Tips Menyusun Skema Kemitraan

Tips Menyusun Skema Kemitraan

Kemitraan bukanlah sebuah hal baru dalam dunia bisnis. Kemitraan ini artinya kerja sama yang dijalin antara bisnis berskala besar dengan skala menengah atau kecil dengan pembinaan serta pengembangan. Sistem reseller yang banyak diterapkan oleh perusahaan besar termasuk dalam salah satu contoh kemitraan ini. Apalagi sudah adanya pembinaan untuk mitra yang dilakukan salah satunya melalui SEOmuda, sebuah jasa untuk edukasi reseller.

Bagaimana Menyusun Skema Kemitraan dengan Reseller

Perusahaan membangun kemitraan dalam bidang pemasaran dengan memanfaatkan bisnis berbasis online yang dikenal dengan reseller. Adanya bisnis ini terbukti mampu mendongkrak penjualan sekaligus memperluas target pasar. Dengan cara ini, baik bisnis yang sudah berskala besar maupun reseller sebagai mitranya sama-sama mendapatkan keuntungan.

Salah satu keuntungan yang didapat reseller jika menjadi mitra pemasaran perusahaan besar adalah mendapatkan pembinaan guna mengembangkan skill maupun teknik pemasaran. Perusahaan kini bahkan sudah memberikan fasilitas pembinaan berupa kursus sistem agen reseller agar para penjual pihak ketiga ini bisa semakin berkembang dan turut berperan dalam meningkatkan penjualan.

Meski begitu, dalam bentuk kerja sama yang dijalin berupa kemitraan pemasaran ini, tetap dibutuhkan skema agar bentuk kerja sama tersebut berjalan efektif. Ada beberapa tips menyusun skema kemitraan yang bisa diterapkan pada salah satu jenis bisnis online ini.

1. Pemberian Reward Bagi Reseller

Tips pertama yang bisa diterapkan dalam membangun skema kemitraan dengan reseller adalah dengan memberikan reward. Dalam membangun sistem reseller, perusahaan tentu sudah tahu apa saja kelebihan dan keunggulan yang bisa didapatkan dari sistem ini.

Karena dianggap bisa memberikan keuntungan yang menjanjikan, berupa peningkatan penjualan maupun target pasar yang semakin luas, maka memberikan reward kepada reseller bisa menjadi skema kemitraan yang dapat dikembangkan. Dengan skema ini, reseller sebagai mitra akan terus berupaya semaksimal mungkin melakukan digital marketing agar bisa menjual lebih banyak produk.

2. Pemberian Pembinaan untuk Meningkatkan Digital Marketing

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya bahwa reseller ini merupakan bagian kemitraan bagi tim marketing perusahaan. Tips selanjutnya yang bisa digunakan dalam menyusun skema kemitraan dengan reseller ini yaitu dengan memberikan pelatihan kepada penjual pihak ketiga ini.

Pelatihan khusus untuk reseller pun saat ini sudah banyak tersedia, seperti yang ditawarkan oleh SEOmuda. Layanan yang diberikan sangat beragam dan semuanya berkaitan dengan edukasi digital yang dapat dikembangkan  untuk kebutuhan digital marketing. Jasa ini menyediakan Layanan jasa edukasi agen reseller, serta berbagai online maupun privat training untuk para reseller.

3. Memberikan Potongan Harga untuk Reseller

Bentuk skema kemitraan yang diterapkan pada setiap mitra tentu berbeda. Seperti skema yang bisa diterapkan pada reseller ini misalnya. Sebagai penjual pihak ketiga, tidak akan menerima insentif atau komisi atas setiap produk yang dijualnya. Sebagai gantinya, potongan harga reseller pun diberikan sebagai bentuk komisi atau intensifnya. Dalam menentukan potongan harga reseller pun tidak bisa asal memberikan diskon saja. Tentu saja pemberian potongan harga ini ditentukan berdasarkan pencapaian penjualan yang telah didapat.

Membangun kemitraan dengan reseller merupakan salah satu strategi yang digunakan oleh perusahaan dalam meningkatkan penjualan produknya. Dalam menjalankan kemitraan ini, tentu ada timbal balik yang diberikan. Dalam hal ini, perusahaan yang sudah memiliki sistem untuk reseller memberikan pelatihan sebagai salah satu benefitnya. Perusahaan memberikan kursus sistem agen reseller melalui lembaga atau jasa yang secara khusus menyediakan layanan ini seperti yang ditawarkan oleh SEOmuda misalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *