Memulai Toko Online Dari Target Market

Memulai Toko Online Dari Target Market

Memulai Toko Online Dari Target Market

Pertanyaan yang sering muncul bagi pemula adalah bagaimana mulainya ? darimana mulainya ? ya jawabannya, mulai saja sekarang juga, mulainya dari menanyakan pada diri kita tentang motivasi kita membuka usaha. Luruskan kembali motivasinya, pelajari alur bisnisnya, pahami pola naik turun jualan dan belajar manajemen agar suitainable di bisnisnya.

Tujuan kita berjualan di toko online jelas untuk membantu banyak orang merasakan manfaat dari produk yang kita jual. Membantu menjawab permasalahan target market kita dan juga akan berdampak pada keuntungan yang kita dapatkan. Kita punya motivasi berbeda, tak masalah, yang jelas kita harus punya prinsip dalam jualan ini agar apapun yang terjadi kita bisa bangkit lagi… bukan seberapa banyak anda terpuruk, tetapi seberapa sering anda bangkit kembali ? bahasa motivatorr banget dahh….

Oke lalu mulai darimana? mulailah dari siapa target kita, apa yang mau kita pecahkan masalahnya, apa problem. Kalau berangkat dari target market biasanya akan longtime, akan tidak kesusahan dalam memilih produk, berbeda dengan berangkat dr produknya apa, kita harus memikirkan pasar mana yg mau dibidik. Kalau kita mulai dari target, atau mulai dari niche, atau mulai dari rumpun target itu akan memudahkan kita untuk eksplor produk. Misalnya kita akan mengambil target market mahasiswi, ingat hanya mahasiswi, usianya pasti 18-25 tahun saja, kalaupun mereka s2 pasti masih di usia 26-30an tahun, kecuali yang bekerja terlebih dahulu. Nah kita ambil sampel mahasisiwi saja, yang kuliah s1, usia 18-25 tahun, lalu mahasiswi ini adalah mereka yang suka gaya, suka dandan, suka jalan2, suka nonton, suka nongkrong, nah jelas banget targetnya. Dan target ini ada lho, tinggal kita mikir, apa produk yang pas buat mereka ? biasanya kita harus siapkan beberapa produk sekaligus, agar mereka memilih, mana yang mau dibeli.

Dari data diatas, kita bisa berjualan fashion, kosmetik, aksesoris dan lainnya. Kita bisa cari di marketplace, forum atau di social media, kira2 produk apa yang tepat untuk pasar diatas. Sekali lagi memulai dari pasar, memulai dari siapa target kita akan memudahkan kita memetakan produk apa yang dibutuhkan. Kita bertanya, pasar apa nih yang siap membeli, mereka ada dimana? dan kriterianya seperti apa. Jika dalam niche hobby misalnya, ada pasar penggiat motor/ otomotif nah ini juga pasar yang sudah jelas, tinggal kita masuk kedalamnya. Jadi bisa mulai dari siapa target market kita, pasar mana yang sudah siap, niche apa yang sedikit kompetitornya.

Wow…. makin menarik yaaa, kita kuasai satu niche/ target market saja sudah luar biasa, apalagi kalau banyak. Namun jelas kita perlu fokus dulu di satu niche ini yang harus kita tekuni, jika mau ambil target di mamah muda ya coba terus saja, jika mau ambil target di mahasiswi boleh juga, atau target di dunia profesional juga bisa.

Jadi tentukan mau di target market yang mana? baru kita tentukan produknya, lama2 kita akan terlatih. Setelah siapkan target dan produk langkah selanjutnya, dimana mereka berada? dari sini kita bisa menyiapkan chanel marketing mana saja yang diperlukan. Misalnya di Facebook, instagram, web, dan di line.

Oke selamat memulai sahabat semua, tentukan target pasarnya, tentukan produknya dan tentukan tentukan chanel mana yang akan dikuasai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai, ada yang bisa kami bantu?