Perkenalan & Pentingnya Partner/ Teman Bisnis / Sparing Partner

0
431
Salam kenal sahabat semua, saya Andri Gun2 Gunawan aktivitas kebanyakan dalam bidang edukasi dan bisnis, bisnisnya masih jualan2, lalu kalau di test stifin hasilnya sensing ekstrovert, kadang perlu panggung dan perlu tempat sharing.
dari 2011/2012 belajar Facebook Marketing bersama sahabat, namanya Aji Imam Muflih, nnt beliau jg sharing disini… InshaAllah. Bahkan Tugas akhir Aji imam ini tentang Facebook Ads keren dah, 😀
Tak kalah sama Aji Imam saya bikin Tugas Akhir yang sejenis, tentang technopreneurship yang fokusnya di Dunia Kejuruan atau SMK, akhirnya Jika digabungkan menjadi program edukasi bisnis berbasis Internet marketing, nyambung2 in aja ya D
Kami belajar FB Marketing dr berbagai guru, berbagai group, bahkan ngga hanya FB sih, socmed, SEO dan lainnya. Yang malam ini diceritakan adalah tentang pentingnya sparring partner, selain mentor yang jelas penting kita juga butuh sparring partnet, atau kata lain temen diskusi, teman berlomba dalam kebaikan, dan teman yang sevisi
Ilmunya masih seujung kuku para mastah, suhu diluaran sana, hehehe apalagi jk dibandingkan sahabat semua disini, para praktisi semua yang kece badai membahana. Awalnya ga mau sharing malu, bikin kelas saja deh… cm ya sudah awal 2017 ini kami berpikir, ga harus nunggu sukses, atau kaya untuk berbagi, mulai saja, sambil sempurnakan, krn kita tak tahun inspirasi dr siapa yang membuat perubahan kita dalam hidup, jalannya ya dr siapa saja
Kita sharing ttg spparing partner dlu ya, jadi memilih partner ini mudah2 gampang, aslinya susah banget. Biasanya bs teman seorganisasi, teman sekampus, teman satu mentor, teman satu mejelis atau sengaja ketemu dalam sebuah bisnis.
Biasanya nemunya juga ga langsung jadi, kadang putus nyambung, apalagi kalau sudah berkeluarga jadi bingung. Biasanya lebih nyaman sama sahabat yang suka kegiatan bareng, seminar bareng, belajar bareng, tidur, satu wifi bareng, lama2 suka nyambung.
Tentunya pilih juga yang siap saling membantu, saling diskusi jangan sampai tdk ada kontribusi dr satu atau bbrp pihak. Partner ini bisa berdua, berlima atau bbrp orang yang jelas tdk terlalu banyak agar mdh ngaturnya. Selain punya sahabat yang satu ini untuk menjaga semangat bisnis, saya pun ada kelompok diskusi khusus dr bbrp orang yang disana kita selalu saling sharing, terbuka dan saling mendukung. nah ini juga penting, spparing partner, lalu kelompok diskusi dalam bisnis.
Sudah punya teman diskusi? atau teman lomba2 an ngabisin budget iklan? atau teman sharing ttg membangun tim bisnis? perlu banget itu, saya rasakan banyak manfaatnya. ketika ga ngerti ya saling bertanya, ketika ada masalah ya saling cerita, ah pokoknya jd keluarga baru saja.
Buat menemukan teman sparing ini ga bisa hanya online, kudu ketemu, kudu kegiatan bareng, kudu sharing bareng, jd yg internet marketer kerjaanya di laptop saja, coba turun ke jalan, hehe demo, maksudnya jalan2… seminar, kopdar, atau ikut komunitas, krn ketika kita ada kesulitan teman sejati adalah teman yang dekat dan membantu bukan yg cm komen di Facebook.
Bersyukurlah bagi yang sudah punya dan tetap dijaga, untung2nya jadi tim bisnis dan bangun bisnis bareng, keren kan? tinggal cari mentor agar bisnisnya bs berkesinambungan dan berkembang, nah dibagian mentor ini saya msh mencari untuk mentor bisnis, belum nemu… krn blm mencari saja, 😀 semoga nih di awal 2017 kita semua yg belum nemu teman sharing lalu ketemu dan punya mentor yg bs menguatkan kita sebagai pengelola bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here