5 Langkah Optimasi Web Sederhana untuk memaksimalkan SEO

0
173
5 Langkah Optimasi Web Sederhana untuk memaksimalkan SEO

SEO Merupakan dasar utama untuk membangun sebuah web bertrafik organik. Sebelum kita melangkah ke Search Engine Optimization yang lebih jauh, alangkah baiknya jika kita memaksimalkan dulu Optimasi Web Dasar yang sederhana dan mudah dilakukan. Jika semua itu telah maksimal, maka kedepanya kita akan mudah dalam menerapkan optimasi web yang lebih lanjut agar traffic website meningkat.

5 Optimasi Web Sederhana untuk Memaksimalkan SEO

1. Utamakan Kecepatan Situs

Kecepatan loading situs merupakan hal yang paling diutamakan saat ini. Hal ini disebabkan karena sekarang hampir 70% lebih pengguna Internet menggunakan perangkat Mobile. Jika web sulit dimuat dan berat maka visitor pun akan kabur dan enggan mengunjungi website kita lagi. Dan perlu diketahui, saat ini google sangat mengutamakan kecepatan situs dan mobile friendly.

2. Bangun Artikel Pilar Berkualitas

Artikel pilar merupakan artikel penopang yang berisi keyword yang kita targetkan. Jadi, agar website kita kuat di search engine, kita harus membuat beberapa artikel pilar berkualitas yang disetiap artikel di sisipkan keyword utama dari web yang kita buat. Namun, jika anda belum bisa atau tidak ada waktu untuk membuat artikel pilar, Anda bisa membeli ke orang lain atau bisa juga menyewa content writer berkualitas.

3. Perbaiki Struktur Web atau Template

Struktur Web juga merupakan dasar penting dalam SEO. Usahakan menggunakan template yang memiliki struktur data valid schema dan HTML 5. Untuk mengeceknya, Anda bisa menggunakan tool milik google yang bernama Structure data testing tool dan Microdata schema test. Jika ada beberapa kesalahan, anda bisa memperbaikinya secara manual.

4. Perbaiki Broken Link

Memperbaiki broken link merupakan hal rutin yang wajib dilakukan admin web. Hal ini bertujuan agar pengunjung tidak kabur karena menemukan link yang rusak seperti 404 page not found. Anda bisa menggunakan Broken link checker untuk mengecek link yang mati. Namun, anda bisa juga mengecek dan memonitor via Google Webmaster.

5. Submit ke Webmaster

Submit ke webmaster merupakan hal wajib yang harus dilakukan agar website dan artikel kita terindeks oleh search engine. Sebelum submit, pastikan keempat langkah sebelumnya sudah dilakukan. Jika sudah, maka Anda dapat mendaftar ke Google Webmaster, Bing Webmaster dan Yandex Webmaster. Setelah anda mendaftar, anda dapat melakukan semua langkah-langkah yang diperintahkan masing-masing webmaster. Hal tersebut bertujuan agar website kita teroptimasi dengan maksimal. Namun, hal yang terpenting yang harus dilakukan yaitu mensubmit sitemap website yang kita miliki.

Sekian Artikel mengenai 5 Langkah Optimasi Web sederhana yang dapat memaksimalkan SEO. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda bisa meninggalkan komentar dibawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here