar
- Frustasi Terbesar
- Impian Terbesar
- Keinginan Terbesar
Silahkan anda list point penting diatas, perbanyak praktek dan evaluasi 🙂
SIlahkan tambahkan komentar anda dikolom komentar dibawah ini jika ada pertanyaan 😀