Bagi Anda yang sampai sekarang masih belum menemukan winning campaign dalam beriklan di Facebook Ads, silahkan sedikit tulisan dari saya
Saya harap, Anda bisa meluangkan waktu Anda 5 menit saja untuk mebaca info ini, jika memang Anda ingin menemukan winning campaign dalam beriklan di Facebook Ads.
Banyak dari teman-teman selalu bertanya tentang iklannya di Facebook Ads, terutama bagi yang baru mulai beriklan di Facebook Ads. “Mas, saya sudah beriklan di Facebook dengan cara yang benar, tapi kok masih saja sedikit closingnya?”, karena adanya pertanyaan itu, maka saya mencoba untuk menguraikan tentang hal-hal dasar yang perlu diketahui dalam beriklan di Facebook Ads.
Berikut dasar-dasar yang perlu diperhatikan dalam beriklan di Facebook Ads, jika iklan ingin berhasil :
1. Ads Copy, atau text postingan yang akan diiklankan
Perhatikan baik-baik Ads Copy atau postingan yang nantinya akan diiklankan, buat semenarik mungkin dan sejelas mungkin tentang produk yg akan dijual.
Cara simpelnya, ketika Anda selesai membuat postingan, Anda bayangkan jika Anda adalah calon pembeli yang ditarget oleh postingan tersebut. Apakah jika Anda melihat postingan tersebut Anda merasa tertarik untuk MELIHAT dan MEMBACA lebih lanjut tentang postingan iklan tersebut? Ataukah hanya melihat sekilas dan mengabaikannya saja karena teks dan foto postingan kurang menarik? (introspeksi diri sendiri)
2. Ads Image, atau gambar foto yang diposting bersama teks postingan
Ingat, peraturan yang sangat dasar dari Facebook Ads untuk beriklan adalah, teks yang tertulis di gambar maksimal 20% dari gambar, jika lebih dari 20% bisa jadi akan ditolak iklannya atau diterima namun jangkauan kurang maksimal.
Kalau ditoko offline, mungkin kita perlu menghias etalase, merapihkan dan menghias toko agar enak dilihat, menata produk2 kita agar lebih menarik. Begitu juga dalam toko online. Ditoko offline kita harus membuat toko kita menarik agar orang yang lewat MAU MAMPIR melihat2 produk kita, namun, jika toko online kita harus membuat foto kita terlihat MENARIK, sama seperti halnya toko offline, bahkan bisa dibilang toko online lebih repotot soal foto gambar, harus edit2 foto, harus ke tukang desain, dst.
Konsepnya sama seperti di ads copy tadi. Bayangkan jika Anda adalah pengguna Facebook yang ditargetkan dalam beriklan, apakah Anda merasa tertarik melihat postingan iklan tersebut dengan foto gambar tersebut? Apakah Anda hanya cuek saja karena memang gambar tidak menarik?
Tambahan untuk foto gambar produk. Lebih maksimal jika produk yang Anda difoto menggunakan model, karena untuk memudahkan calon pembeli dalam visualisasi produk tersebut. Memudahkan dia untuk membayangkan jika nanti dia membelinya.
3. Targeting
Lanjut ketahap berikutnya setelah Ads copy dan Ads image yaitu targeting, yaitu cara Anda mentargetkan calon pembeli sesuai produk yang Anda jual.
Dipoin ini sangatlah penting bagi Anda untuk mengetahui seluk beluk tentang produk Anda.
Apa produk yang Anda jual?
Siapa yang MEMBUTUHKAN produk Anda?
Berapa umur mereka?
Siapa orang2 yang mereka gemari?
Apa hobi mereka?
Berada ditingkat ekonomi manakah mereka? Bawah/tengah/atas?
Dst,
Baca juga :
Cara Berjualan Di Facebook Untuk Pemula
Jawablah contoh pertanyaan diatas dan silahkan Anda menganalisa sendiri.
Ingat!!! Anda menjual barang Anda kepada orang lain ya, bukan kepada diri Anda sendiri, jadi jawab pertanyaan diatas sesuai dengan kenyataan dilapangan, jangan sesuai dengan perkiraan dan perasaan Anda, karena kadang perkiraan dan perasaan itu berbeda dengan kondisi dilapangan.
4. Budget Harian, atau biaya harian yang Anda keluarkan dalam beriklan.
Setelah Anda mentargetkan audience, maka budget harian adalah sangatlah penting, semakin besar budget yang Anda keluarkan untuk beriklan, maka semakin besar pula jangkauan yang bisa dijangkau oleh iklan Anda.
Sejatinya pasang iklan di online itu hampir mirim dengan pasang iklan di offline, hanya saja jika dionline promosinya bisa lebih tertarget (jika paham caranya).
Jadi akan sangat sulit jika Anda hanya mengeluarkan modal harian beriklan yang sedikit namun Anda menginginkan hasil yang banyak.
5. Berani menikmati prosesnya.
Karena semua didunia ini butuh proses dan tidaklah instan. Begitu pula dalam beriklan, Anda harus bisa belajar dan mengevaluasi hasil dari iklan yang Anda jalankan.
Terus dicoba sampai ketemu polanya, karena jika tidak terus dicoba, maka Anda tidak akan mengetahuinya.
Ingat!!! Kegagalan ada karena putus asa,menyerah dalam berjuang, itu namanya gagal. Namun, jika masih mencoba lagi itu namanya bukan gagal, tetapi belum berhasil, atau keberhasilan yang tertunda.
Sekian dari saya, semuga bermanfaat ^_^
Bagi teman-teman yang ingin belajar lebih lanjut tentang Facebook Ads atau Facebook Marketing, silahkan bisa belajar bersama kami di Kelas FB Online atau Workshop FB Ads bersama kami. 😀
Gabung juga bersama kami di Channel Telegram klik “Kelas Facebook Ads”
Sumber= fauz(dot)com
Dasar dalam beriklan di facebook ads, Dasar dalam beriklan di facebook ads, Dasar dalam beriklan di facebook ads, Dasar dalam beriklan di facebook ads