Persiapan dan Perencanaan Whatsapp Marketing

Persiapan dan Perencanaan Whatsapp Marketing

Sebelum ke Materi Perkenalkan dulu Nama saya Andri Gun-Gun Gunawan, saya suka mengajar dan suka membuat media pembelajaran maklum S.Pd (Sarjana Pemberian Dosen, eh Sarjana pendidikan). Kebetulan saya lagi belajar merapihkan system di muslimpasaraya.com, berkarya bersama tim Edukasi di SEOMuda.id dan saya juga membuka kelas di kelasfacebookads.com. Jadi ada sedikit pengalaman dan semoga ada manfaat bagi kalian semua para pembaca dan saya mencoba berbagi walau malu banyak yang lebih ahli, tetapi tak apalah semoga ada manfaat, dan semoga jadi syafaat di Yaumil Akhir nanti. Jika bagus dan baik silakan dipakai yaaa… jika kurang baik jangan dipakai.

Langkah persiapan pertama yang harus siap:

1. Apa yang mau kita Jual?

Ini juga harus jelas, saya ada pelajaran berharga, mau jadi toserba, sagala aya atau mau jadi yang fokus di niche tertentu… dan semakin kesini saya memilih fokus di niche atau segment tertentu. karena ini sangat erat kaitannya dengan database dan sangat sayang bukan jika database pelanggan yang kita miliki tercampur. Jadi, harus jelas dulu apa yang mau kita jual.

2. Target Marketnya siapa?

Nah, yang kedua jika produknya sudah jelas kita bisa menentukan target dan sasaranya, fokus juga di target ini. Atau kita bisa tentukan dulu targetnya baru cari produk, ini juga sah-sah saja… bahkan kadang lebih laris karen pasar sudah terbentuk.

3. Berapa jumlah kontak kita?

Nah ini, pertanyaannya yang harus dijawab, jadi kontak kita harus banyak. Jangan hanya beberapa saja, dan banyak juga jangan hasil spamming yaa, tapi memang asli database punya kita. Jangan ambil dari group orang… apalagi langsung di spam. Nanti kita akan bahas mengenai cara menambah kontak.

4. Amunisi Jualannya sudah siap?

Misal 15 foto produk, 15 kata-kata promosi. Jangan lupa siapkan yaaa, di Reseller Muslimpasaraya nanti ada contoh-contoh nya.

5. Ada Program atau Ada promo apa?

Ini juga penting, jadi kita dapat membuat promo atau program bulanan di status WhatsApp kita.

Lanjutan, lalu apa saja yang bisa dimaksimalkan di WhatsApp?

Ada sedikit curhat pengalaman,
Saya belajar bersyukur dengan apapun yang Allah kasih, karena apapun itu jelas yang terbaik. Ada pelajaran penting tentang rezeki, semakin dicari semakin menjauh, tetapi ketika kita menerima dan usaha saja biasanya rezeki akan datang sendirinya, dibuku Rezeki level 9 disarankan perbanyak istigfar agar rezeki kita lancar dan Alhamdulillah hasilnya harus diyakini karena kalau muslim kudu dan mesti percaya, bersyukur yaa akan ditambah, bertobat juga akan dilancarkan rezekinya.

Ah diatas cuma sharing aja, kadang saya galau takut besok tidak mendapat uang, tapi ternyata Allah selalu kasih kita cukup… yaa ini pelajaran buat saya, jangan takut tak mendapatkan uang. Usaha maksimalkan jangan malas, dan saya membuktikan asli nyata malas itu tidak berdampak apa-apa, penundaan itu tidka membuat hasil, saya adalah bukti nyata pernah jadi pemalas. Skhirnya yang ada khawatir, cemas dll… asli saya sudah membuktikan bulan-bulan lalu malas=malasan dan hasilnya jauh banget, banyak stress nya banyak tidak nyaman nya hati, banyak berantemnya.

Dan ini ada contoh tidak baik, tahun lalu sebelum Ramadhan 2016 saya bermimpi bisa mengemudikan mobil, walau belum mobil sendiri tetapi punya orang tua, waktu itu niatnya kudu bisa bisa…. tapi karena tak ada azam yang kuat, niatnya tidak dilaksanakan, hasilnya sampai lebaran 2017 (setahun brooo!) saya belum bisa nyetir mobil juga, jadi cuma konsep aja wkwkwk,

Jadi buat apa mimpi kalau tidak komitmen, jika ada mimpi yaa komitmen… lebih baik mimpi lalu pajang dan kerjakan,

Maaf curhat cuma contoh tidak baik saja, semoga sahabat semua komitment,

Begitu juga dengan WA marketing ini, harus komitmen, harus diniatkan agar kita punya database.

Lalu apa saja yang kita bisa maksimalkan di WA Marketing… silakan disimak gambar ini.

yang bisa dimaksimalkan di whatsapp
Contoh yang terakhir itu membuat program, misalnya minggu 1 diskon karena a,b,x, minggu kedua promo cross selling, minggu ketika gratis daftar reseller dst nya… intinya, database lama jangan didiamkan tapi diajak beli lagi, diajak jualan lagi dst…

Jadi WA Marketing ini salah satu pengelolaan database, karena closing itu sifatnya personal dan WA mendukung closing personal. Jadi mulai hari ini mari kita kumpulkan database baik alamat email, nomor hp, no telepon, WA, BBM, FB, Liker, Follower dan kita kelola karena ini aset digital… tetapi ingat jangan ambil sembarang data, apalagi datang orang lain.

Semangat kelola database.

Kita lihat mereka yang punya database? wow amazing kan, punya 200.000 email list si akang itu, punya 700.000 follower IG olshop itu, punya liker fb 500.000 bapak itu, penjual kebutuhan anak-anak punya database 10.000 data, ajib banget… mulai hari ini mari kita mulai kelola database.

Dan kami pun hari ini diberi amanah mengelola lumayan banyak data, salah satu dampaknya adalah memerlukan web, yang biasanya reseller ke admin (ordernya) sekarang harus tersistematis di web sehingga lebih mudah.

Nah, sekian untuk materi pertama kita. Semoga materi ini bermanfaat bagi kita semua. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan anda dapat meninggalkan komentar dibawah.

2 Comments

  1. Salaam kang Andi..mau tanya cara mensiasati program promo misalkan dalam satu bulan beberapa kali, tapi khawatir malah kesannya jd kaya ga laku..gimana ya kang?
    haturnuhun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai, ada yang bisa kami bantu?