Instagram dikenal sebagai sosial medianya anak muda dan keberadaanya menjadi ladang bagi Anda para pebisnis online. Sebab apabila kita cermati, sekilas tampilan profil akun mirip dengan akun toko online: ada bio untuk masukkan deskripsi toko, ada link untuk masukkan url, ada highlight untuk menginfokan promosi atau yang lain, dan koleksi foto-foto yang bisa Anda jadikan katalog.
Banyak fitur lainya yang dapat membantu Anda dalam memaksimalkan fungsi instagram sebagai toko online. Jadi sangat disayangkan apabila Anda tidak mengetahui cara-cara dalam mengembangkan bisnis Anda lewat instagram.
Tapi tenang!
Kami akan membagikan tips-tipsnya dalam mengembangkan bisnis Anda melalui strategi instagram marketing yang telah banyak membantu mengembangkan bisnis-bisnis masyarakat Indonesia dan dunia.
- Beralih menjadi profil bisnis
Sebelum Anda mulai berpikir tentang rencana instagram marketing, pastikan Anda memiliki Akun Bisnis Instagram.
Cukup buka pengaturan Anda dan klik “Beralih ke Profil Bisnis” untuk memulai.
Ada beberapa manfaat yang jelas untuk memiliki profil bisnis:
- Followers dapat mengklik tombol kontak Anda untuk menghubungi Anda langsung dari halaman Instagram Anda seperti yang mereka lakukan dari situs web Anda.
- Profil bisnis memungkinkan Anda membuat dan menerbitkan iklan Instagram tanpa perlu menggunakan alat iklan Facebook.
- Anda juga dapat mengakses alat analisis Instagram, yang disebut Wawasan, yang menyediakan statistik tentang tayangan dan jangkauan posting Anda.
Selanjutnya Anda harus mulai menggunakan fasilitas profil bisnis tersebut untuk melacak metrik dan memahami audiens Anda.
- Rangkul influencer untuk memasarkan produk
Cara kedua ini merupakan cara yang cukup efektif dalam mengedukasi calon konsumen di instagram. Kalau Anda ingin menjangkau pelanggan potensial di instagram, cara tercepat untuk melakukannya adalah melalui influencer yang telah punya puluhan ribu folllowers tetapi brand imagenya relevan dengan produk yang Anda tawarkan.
Sebelum Anda bekerja sama dengan seorang influencer, langkah pertama adalah mencoba dan mengidentifikasi beberapa influencer yang memiliki audiens yang relevan dengan produk atau layanan Anda. Jika Anda bermitra dengan influencer industri yang tepat , Anda bisa mengeluarkan merek Anda di depan para pengguna itu.
Jadi ketika ia membagikan sesuatu di feed instagram tentang produk Anda, maka orang yang menjadi audiens dari influencer tersebut mudah percaya dengan produknya karena orang yang mereka idolakan telah menggunakan produk tersebut.
Bermitra dengan influencer memberikan Anda keuntungan jangka pendek dan jangka panjang. Pada keuntungan jangka pendek penjualan Anda dapat meningkat dari biasanya, sementara keuntungan apabila Anda bekerja sama dalam jangka panjang ialah Anda membangun kesadaran merek (brand awareness) dengan audiens Anda. Merek produk akan dikaitkan dengan influencer tersebut dengan sendirinya.
- Tetapkan waktu posting promosi
Salah satu hal yang harus Anda lakukan berkaitan dengan waktu posting adalah memiliki waktu posting yang rutin tanpa mengganggu follower Anda dengan update yang berlebihan.
Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih jadwal adalah dengan melakukan test di waktu yang berbeda dan lihat hasilnya. Mana postingan yang memiliki engagement (atau keterlibatan pelanggan – biasa dalam rupa likes dan komentar) paling tinggi. Setelah Anda melihat mana waktu yang paling tepat, masukkan waktu tersebut di content calendar atau kalender editorial Anda untuk menjadwalkan waktu posting Instagram Anda.
Anda dapat mengetahui kapan followers Anda paling aktif di Instagram Insights, jadi hari dan waktu terbaik Anda untuk memposting mungkin akan berbeda tergantung pada audiens spesifik Anda.
- Terapkan tema visual yang konsisten
Sebuah penelitian dari WebDam mengenai visual di social media menemukan bahwa 60% dari brand terkenal di Instagram menggunakan filter yang sama pada setiap post.
