Traffic Gratis VS Traffic Berbayar

Traffic Gratis VS Traffic Berbayar

Apakah ada termasuk dari yang memiliki permasalahan ini, sudah memiliki website namun pengunjung website masih minim atau mungkin tidak ada penggunjungnya sama sekali?

Jika iya, maka anda tidaklah sendirian yang memiliki masalah tersebut, karena sebagian banyak orang memiliki masalah yang sama ketika sudah memiliki website. Lalu bagaimana yang harus dilakukan agar website memiliki banyak pengunjung? Simak pembahasan dari kami diartikel ini.

Traffic Gratis VS Traffic Berbayar

Traffic Gratis VS Traffic Berbayar

Jika ada 2 pilihan atara GRATIS atau BERBAYAR, tentu sebagian banyak orang akan lebih memilih yang gratis, termasuk saya sendiri. Karena selagi ada yang gratisan ngapain harus bayar, betul kan? Namun dalam hal trafik website anggapan ini tidaklah berguna.

Dalam hal trafik website atau bisnis online anda haruslah mengerti terlebih dahulu sebelum memutuskan antara 2 hal ini, traffic gratis ataupun traffic berbayar. Karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Contoh traffic gratis yang paling sederhana adalah SEO atau Search Engine Optimization. Yaitu optimasi mesin pencarian, tentunya semua orang ingin websitenya berada dihalaman 1 mesin pencarian pada kata kunci tertentu, oleh itu banyak orang yang belajar bagaimana cara SEO Website.

Namun, yang perlu anda ketahui disini adalah, untuk memposisikan website kita dihalaman 1 google/mesin pencarian tidaklah semudah yang kita bayangkan, disinilah termasuk dalam kelemahan traffic gratis.

Kelemahan Free Traffic

Traffic gratis memang sangat menggiurkan dan selalu menarik perhatian dari setiap orang karena disini tidak perlu modal yang banyak untuk melakukannya, namun ada beberapa kelemahan dari traffic gratis, berikut penjelasannya.

  • Free Traffic dapat memakan waktu yang lumayan panjang untuk mendapatkannya, sangat tidak mungkin untuk mendapatkan grafik yang gratis dalam jangka waktu kurang dari 1 minggu, kecuali memang kata kunci yang anda bidik adalah kata kunci yang jarang dicari oleh banyak orang.
  • Free Traffic Butuh Proses, proses yang diperlukan ini tidaklah cepat dan instan, namun membutuhkan waktu dan ilmu yang lebih.
  • Free Traffic sangat bergantung pada kebijakan dari mesin pencarian, maka jika ada perubahan kebijakan dari mesin pencarian seringkali menghilangkan banyak upaya yang sudah lama dilakukan.
  • Tidak mudah untuk di scale up atau digandakan.

Pada intinya dalam free traffic ini membutuhkan waktu dan proses yang cukup lama tergantung pada tingkat kesulitan keyword yang ditargetkan.

Kelebihan Free Traffic

Free Traffic juga memiliki kelebihan-kelebihan yang sangat menguntungkan bagi pemilik website, yaitu:

  • Free Traffic dapat bertahan cukup lama jika anda sudah mencapai pada page one dimesin pencarian
  • Jika anda sudah mencapai di page one mesin pencarian, calon pelanggan akan banyak yang menghubungi anda tanpa anda capek-capek optimasi, karena anda sudah melakukan proses optimasi SEO diawal.

Jika kita merasakan kelebihan dari free traffic tentu saja sangatlah menggiurkan, namun ini semua akan kita dapatkan setelah kita melewati proses yang cukup panjang. 🙂

Traffic Berbayar / Paid Traffic

Pada traffic berbayar ini juga ada memiliki kelebihan dan kekuragan, yang pastinya kekuranggan dari traffic berbayar ini adalah bayar tidak gratis, hehehe…

Kelebihan dari Paid Traffic

  • Dapat dicapai dengan cepat atau instan dengan cara targeting keyword berbayar
  • Mudah di scale up dengan cara menambah biaya iklan
  • Perubahan yang sering terjadi biasanya adalah perubahan yang positif karena menambah fitur-fitu baru.

Paid traffic yang banyak kita ketahui adalah Google Adword dan juga Facebook Ads, keduanya adalah sumber promosi berbayar terbesar.

Dalam paid traffic ini anda akan merasakan mudahnya berpromosi dengan cara instan dan juga berbayar, tentunya setelah anda mempelajari dan mengetahui cara-caranya.

Ketika anda sudah menemukan celah dalam beriklan, maka anda juga dapat dengan mudah melakukan scale up iklan anda dengan cara menambahkan biaya iklan sehingga iklan anda akan berjalan dengan lebih optimal. 🙂

Traffic Gratis VS Traffic Berbayar, Traffic Gratis VS Traffic Berbayar, Traffic Gratis VS Traffic Berbayar, Traffic Gratis VS Traffic Berbayar, Traffic Gratis VS Traffic Berbayar

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai, ada yang bisa kami bantu?