Tips Membuat Landing Page Menggunakan Elementor

Tips Membuat Landing Page Menggunakan Elementor

Apa itu Landing Page? Landing page merupakan sebuah website yang didesain untuk menampilkan sebuah informasi, dimana hanya menampilkan satu halaman saja.

Tahukah anda, di zaman yang serba praktis ini, anda dapat membuat sebuah website dari nol tanpa harus mengkodingnya terlebih dahulu. Disini anda hanya membutuhkan domain dan hosting. Anda bisa membeli terlebih dahulu domain dan hosting di internet. Setelah melakukan transaksi akan ada email dari jasa penyedia layanan domain dan hosting berupa aktivasi. Anda login terlebih dahulu dan masuk ke cPanel, lalu cari WordPress dan install. Kenapa wordpress?? karena wordpress memiliki sebuah plugin untuk membantu dalam membuat landing page, home page, blog, website portfolio dll menggunakan Elementor. Elementor adalah salah satu visual page builder plugin dari wordpress yang akan mempermudah user dalam membuat tampilan awal halaman website. Anda hanya cukup dengan drag dan drop saja untuk membuatnya.

Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Pada artikel ini akan dijelaskan langkah-langkah cara membuat landing page menggunakan elementor.

  1. Login WordPress

Pastikan anda sudah memiliki domain dan hosting. Silahkan buka link anda “namadomain/wp-admin” di web browser. Jika anda ditampilkan dengan halaman harus mengisi terlebih dahulu nama pengguna dan sandi, isikan nama pengguna : human, sandi : password. Setelah itu anda akan dituju ke halaman login wordpress. Masukkan username dan password anda.

  1. Install Plugin Elementor

Silahkan masuk ke menu pluginsàadd new, lalu bagian kolom search tulis “elementor”. Kemudian pilih “Elementor Page Builder” dan klik “Install Now”. Setelah proses installasi selesai, jangan lupa klik “Activate” agar plugin elementor dapat dijalankan.

  1. Membuat Halaman Landing Page Menggunakan Elementor

Masuk ke menu pages, lalu add new. Setelah itu isikan judul halaman baru yang anda akan buat, ubah templates menjadi “elementor canvas”. Terdapat tombol “Edit With Elementor”, klik tombol tersebut untuk membuat halaman landing page dengan elementor. Tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan elementor. Dapat dilihat pada bagian kiri terdapat beberapa elemen dari plugin Elementor Page Builder. Elemen-elemen tersebut dapat anda drag and drop langsung ke halaman website anda.

Terdapat 2 pilihan untuk memulainya, anda bisa memulai dari nol atau bisa menggunakan templates yang sudah tersedia (anda hanya perlu menghapus dan menambahkan elemen-elemen yang dibutuhkan). Disini yang akan di bahas membuatnya dari nol. Silahkan klik tombol “+”, lalu pilih kolom yang anda inginkan untuk pembagian tampilan website.

  1. Memilih Elemen Landing Page

Setelah memilih kolom, saatnya membuat landing page sesuai yang diinginkan. Pastikan anda harus membuat moqups atau desain landing page terlebih dahulu, agar tidak bingung di tengah jalan heheh. Anda dapat memasukkan elemen Heading, Image, Carousel, Google Maps, Icon, Image Box, Icon Box, Image Gallery, Image Carousel, Progres Bar, Testimonial, dll. Tinggal elemen apa saja yang dibutuhkan dalam landing page anda.

  1. Mengarahkan Ke Halaman Landing Page Yang Sudah Dibuat

Jika landing page anda sudah dibuat saatnya mengarahkan halaman utama tampilan website WordPress ke halaman landing page yang sudah dibuat. Silahkan masuk ke menu “Setting” kemudian klik “Reading”, pilih “A static page” lalu simpan.

Bagaimana?? Membuat landing page dengan elementor cukup mudah kan? Anda hanya tinggal memiliki domain dan hosting saja. Inilah cara paling mudah dan cocok untuk anda para pemula yang tidak mengerti pemrograman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai, ada yang bisa kami bantu?