Dengan menggunakan filter yang sama di semua foto Anda, akun Instagram bisnis Anda akan memiliki sebuah style yang mudah dikenali oleh follower Anda. Karena salah satu objektif Anda dalam menggunakan Instagram adalah untuk mendapat likes dan komentar. Semakin mudah dikenali foto Anda, semakin besar kemungkinan followers Anda akan me-like dan meninggalkan komentar di foto Anda.
Untuk membantu Anda membuat visual yang konsisten, Anda bisa menggunakan aplikasi editing seperti VSCOcam dan Enhance. Kedua aplikasi ini menyediakan filter dan opsi editing yang bisa membantu Anda menemukan style yang sesuai dengan brand Anda.
- Membangun komunitas melalui hashtag
Hashtag pada Instagram dapat dikatakan hampir sama seperti hashtag pada media sosial lainnya, seperti pada Twitter. Fungsinya adalah untuk menjangkau audiens secara lebih luas. Melalui pencantuman hashtag, memungkinkan foto dan video yang Anda post akan dilihat oleh lebih banyak orang daripada jika Anda tidak menyertakan hashtag.
Anda dapat menciptakan komunitas melalui hashtag yang dapat Anda manfaatkan sebagai campaign di instagram atau kepentingan lainnya. Misalnya akun instagram milik Tech in Asia Indonesia menggunakan hashtag #startupindonesia untuk membangun komunitas melalui pengguna instagram. Sehingga para pengguna instagram yang memiliki ketertarikan pada bidang start up dapat membagikan pengalaman mereka di lingkungan komunitas tersebut.
- Ukur kinerja instagram anda
Agar dapat memastikan kalau akun bisnis instagram anda berkembang, maka hal yang perlu dilakukan ialah dengan melihat kinerja instagram anda. Ketika Anda memiliki hasil yang terukur, Anda akan tahu persis apa yang berhasil dan yang tidak.
Hal pertama yang bisa anda lakukan dengan melihat tingkat pertumbuhan followers. Ketika Anda mengawasi seperti apa tingkat pertumbuhan followers Anda, Anda dapat melihat bagaimana jenis konten posting Anda (atau frekuensi posting) dalam mempengaruhi pertumbuhan banyaknya followers.
Selanjutnya, ukur tingkat keterlibatan. Ini termasuk suka dan komentar. Anda ingin mengetahui persentase keterlibatan rata-rata dari total followers Anda serta tingkat keterlibatan rata-rata dari setiap posting untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang kinerja halaman Anda.
Terakhir, Anda perlu melacak tingkat klik URL Anda. Jika Anda belum memiliki tautan ke situs web Anda di bio Instagram, tambahkan satu segera. Lalu, ukur berapa banyak orang yang mengklik ke URL Anda.
Rata-rata CTR di Instagram adalah 0,94%, menurut Conversion XL . Semakin efektif teknik pemasaran Instagram Anda pada audiens Anda, semakin tinggi CTR Anda. Jika rendah, upayakan untuk meningkatkan pendekatan Anda.
Alat seperti Sprout Social akan mengukur seberapa banyak klik yang diperoleh tautan Anda dibandingkan dengan tayangan dan keterlibatan.
- Pilih subjek yang ingin Anda tampilkan
Secara visual, Anda perlu menentukan konten apa yang ingin Anda jadikan fokus dari akun Anda. Tentunya, jika Anda menjual baju, foto-foto yang akan Anda upload di akun Instagram bisnis Anda adalah foto-foto baju. Jika Anda memiliki restoran, tentunya Anda akan mengupload gambar-gambar makanan dari restoran Anda.
Tapi, tentu saja sesekali Anda boleh mengupload gambar yang mungkin tidak terkait dengan bisnis Anda, tetapi bisa menjadi postingan menarik untuk follower Anda. Misalnya foto binatang peliharaan atau foto staff bisnis Anda untuk menjadikan profil Anda menjadi lebih personal.
Setelah anda selesai membaca sampai bawah, pahami kembali agar bisa dengan mudah anda praktekan kedepanya pada akun instagram bisnis anda.
Bagi anda yang ingin serius dan ingin mendalami lebih lanjut instagram marketing, anda bisa bergabung menjadi member di www.kelas.seomuda.id/kelas-instagram
Keuntungan menjadi member di kelas SEOMuda ialah anda mendapatkan akses penuh semua materi instagram marketing dan masuk grup support agar bisa bertanya-tanya langsung dengan mentor.
Jadi tunggu apalagi, segera daftarkan diri anda!