Seperti yang sudah kita ketahui bahwasannya facebook adalah media sosial terbesar saat ini yang masih bertahan dan eksis dengan berbagai fitur-fiturnya yang memanjakan penggunanya. Jumlah pengguna Facebook sendiri di Indonesia sangat banyak dan terkelompokan secara rapi oleh Facebook sesuai usia, gender, minat, daerah, dll.
Bagi anda para pemilik bisnis sungguh sangat merugi sekali jika anda masih belum mengambil manfaat dari jumlah pengguna facebook atau dari pasar facebook yang penggunannya akan terus bertambah setiap tahunnya. Namun anda tidak usah khawatir, bersukurlah anda karena anda telah menemukan artikel ini, karena diartikel ini penulis akan mencoba menjelaskan tentang cara membuat iklan di facebook ads. Perlu diketahui, dalam membuat iklan di facebook ads sangat direkomendasikan untuk membuat melalui dekstop atau laptop/pc.
Langsung saja, silahkan disimak dengan seksama :
Tutorial Dasar dan Cara Membuat Iklan Di Facebook Ads
Langkah #1 – Create Ads atau Creat Advert
Ketika anda masuk ke facebook, silahkan anda klik ditombol bagian kanan atas dan pilih “Create Advert” atau “Buat Iklan”
Langkah #2 – Menentukan kampanye iklan
Dicara 2 ini anda akan menentukan kampanye iklan yang akan anda buat sesuai dengan kabutuhan iklan yang ingin anda hasilkan. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang kampanye iklan FB Ads silahkan anda bisa membaca postingan kami disini Memahami Kampanye Dalam Membuat Facebook Ads. Namum dalam pembahasan kali kita akan mengambil contoh dari “interaksi” atau “Engagment” yang gunanya untuk memperbanyak interaksi postingan kita.
Langkah #3 – Menentukan Target Audience
Dicara yang ketiga ini bisa disebut cara yang tidak simpel, karena dibagian ini kita harus sering melakukan percobaan dan evaluasi yang sering, karena semakin sering kita mencoba, maka kita akan semakin faham bagaimana mentargetkan audience yang sesuai dengan produk yang kita jual. (Baca disini: Cara Menentukan Target Audience Dalam Membuat Iklan Di Facebook Ads)
Disini kita akan mengambil contoh untuk mentargetkan calon pembeli kaos anak, jadi audience yang perlu kita targetkan adalah mereka yang kira-kira akan membeli kaos anak. Disini juga sangat penting bagi kita untuk mengetahui target market kita. Jika kaos anak, kita akan mentargetkan audience dengan spesifikasi: ibu2 muda yang kira2 punya anak dibawah 10 tahun, maka muncullah hasilnya seperti digambar dibawah ini:
Keterangan gambar:
Wanita usia 27-40, menikah, memiliki minat: blibli. com mataharimall. com OLX Indonesia dll. Sehingga muncullah perkiraan jangkauan potensial sebesar 1.200.000 pengguna facebook.
Langkah #4 – Pemenpatan tampilan iklan
Disini anda akan mengatur dimana iklan anda akan ditempatkan, otomatis kah atau manual, maksudnya jika otomatis berarti akan ditentukan oleh facebook dan juga sebaliknya.
Penempatan manual terdiri sebagai berikut (cek gambar dibawah):
Dalam hal ini, jika anda beriklan menggunakan PPE atau interaksi postingan, kami sangat menyarankan untuk menggunakan penempatan iklan Facebook (mobile & dekstop), dan untuk menonaktifkan semua tempat.
Langkah #4 – Menentukan Anggaran Harian
Rumus penentuan budget harian, bemakin besar budget yang dikeluarkan, maka semakin banyak pula jangkauan iklan yang dicapai. 🙂
Disini untuk langkah awal kami menyarankan untuk memerikan budget 50rb per hari, karena jika terlalu kecil maka jangkauan iklan anda juga sedikit.
Setelah mengisi budget harian, klik “Lanjutkan” dibagian bawah bawah kanan.
Langkah #5 – Menentukan halaman dan postingan yang akan diiklankan
Dilangkah ini, silahkan anda pilih halaman/fanspage dan postingan mana yang akan iklankan. Tentunya sebelumnya anda sudah membuat postingan di fanspage anda, namu jika belum anda bisa membuat postinan anda dilangkah ke #5 ini. 🙂
Langkah #6 – Lakukan Pemesanan
Jika anda sudah benar-benar mantap dengan langkah2 diatas yang anda buat, silahkan dari langkah #5 anda bisa langsung scroll kebawah dan klik “Lakukan Pemesanan”, maka iklan anda akan direview oleh Facebook dan akan segera terbit setelah iklan anda disetujui. 🙂
Sekian dari kami, selamat praktek 🙂
Baca juga postingan kami:
Hal dasar yang perlu diperhatikan dalam beriklan di Faceook Ads