Target, Cambuk Semangat untuk Mencapai Kesuksesan

0
35

Dalam dunia usaha, target merupakan jalan sekaligus jalur agar tujuan usaha kita jelas. Target usaha tersebut merupakan harapan atau cita-cita yang ingin dicapai oleh perusahaan baik itu perusahaan besar, perusahaan kecil bahkan usaha mandiri. Dengan adanya target usaha, tim akan mengetahui gambaran dan hasil yang telah diraih saat ini. Selain itu, target juga berperan sebagai motivator karena bisa berperan sebagai cambuk semangat untuk mencapai kesuksesan.

JADI, APAKAH TEMAN-TEMAN MASIH INGAT TARGETAN YANG TELAH DiBUAT?

Cambuk semangat paling bagus menurut mimin adalah TARGET. Jadi jika ada yang belum memiliki semangat dalam berjualan pasti belum mempunyai target yang kuat. Jika mimin melihat pengusaha yang sukses, mimin melihat mereka sangat semangat sekali bekerja dan berusaha karena dipacu oleh target mereka yang telah dibuat dan direncanakan sebelumnya.

Mimin pernah mendengar targetan seperti :

  • UMROH (Sekitar 20 jutaan)
  • BISA BANTU SUAMI CARI PENGHASILAN (Berapa juta?)
  • MENAMBAH PENGHASILAN (Berapa juta?)
  • MENEBAR MANFAAT SEBANYAK-BANYAKNYA (berapa juta?)
  • TARGET 3 JUTA PERBULAN
  • Dan masih banyak lagi…

Namun alangkah lebih baik jika target usaha yang kita buat disusun berdasarkan perencanaan yang jelas. Dalam dunia usaha, banyak sekali prinsip dan teori yang dipakai dalam menyusun target usaha. Namun, prinsip yang paling populer dan banyak digunakan yaitu prinsip SMART.

Apa itu prinsip SMART?

S.M.A.R.T merupakan singkatan dari Specific, Measurable, Attainable, Relevant, Time-bound.

Teori ini pertama kali diperkenalkan oleh¬†George T. Doran pada November 1981 dalam Management Review. Berikut adalah penjelasan lengkapnya…

1. Specific

Spesifik merupakan prinsip utama dalam teori ini. Kita harus menyusun target bisnis secara terperinci dan bersifat khusus. Dengan begitu, tim kita akan lebih mudah untuk membaca targetan sehingga memiliki pandangan yang jelas dan terarah mengenai harapan perusahaan.

2. Measurable

Measurable berarti dapat diukur. Jadi anda harus membuat targetan yang dapat diukur. Berarti disini berhubungan dengan patokan nilai sebagai target. Contohnya seperti target 3 Juta dalam sebulan.

3. Attainable

Attainable artinya dapat dicapai. Anda juga harus berfikir realistik. Anda harus mampu memikirkan apakah targetnya mungkin untuk dicapai. Anda harus mempertimbangkan hal-hal lain seperti kondisi bisnis, perkiraan baik buruknya. Dengan begitu target yang dibuat akan lebih masuk akal.

4. Relevant

Jika yang ini mungkin sudah banyak orang yang mengetahui arti dan maksudnya. Perencanaan target harus relevan dengan jenis usaha yang dijakankan. Misalnya pada perusahaan dengan banyak divisi, masing-masing divisi harus memiliki target dan sesuai dengan bidang mereka.

5. Time Bound

Dan yang terakhir adalah Time Bound. Ini berarti anda harus memutuskan batasan waktu untuk target yang anda buat. Dengan begitu anda bisa lebih fokus dan terpacu untuk melaksanakan target tersebut. Ini bisa menjadi motivasi anda dalam menjalankan usaha.

Tips Mencapai Target untuk Pemula

Misal, jika teman-teman memiliki target 3 juta perbulan, maka perharinya teman-teman harus bisa closing minimal 100 ribu. Nah, jika mau dapat 100 ribu kira-kira jual apa ya? Jaket 1 pcs? Al Quran 2 Pcs? atau jilbab 2 pcs? Silahkan pikirkan terlebih dahulu target anda. Namun usahakan target yang anda buat attainable.

Mulai terlebih dahulu dari target-target yang mudah, setelah itu anda bisa naikan target secara bertahap sesuai perkembangan usaha yang anda miliki.

Semakin kebayang?

Jangan terbuai dengan liburan dan hindari kata NANTI, semakin sering menggunakan kata NANTI semakin jauh dengan TARGET.

Semoga artikel ini memotivasi anda untuk semakin giat dalam menjalankan usaha.

Sekian dan terima kasih, jangan lupa share ya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here