Perbedaan Landing Page dan Website

Perbedaan Landing Page dan Website

Landing page sebenarnya merupakan istilah yang telah lama ada di dunia digital marketing. Tetapi dari begitu banyaknya pelaku bisnis di dunia internet marketing, terutama untuk mereka yang masih awam, ada beberapa yang masih belum paham apa itu perbedaan antara Landing Page dan Website. Secara sekilas, antara Landing Page dan Website itu terlihat sama, tetapi sebenarnya kedua hal tersebut memiliki fungsi dan maksud yang berbeda. Nah, maka dari itu, kita akan bahas apa saja perbedaan antara Landing Page dan Website.

  1. Tujuan

Perbedaan yang paling mencolok antara landing page dan website ada pada tujuan pembuatan halaman itu sendiri. Website biasanya dibuat sebagai halaman untuk mempresentasikan bisnis atau usaha milik seseorang atau perusahaan agar memudahkan pengguna atau orang-orang yang mencari informasi bisnis atau usaha tersebut. Website pula bisa digunakan sebagai alat untuk memperkenalkan bisnis atau usaha kepada masyarakat internet dan untuk meningkatkan jumlah pengunjung website atau traffic tersebut. Sedangkan landing page dibuat dengan tujuan lebih detail dan spesifik, contohnya untuk menawarkan penawaran terbatas, mengumpulkan subscriber, info pendaftaran suatu event, dan menyebarkan e-book.

  1. Audiens

Website digunakan untuk menyaring audiens yang lebih luas karena tujuan website adalah agar lebih mudah ditemukan. Sedangkan untuk audiens landing page, memiliki audiens yang lebih khusus yaitu hanya orang-orang yang mengujungi halaman landing page kita melalui link atau CTA (Call to Action) yang kita berikan kepada mereka secara langsung sehingga kita bisa mendapatkan audiens yang lebih tersaring dan tertarget.

  1. Konten

Salah satu hal paling penting supaya website kita ada di peringkat pertama mesin pencarian internet seperti google, bing, yahoo, dan sebagainya tidak lain dan tidak bukan adalah konten. Tentu saja dan pastinya konten yang positif, menarik, dan memiliki manfaat lebih digemari para pengunjung website. Website umumnya mempunyai beberapa halaman terpisah yang didalamnya ada home, blog, about us, detail product, pricing, dan lain-lain. Sedangkan kalau konten untuk landing page itu biasanya hanya memiliki satu hal yang khusus yaitu Call to Action. Memang terkadang dalam sebuah website ada sebuah Call to Action, landing page tetap diperlukan agar para pengunjung menjadi terarah dan tidak teralihkan perhatiannya pada hal atau konten lain. Contohnya, ketika kita memberikan promo gratis ongkos kirim dan diskon 10%, membuat sebuah landing page khusus untuk hal tersebut itu lebih baik adanya ketimbang menambahkan halaman khusus pada website kita.

  1. Desain

Perbedaan antara landing page dan website tentunya sudah sangat jelas terlihat pada desain tampilan. Tampilan desain pada website cenderung memiliki banyak menu dan pilihan untuk dipilih sedangkan untuk tampilan desain landing page hanya memberikan penjelasan detail seputar penawaran yang ditawarkan.

Nah, dari empat informasi diatas, tentunya kita sudah bisa membedakan yang mana landing page, yang mana website. Secara singkat, website itu berisi tentang berbagai halaman yang menjelaskan suatu hal secara luas, sedangkan landing page berisi tentang satu hal spesifik saja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai, ada yang bisa kami bantu?