Pentingnya Desain dalam Dunia Marketing

0
150
Pentingnya Desain dalam Dunia Marketing

Desain merupakan penunjang yang sangat dekat dengan Masyarakat. Hampir segala aspek kehidupan menggunakan desain grafis sebagai media untuk berkomunikasi. Secara subyektif, desain merupakan sebuah karya yang dibuat manusia untuk mengekspesikan diri dalam wujud penampilan yang dapat dilihat oleh indra manusia dan dinikmati oleh jiwa penikmatnya. Maka dari itu, desain juga sangat berperan penting dalam dunia marketing.

 

Coba lihat semua benda disekitar Anda, pasti semuanya memiliki DESIGN. Semua karya itu dapat berupa karya 2 Dimensi atau 3 Dimensi. Benda yang anda pegang pun seperti laptop atau smartphone itu memiliki design. Tidak hanya luarnya saja, di dalamnya pun terdapat design grafis yang menunjang untuk mempermudah anda untuk berkomunikasi dengan benda yang anda miliki.

Hal inilah yang menyebabkan design sangat penting den berpengaruh dalam dunia marketing. Jika lebih mengkrucut, desain grafis sangat bermanfaat dalam dunia marketing atau apapun yang berbau komersial. Misalnya untuk iklan, banner, produk, logo, dan hal lainya.

Dan bagi marketer, desain juga dapat digunakan untuk kegiatan berpromosi, contohnya seperti banner promo, katalog produk, giveaway dan media lainya. Dengan design yang maksimal, tentu diharapkan dapat menarik perhatian calon konsumen sehingga pesan yang kita sampaikan melalui design tersebut dapat diterima oleh para audience.

Tentu dalam kasus ini, para desainer grafis profesional pasti mampu menangkap dan memahami apa yang dibutuhkan dalam marketing dan menterjemahkanya kedalam bentuk desain grafis yang komunikatif.

Berikut adalah manfaat dan pentingnya desain dalam dunia marketing.

  1. Sarana untuk menyampaikan pesan

Dengan desain yang baik, kita akan mampu berkomunikasi dengan calon pembeli hanya dengan sebuah desain atau gambar. Maka dari itu, usahakan desain yang anda buat mampu dicerna dengan mudah dan pesan yang ingin kita sampaikan dapat dimengerti oleh para calon konsumen.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan desain, kita dapat meningkatkan ingatan calon pembeli atau konsumen dalam mengenali dan mengingat merek, brand, produk atau jasa yang anda tawarkan.

Jika sesuatu yang anda tawarkan telah tertanam dalam ingatan mereka maka maka peluang terjadinya interaksi dan aksi akan lebih tinggi.

3. Dapat meningkatkan OMSET Penjualan

Berbagai pihak setuju bahwa desain yang menarik dapat meningkatkan penjualan. Jika ada 1 produk yang sama namun desain berbeda apakah yang terjadi? Coba anda bayangkan, misal anda membeli produk di marketplace, apa yang anda lihat? yang pertama pasti foto atau gambar produk bukan? Walau jenis produk yang sama, anda akan memiliki kecenderungan memilih produk yang menarik secara visual.

pengaruh desain produk terhadap penjualan
Kira-kira, anda akan mengklik yang mana?

Maka dari itu, kita dapat simpulkan bahwa desain yang baik dan menarik dapat mendorong calon pembeli untuk melakukan pembelian.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi Anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan anda dapat meninggalkan komentar dibawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here