Untuk menjalankan strategi digital marketing yang efektif membutuhkan ketekunan,menentukan strategi yang cermat, merumuskan taktik yang akan digunakan hingga mengukur keberhasilan dengan indikator yang tepat. Salah langkah sedikit semua jadi berantakan.
Yang di maksud Strategi bukanlah strategi instragram ataupun strategi facebook itu termasuk channel, strategi buga pula apa yang di posting di IG ataupun yang di isi di website itu semua merupakan taktik. Hal-hal tersebut yang terkadang masih sulit dipahami perbedaannya oleh mayoritas orang.
Jika taktik adalah apa yang di post di facebook, strategi adalah kenapa anda membagikan konten tersebut dan kenapa anda menggunakan facebook sebagai salah satu channel. Itulah strategi. Strategi menjadi bahan dasar dalam semua hal yang akan dilakukan mulai dari channel hingga taktik yang digunakan
Lalu bagaimana cara untuk membuat strategi digital marketing dan menjalankan dengan efektif
- Tentukan strategi anda
Untuk tahap awal anda harus menentukan strategi apa yang akan di gunakan. Anda harus memahami apa Uniqu Selling Proposition (USP) dari produk ataupun bisnis yang akan anda jual, bagaimana pelayannan anda? Atau apakan kualitas dari produk yang ingin anda kedepankan?
Selanjutnya menjadikan USP tersebut sebagai cerita. Cerita yang bisa anda gunakan dalam semua taktik. Cerita tersebut juga akan meningkatkan kesan pertama terhadap audiens.
Langkah selanjutnya adalah memahami kebutuhan emosional dari audiens seperti ketika seorang wanita membeli tas, kebutuhan emosional ketika membeli tas adalah banyaknya orang yang menyukai produk tersebut, jadi kita harus menentukan produk yang banyak di gemari dan buatlah list “Most favorite”
Setelah mengetahui kebutuhan emosional saatnya untuk membuat value statement. Buatlah beberapaka kata yang bisa meningkatkan semua hal yang telah anda buat diatas
- Petakan audiens
Tahap selanjutnya setelah menentukan strategi adalah petakan audience. Anda harus bisa memahami audience hingga tahap personal agar strategi bisa di jalankaan dengan sukses.
- Tentukan goals dan objectives
Mengembangkan rencana marketing adalah salah satu cara agar strategi yang sudah di buat bisa berjalan dengan baik salah satu caranya adalah memahami bagaimana bisnis anda bekerja dan goals dari bisnis yang anda miliki
Ketika goals bisnis anda mendapatkan banyak kostumer baru tugas digital marketing adalah menggaet banyak kostumer baru dan mengukur tingkat kesuksesan berdasarkan goals
- Mengukur strategi yang sudah dilakukan
Tahap terakhir setelah menjalankan adalah mengukur dengan mengukur anda bisa tahu channel dan taktik mana yang lebih efektif selain itu juga hal yang dilakukan setelahnya
Ada beberapa hal yang bisa di ukur yaitu KPI engagement dan objective KPI adalah goals yang tidak langsung memiliki dampak ke penjualan, tapi semua mengarah kesana. Misalnya saja website visit, social sharing, hingga SEO ranking
Tahapan evaluasi
Strategi yang sudah anda buat sejak awal tentu akan berjalan efektif jika semua hal berjalan beriringan, tidak hanya marketing tapi dengan goals yang dimiliki oleh perusahaan
Mengaplikasikan strategi menjadi suatu hal yang tangible dan menjalankannya sesuai dengan objective yang ditentukan akan membawa strategi anda meuju keberhasilan
Selamat berjuang