Ketika kamu mulai beriklan di facebook, maka iklan kamu akan disebarkan oleh facebook ke user facebook tertentu sesuai perintah kamu. Tetapi hal yang perlu kamu ketahui adalah bukan cuma kamu satu-satunya yang beriklan di facebook. Ada ratusan ribu bahkan jutaan orang lainya yang beriklan di facebook, sehingga iklan kamu akan bertarung dengan iklan mereka yang mempunyai target market yang sama seperti kamu.
Nah tentu saja agar bisa memenangkan pertarungan tersebut, kamu harus tahu 5 hal penting sebelum beriklan di facebook agar iklan kamu lebih unggul dari yang lain. Sebab tanpa mengetahui kelima hal ini, kamu hanya akan membuang-buang uang saja.
Simak kelima tips berikut!
- Pahami karakter target audience kamu
Salah satu fitur istimewa dari Facebook Ads adalah kemampuannya untuk membidik target audience dengan sangat spesifik, berdasarkan demography, geography, timing, behaviour, dan connection.
Demography: usia, jenis kelamin
Geography: lokasi (negara, kota besar, jangkauan mil)
Timing: hari dan jam berapa iklan kamu aktif
Behaviour: pengguna mobile, tablet, smartphone, wifi based, digital marketer, dsb
Connection: membidik teman – temannya dari fans kamu / tidak membidiknya
Oleh karena itu, sebelum Kamu mulai beriklan… pastikan dulu bahwa Kamu sudah benar-benar kenal karakter dari target audience yang ingin Kamu targetkan.
Apa yang dimaksud dengan karakter target audience Kamu?
Saya langsung berikan contoh ya agar lebih jelas,
Misalkan: saya ingin beriklan untuk jasa pembuatan jas pengantin pria untuk calon pengantin, harga pembuatan jas nya berkisar Rp 8 – 25 juta per set dan lokasi workshop saya ada di Jakarta dan Bandung.
Berdasarkan bisnis saya diatas, maka saya dapat membuat sebuah deskripsi tentang karakter audience yang ingin saya bidik di Facebook sebagai berikut:
Usia: 25 – 35 thn
Gender: laki – laki
Lokasi: Jakarta dan Bandung
Interest: bridal, wedding, wedding magazine, wedding photography, wedding ring
Connection: teman – teman nya dari Fans Page Kamu
Behaviour: pengguna mobile, yang pakai smartphone berbasis IOS saja
Untuk dapat mengetahui lebih jelas seperti apa karakter target audience ini, memang seringkali Kamu harus melakukan riset terlebih dahulu.
- Tentukan tujuan beriklan di facebook
Mau di giring ke web kah ? Mau di suruh hubungi Whatsapp ? Atau mau diarahkan ke FB Messenger ? Kamu harus pastikan ini, sehingga bisa menentukan jenis campaign yang tepat.
Dengan mengetahui tujuan beriklan di Facebook juga akan memudahkan Kamu dalam membaca data di dashboard Ads manager. Kamu jadi lebih paham metriks – metriks apa saja yang harus diperhatikan, terkait dengan goal iklan yang sudah ditetapkan sebelumnya.
- Membuat posting yang mengajak berinteraksi
Apabila Kamu menekankan ini pada calon audiens, maka besar kemungkinan Kamu untuk meningkatkan pasar yang dimiliki.
Mungkin orang yang menjadi target audiens Kamu tidak berminat dengan produk atau jasa Kamu, tapi ia bisa menjadi perpanjangan tangan Kamu untuk menjangkau calon konsumen yang lebih luas. Selalu tekankan “likes, comments, dan share” dalam setiap post Kamu.
- Membuat iklan yang menarik untuk target audience
Memahami format iklan yang Kamu buat amatlah penting. Seperti yang Kamu ketahui bahwa secara garis besar, format iklan yang kita pasang di facebook terdiri dari 2 komponen utama, yaitu:
- Teks
- Gambar
Dua komponen (teks dan gambar) inilah yang akan paling terlihat di facebook orang lain ketika iklan Kamu tayang dan ini sangat menentukan performa iklan Kamu.
Bayangkan kalau Kamu beriklan hanya dengan menuliskan kata-kata biasa yang bersifat jualan dan gambar seadanya (mungkin karena Kamu tidak dpat mengedit foto) hampir dapat dipastikan respon dari target audience Kamu akan sangat rendah dan inilah yang kebanyakan terjadi pada kenyataannya.
Oleh karena itu bila Kamu mampu membuat iklan yang powerfull (strategi gambar + teks), maka iklan Kamu akan dilihat & diklik oleh semakin banyak orang yang melihatnya bahkan Kamu bisa mendapatkan efek viral dari iklan tersebut kalau Kamu bisa mempadukan kombinasi teks dan gambar yang sangat menarik
Salah satu tool yang dapat Kamu gunakan untuk membuat gambar dengan mudah adalah www.canva.com. Silahkan kamu registrasi gratis disana dan bereksplorasi dengan fitur – fitur yang telah disediakan seperti template – template gambar yang sudah ready.
- Tentukan parameter split test
Split test adalah uji coba iklan ketika kamu baru memulai untuk mengetahui jenis iklan apa dan target audience yang mana yang cocok untuk bisnis kamu. Kalau Kamu sudah yakin & pede dengan riset audience nya, kamu tidak perlu split test. Tapi saya sarankan tetap lakukan split test, untuk mengetahui komposisi iklan yang terbaik.
Mengapa? Sebab belum tentu iklan yang kita buat akan langsung berhasil. Kemungkinan langsung berhasil itu sangat kecil, hanya 0.001% saja! Jadi lakukanlah split agar kamu menemukan iklan terbaik untuk bisnis kamu.
Apa saja yang perlu di tes ? Di bagian Adset bisa tes berdasarkan usia, jenis kelamin, kota tempat tinggal, atau pengelompokkan interest tertentu. Split test adalah langkah tepat menemukan hasil yang terbaik.
Nah bagaimana? Tertarik menggunakan Facebook ads?
Kalau kamu ingin serius mendalami ilmu Facebook ads, maka kamu bisa mendaftarkan diri menjadi member kelas online di www.kelas.seomuda.di/kelas-facebook-ads-advanced
Kamu akan mendapatkan materi yang lengkap, mulai dari awal memulai beriklan di facebook, sampai bagaimana cara mendapatkan winning campaign. Kelebihan lainya kalau kamu join di kelas facebook ads seomuda ialah kamu bisa bertanya-tanya langsung dengan mentor lewat support group.
Kami tunggu kamu di member area!