5 Tools Ajaib untuk Riset Keyword Website

5 Tools Ajaib untuk Riset Keyword Website

Dalam memaksimalkan praktek SEO onpage dan offpage, kamu harus dan wajib melakukan riset keyword terlebih dahulu.

Mengapa? Karena akan sia-sia kalau kamu membuat artikel sebanyak gudang tetapi keywordnya salah, sehingga hasilnya tidak optimal.

Jadi sebelum kamu membuat artikel untuk blog, ada baiknya kamu melakukan riset keyword terlebih dahulu. Sebab dengan begitu, kamu bisa dengan mudah mendapatkan hasil yang kamu inginkan dan mengalahkan kompetitor dalam menjaring trafik yang benilai tinggi dan potensial.

Berikut beberapa tools yang bisa kamu gunakan dalam riset keyword:

1. Ubersuggest

Kalau tool riset pada umumnya memberikan kata turunan dari target kita, berbeda dengan Ubersuggest. Tool riset yang satu ini selain bisa digunakan secara GRATIS juga bisa menghasilkan saran keyword yang baru dan tetap relevan.

Dalam mengukur tingkat keunikan keyword, ubersuggest menggunakan parameter SEO difficulty (SD). Adapun ukuran yang dipakai SD dalam melihat kekuatan halaman pertama sebuah web ialah DA dan PA MOZ, sehingga kamu tidak bisa menjadikan ini sebagai satu-satunya sumber riset. Hal tersebut disebabkan tingkat akurasinya yang tidak 100 persen.

2. Semrush

Fitur yang ditawarkan semrush mirip dengan ubersuggest, yakni memberikan ide kata baru dari keyword utama bukan kata turunan. Pada umumnya, semrush digunakan dalam menganalisa keyword dari website kompetitor dan menampilkan volume trafik pada keyword yang kamu targetkan. Hal tersebut tentu sangat membantu ketika kamu ingin website bisnis kamu tampil di awal halaman pencarian google.

Kamu bisa melihat keyword apa saja yang di ranking oleh kompetitor atau keyword mana yang belum di optimasi kompetitor bisa kamu lihat menggunakan tools semrush ini. Sayangnya, tools in tidak memberikan informasi tingkat kesulitan untuk keyword tersebut. Berbeda dengan tools long tail pro yang memberikan informasi tingkat kesulitan keyword berdasarkan metrik keyword competitivenes (KC).

3. Kompetitor keyword

Kamu bingung mau gunain software untuk riset keyword? Tenang aja, kamu juga bisa langsung website ke kompetitor dan perhatikan keyword yang mereka gunakan. Ingat, sesuaikan dulu dengan target keyword kamu.

Caranya bagaimana? Browsing  ke postingannya untuk melihat keyword yang mereka gunakan, perhatikan bagaimana mereka menyampaikan artikelnya, dan kalau sudah ketemu, kamu tinggal modif saja sebagian. Tetapi bukan copas ya..

4. Google hidden keyword

Fitur ini masih terbilang baru dari hasil pencarian google, dimana yang selama ini kita ketahui dari hasil pencarian hanya ada dua, yaitu google suggest (keyword yang muncul saat kita mengetikan query di kotak pencarian), dan google related search (biasanya muncul di akhir hasil pencarian).

Yang satu ini bisa di bilang hidden karena keyword akan muncul setelah kita masuk ke salah satu website hasil pencarian google, kemudian klik tombol “back” pada browser.

Mengapa hidden? Karena keyword ini sebenarnya sudah muncul di hasil pencarian, namun google menggunakan code css <style=”display:none”> sehingga keyword ini baru di muncul saat user menekan tombol back pada browser.

5. Google search console

Google search console (GSC) merupakan aplikasi yang harus kamu install dalam website bisnis kamu. Fitur yang ditawarkan GSC hampir terbilang lengkap. Sebab dengan GSC kamu dapat melihat performa dari website, memeriksa error dalam struktur website, dan bagaimana website kamu dalam crawl google.

GSC juga bisa digunakan untuk melihat search query yang sudah masuk kedalam website kamu, dengan begitu kamu bisa tau mana keyword yang belum di optimasi, apakah perlu di buat artikel baru atau mengoptimasi artikel yang sudah ada.

Fungsi fitur ini adalah melihat berapa kali website kamu muncul saat user mengetikan query tertentu, dan berapa kali website kamu di klik untuk query tersebut. Sehinggal google bisa memastikan berapa persen ctr website kamu untuk pencarian query tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai, ada yang bisa kami bantu?