Sebagai sosial media, instagram mampu membantu bisnis anda dikenal lebih luas di masyarakat melalui branding.
Branding dalam prakteknya ialah persepsi dari orang lain dalam menilai bisnis anda. Dalam menentukan branding yang tepat anda mungkin harus bertanya lagi kepada diri anda: apa tujuan saya membangun bisnis ini?
Sebab dengan tujuan yang konsisten dari awal, maka branding yang akan kita pilih pun di sosial media mana pun tidak asal-asalan. Karena dengan branding yang konsisten dan sesuai dengan produk yang anda tawarkan, maka orang yang akan berinteraksi dengan akun bisnis instagram anda adalah target market yang sesuai.
Berikut adalah lima trik marketing di Instagram yang mudah diterapkan yang akan membantu Anda mengembangkan merek Anda.
- Lintas mempromosikan posting Instagram
Ingin dengan mudah menambahkan followers Instagram baru yang sudah mencintai merek Anda? Posting di seluruh profil media sosial Anda yang lain – Facebook, Twitter, LinkedIn , dll. – dan undang mereka untuk mengikuti profil Instagram Anda. Mereka sudah mengikuti Anda di media sosial, jadi mereka jelas tertarik dengan apa yang Anda tawarkan, jadi beri mereka cara lain untuk terhubung secara sosial ke produk Anda.
Tetapi jangan berharap bahwa posting Anda akan menjangkau semua orang yang terhubung dengan merek Anda di media sosial. Banyak orang menjauh dari platform media sosial tertentu dan beberapa tidak aktif di beberapa daripada di jaringan lain. Anda ingin followers Anda terhubung dengan sebanyak mungkin profil sosial Anda untuk meningkatkan jangkauan Anda per posting.
- Kenali audiens Anda
Untuk menjual produk dan terhubung dengan pelanggan, Anda harus tahu siapa audiens Anda, apa yang mereka butuhkan dan bagaimana bisnis Anda dapat membantu. Untuk memulai strategi halaman Explore Anda, pikirkan pertanyaan berikut:
- Siapa target audence Anda?
- Hal-hal apa saja yang menarik minat mereka?
- Seperti apa akun Instagram mereka sendiri?
- Siapa yang mereka ikuti/follow?
Pikirkan halaman Instagram Explore yang paling ingin Anda tampilkan. Hal seperti apa yang disukai orang –orang ini? Ide bagus adalah membuat persona untuk individu ini.
Begitu Anda mengetahui target audiens Anda, Anda dapat menemukan dan mengenal mereka lebih baik.
Untuk membuat perbedaan apakah konten Anda diabaikan atau dibagikan, Anda harus perhatikan sosial media Anda. Anda perlu memperhatikan audiens dan konten yang mereka sukai untuk menyesuaikan konten Anda dengan mereka.
Jika Anda sudah mengikuti akun yang relevan dengan industri dan target audiens Anda, halaman Explore Anda sendiri akan memberi insight tentang apa yang perlu Anda lakukan.
- Jangan spamming audiens Anda
Anda memposting cukup sering agar merek Anda tetap relevan, tetapi ketika Anda memposting terlalu sering sehingga Anda membanjiri followers Anda, mereka akhirnya berhenti mengikuti akun Anda karena mereka merasa terus-menerus berada di hadapan mereka.
Tidak ada formula posting ajaib yang akan bekerja untuk setiap merek. Anda perlu menguji dan melihat bagaimana audiens Anda merespons . Sebagai titik awal, saya sarankan memposting dua kali sehari, bergantian kali dalam sehari untuk mencari tahu kapan pertunangan tertinggi Anda terjadi. Kemudian mulailah bereksperimen dengan lebih banyak dan lebih sedikit posting per hari, sangat memperhatikan pertunangan.
Setelah Anda menemukan formula terbaik, pekerjaan itu tidak berhenti – karena jumlah followers Anda bertambah, Anda harus selalu bisa menyesuaikan.
- Buat pos interaksi dengan audiens
Tingkatkan peluang target audiens Anda untuk menemukan konten Anda dengan melakukan semua yang bisa dilakukan untuk meningkatkan interaksi. Semakin banyak like dan komentar yang dimiliki postingan Instagram Anda, semakin besar kemungkinannya untuk muncul di halaman explore target audiens Anda.
Saat Anda posting foto atau video, pikirkan bagaimana Anda bisa mendapatkan akun yang lebih besar dengan lebih banyak follower menyukai (like) atau memberi komentar.
Misalnya jika anda memiliki usaha brand desain interior, Anda berbagi foto ruangan tempat Anda bekerja, tag semua perusahaan dan produk yang Anda gunakan untuk menjangkaunya. Anda juga bisa tag akun Instagram majalah desain interior atau blogger lifestyle yang relevan.
Jika Anda berbagi Instagram Stories dari akun brand Anda, pastikan Anda tag lokasi dan juga akun lain yang relevan.
Beri tag lokasi untuk meningkatkan kemungkinan Stories Anda disertakan dalam Stories Lokasi Instagram (yang menyajikan Stories dari akun di wilayah geografis tertentu.) Ini membantu pengguna lokal melihat konten Anda dan terjadi interaksi atau keterlibatan dengan brand Anda.
- Instagram hashtag
Membuat tagar di instagram adalah cara yang bagus untuk membuat interaksi instan. Strategi yang sangat sederhana yang dapat digunakan adalah membuat tagar yang digunakan pelanggan untuk menandai foto mereka dengan produk yang baru saja mereka beli.
Misalnya, membuat tagar yang dapat dicari perusahaan Anda untuk dikirim ulang gambar-gambar pelanggan Anda dengan produk Anda akan menghasilkan dua hal:
Ini akan menyebabkan lebih banyak followers Anda menggunakan tagar dan memposting gambar mereka dengan produk Anda karena mereka ingin ditampilkan di halaman Anda
Setiap kali seseorang memposting menggunakan tagar Anda, mereka mengekspos semua followers mereka ke perusahaan dan produk Anda – iklan gratis!
Bagi anda yang ingin serius dan ingin mendalami lebih lanjut instagram marketing, anda bisa bergabung menjadi member di www.kelas.seomuda.id/kelas-instagram
Keuntungan menjadi member di kelas SEOMuda ialah anda mendapatkan akses penuh semua materi instagram marketing dan masuk grup support agar bisa bertanya-tanya langsung dengan mentor.
Jadi tunggu apalagi, segera daftarkan diri anda!