Cara Meningkatkan Keamanan Website berbasis WordPress

0
5

Di zaman modern ini, website menjadi salah satu kebutuhan pokok yang wajib dimiliki untuk menunjang bisnis atau kebutuhan kita. Banyak dari mereka yang memanfaatkan website sebagai media untuk menghasilkan uang atau membentuk branding bagi bisnis yang dimiliki. Namun, seiring dengan menjamurnya website, banyak pula para pihak-pihak tak bertanggung jawab yang ingin mencuri data atau meretas sebuah website seperti blog, portal berita, toko online (e-commerce) atau company profile.

Nah, salah satu CMS paling populer saat ini yaitu wordpress. WordPress menjadi salah satu sasaran empuk bagi para hacker yang jahil atau ingin memanfaatkan peluang. Nah untuk mengatasi hal ini, tentu kita harus pintar dalam memanage sebuah website. Salah satunya yaitu upaya meningkatkan keamanan atau security dari sisi internal.

Dengan begitu, website yang kita miliki tidak akan mudah untuk ditembus oleh para oknum-oknum jagat tersebut. Berikut adalah 5 Cara Meningkatkan Keamanan Website berbasis WordPress… Simak artikel lengkapnya

1#. Pilih Layanan Web Hosting Terpercaya

WordPress (terutama jenis self hosted) tentu membutuhkan sebuah hosting untuk bekerja. Disana file-file data akan disimpan. Jadi hal ini merupakan hal yang paling krusial bagi sebuah website. Anda harus memilih penyedia hosting yang terpercaya dan keamananya sudah terjamin agar data-data anda aman. Karena seaman apapun website jika hosting sendirinya pun tidak aman pasti akan terbobol juga.

Selain itu, pilihlah hosting dengan fitur backup otomatis agar jika hal buruk terjadi, website anda masih bisa terselamatkan.

2#. Gunakan Protokol HTTPS

Saat ini, era trend website telah berkembang pesat. Perubahan protokol pun menjadi sebuah kewajiban. Salah satu protokol yang berkembang yaitu http. Saat ini http sudah ditinggalkan oleh mayoritas website besar karena sudah dinilai tidak aman dalam menjaga data client. Jadi sebaiknya sekarang anda migrasi menggunakan layanan protokol HTTPS.

Carilah penyedia domain yang sudah mendukung protocol ini. Dengan memasang SSL dan TLS maka proses transmit data anda client dan server akan lebih aman.

Selain perihal keamanan, https juga berpengaruh terhadap SEO (Search Engine Optimization). Google secara terang-terangan mengatakan bahwa website dengan protokol https akan lebih di prioritaskan di hasil pencarian.

3#. Gunakan Username dan Password yang Kuat

Kesalahan yang paling mendasar bagi para webmaster yaitu menggunakan password yang mudah ditebak. Usahakan untuk menggunakan admin dan username yang sulit dengan kombinasi huruf kapital, angka dan simbol. Dan lebih aman lagi, hindari username Admin jika ingin lebih sulit untuk diretas.

4#. Install Plugin Security

Cara yang paling mudah dan instan yaitu dengan memasang plugin security. Seperti hal nya komputer windows yang membutuhkan antivirus, hal ini juga berlaku pada sebuah website. Salah satu plugin yang mimin rekomendasikan yaitu wondfence, Anti-Malware, Sucuri serta All In One WP Security.

5#. Hindari penggunakan Theme & Plugin Bajakan

Theme dan plugin bajakan memiliki risiko tinggi mengandung malware berbahaya. Upayakan untuk selalu menggunakan produk yang original karena hal ini sangat penting untuk jangka panjangnya. Lebih baik modal di awal besar dari pada keteteran di akhir karena kerugian yang disebabkan oleh malware berbahaya tersebut.

Sekian artikel mengenai cara meningkatkan keamanan website berbasis wordpress. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jangan lupa share ke teman kalian ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.