Pentingnya Database untuk Masa Depan Bisnis Online

0
219
Pentingnya Database untuk Masa Depan Bisnis Online

Saat ini, banyak perusahaan besar yang rela mengucurkan banyak dana hanya untuk mengumpulkan Database. Bagi perusahaan Digital berbasis Online, data biasanya dikumpulkan dalam bentuk identitas digital seperti email, akun sosial media, nomor telepon, nama, alamat dan data lainya sesuai kebutuhan perusahaan. Tidak hanya itu, data juga bisa dikumpulkan untuk kebutuhan targeting seperti dalam bentuk data pixel (facebook) atau remarketing (di adword).

Bagaimana Cara Mengumpulkan Database?

Untuk mengumpulkan semua data itu, tentu kita harus berinvertasi terlebih dahulu seperti beriklan, memberikan produk secara gratis, memberi diskon dan promo, atau hal lainya yang menguntungkan bagi para konsumen. Jadi, secara halusnya konsumen mendapatkan manfaat, kita mendapatkan data.

Apa manfaat bagi Perusahaan?

Data merupakan aset digital yang sangat penting. Jadi, jika kita telah memiliki database maka perusahaan kita sudah berada di zona aman karena kita sudah memiliki prospek (calon pelanggan). Salah satu pemanfaatan database lainya yaitu jika kelak terjadi perubahan atau sesuatu, misalnya kita ingin mengubah nama perusahaan atau brand, kita tidak perlu lagi membangun branding karena kita telah memiliki database pelanggan. Kita hanya perlu memberitahu mereka bahwa kita berganti nama dan mereka pun akan langsung mengetahuinya.

Selain itu, Database bisa dimanfaatkan sebagai :

a. Sarana Edukasi

Jika kita telah memiliki database, kita bisa memberi edukasi kepada calon pelanggan kita. Kita dapat memberikan ilmu-ilmu yang dibutuhkan mereka yang nantinya bisa mendorong mereka untuk membeli produk yang kita miliki.

b. Membangun kedekatan dengan konsumen

Database tidak melulu sebagai alat untuk promosi. Database juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk membangun kedekatan dengan konsumen. Kita dapat memberikan mereka hadiah seperti diskon, give away atau hal lainya yang bisa menyenangkan hati pelanggan kita. Jika konsumen sudah merasa senang dan dekat dengan kita, maka mereka kemungkinan akan menjadi pelanggan setia yang loyal.

c. Sarana Survei

Nah, sebagai tindakan selanjutnya, kita dapat meminta saran dan pendapat mereka melalui kolom survei. Dengan begitu kita dapat mengetahui kepuasan, kekecewaan atau keinginan mereka. Hal ini bisa kita manfaatkan sebagai sarana untuk evaluasi dan perbaikan untuk kedepanya agar perusahaan yang kita miliki lebih baik.

d. Sarana untuk Berjualan

Dan yang paling utama, kita dapat memanfaatkan database sebagai sarana untuk berjualan. Kita dapat mengirimkan penawaran-penawaran menarik kepada para calon pelanggan kita. Selain itu, kita dapat melakukan follow up kepada calon pelanggan yang dulu pernah berminat terhadap produk yang kita jual. Hal ini dapat meningkatkan angka closing yang berimbas pada naiknya OMSET PENJUALAN.

Kesimpulan

Jadi, alangkah baiknya mulai sekarang kita mulai mengumpulkan database. Hal ini bertujuan agar kedepanya kita bisa memanfaatkan data ini untuk kepentingan perusahaan dan pengembangan yang lebih berkelanjutan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here