Tahukah anda?? Indonesia merupakan negara penyumbang terbesar keempat pengguna Facebook di dunia setelah negara India, Amerika Serikat, dan Brasil. Berdasarkan dari data yang dirilis KataData pada tahun 2017, Indonesia menyumbang 130 juta pengguna aktif Facebook. Itu artinya jika kita memasarkan suatu produk, produk anda bisa menjangkau lebih dari setengahnya penduduk Indonesia dari Sabang sampai Merauke hanya menggunakan satu platform saja bernama Facebook.
Apa itu Facebook Ads?
Facebook ads adalah media iklan berbayar yang ditujukan kepada pengguna Facebook sebagai targetnya. Facebook ads memiliki beberapa kategori iklan yang dapat dilihat dari tujuannya misalnya Impression, Traffic, lead dan lainnya. Sehingga memiliki beberapa kelebihan diantaranya:
- Pengguna Aktif
Pengguna facebook tidak hanya banyak, melainkan aktif juga. Rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktunya dalam sehari kurang lebih 3 jam untuk membuka aplikasi Facebook, sehingga facebook adalah media sosial paling aktif kedua di Indonesia setelah YouTube.
- Demografi Beragam
Selain penggunanya yang aktif, demografi pada pengguna facebook juga sangat beragam. Berdasarkan laporan yang dirilis oleh We Are Social 2018, pengguna facebook adalah 56% laki-laki dan 44 persen perempuan dari umur 13 tahun sampai lebih dari umur 65 tahun
- Target Spesifik
Dari banyaknya pengguna yang aktif dengan demografi yang beragam, anda juga dapat menentukan target iklan secara spesifik dengan mempersempit target iklan berdasarkan lokasi, usia, sampai minat dan hobinya.
- Remarketing
Sama halnya dengan Google Ads, Facebook ads juga memiliki fitur remarketing. Fitur ini berfungsi untuk mentargetkan pelanggan yang melihat iklan anda tidak hanya di facebook saja, melainkan juga di website dan aplikasi yang sudah bekerjasama dengan facebook.
- Biaya Facebook Ads Yang Relatif Terjangkau
Harga dalam beriklan di facebook ads relatif terjangkau hanya dengan Rp. 10.000,- anda sudah bisa beriklan di facebook ads. Iklan ini lebih murah dibandingkan dengan channel iklan lainna. Tidak hanya itu, facebook ads juga memiliki fitur untuk pengoptimalan anggran iklan.
Untuk beriklan di facebook ads, anda harus mempunyai fans page atau halaman, jika belum punya anda dapat membuat terlebih dahulu.
Cara Membuat Halaman di Facebook
- Sebelum membuat halaman baru, pastikan anda sudah login di akun facebook anda,
- Pada bagian atas terdapat menu “buat”, lalu klik dan pilih “halaman”,
- Pilih jenis halaman yang anda inginkan,
- Isikan nama halaman dan juga kategori yang menggambarkan bisnis yang sedang anda jalani,
- Lengkapi informasi seperti alamat, dan nomer telepon,
- Unggah foto profil halaman facebook anda,
- Terakhir unggah foto sampul halaman facebook anda.
- Dan halaman facebook anda berhasil dibuat.
Setelah membuat halaman di facebook, anda bisa memulai membuat iklan di facebook ads.